Kompres Air Dingin Efektif Mengatasi Memar dan Cedera


Kompres air dingin efektif untuk mengatasi memar atau cedera karena mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan

(0)
11 Sep 2019|Azelia Trifiana
Kompres air dingin mampu enghentikan atau memperlambat pendarahanKompres dingin dengan ice pack bisa menjadi pertolongan pertama ketika terjadi cedera
Sudah sejak dulu kompres es batu atau kompres dingin menjadi langkah pertama pertolongan darurat saat mengalami cedera. Jika penggunaannya tepat, kompres dingin ini dapat membantu mengurangi nyeri hingga meredakan pembengkakan pada luka.Meski kompres air dingin digunakan sebagai pertolongan pertama, perlu diingat bahwa berbeda luka, berbeda pula perlakuan pengobatan yang bisa diambil. Kompres dingin bisa diaplikasikan dengan banyak cara, mulai dengan es batu hingga kain dingin.

Bagaimana cara tepat menggunakan kompres dingin?

Tidak ada yang bisa memprediksi kapan seseorang mengalami cedera hingga terluka. Jika terjadi, kompres es batu atau kompres dingin adalah salah satu cara paling efektif untuk mengobatinya.Ketika seseorang mengalami luka, sebisa mungkin selalu tempelkan kompres dingin di area luka. Lakukan dengan interval yang teratur untuk mempercepat kemungkinan luka sembuh. Tempelkan dan lepaskan kompres dingin dengan interval teratur (20 menit sekali) agar kulit bisa beradaptasi dengan perubahan suhu.Ada banyak jenis ice pack yang dijual bebas dan bisa menjadi pertolongan pertama ketika mengalami luka. Biasanya, ice pack ini didesain dengan bahan yang mudah beku dan aman digunakan sendiri di saat darurat.

Cara menggunakan kompres air dingin pada cedera akut:

  • Segera istirahatkan area yang mengalami cedera.
  • Gunakan kompres yang mengandung es atau sesuatu yang beku, misalnya kemasan ice pack, atau es batu dan makanan beku yang dibungkus kain.
  • Tempelkan kompres dingin pada area cedera sesegera mungkin. Cara ini dapat membantu dalam mengurangi inflamasi, perdarahan, dan memar.
  • Bila memungkinkan, bebat area cedera yang sudah ditempeli kompres dingin dengan benda elastis seperti kain.
  • Jika tidak ada benda yang bisa digunakan untuk mengikat, biarkan area cedera dalam kondisi diam selama maksimal 20 menit dan jangan lebih. Gantilah kompres secara berkala setiap 10-20 menit.
  • Usahakan untuk mengangkat bagian cedera lebih tinggi dari posisi jantung. Contohnya, bila cedera terjadi di pergelangan kaki, berbaringlah dan sangga pergelangan kaki dengan beberapa bantal. Cara ini dapat membantu untuk meringankan bengkak.
Selain ice pack yang dijual di pasaran, Anda juga bisa membuat sendiri kompres dingin di rumah. Tak ada salahnya selalu menyediakan es batu atau kemasan sayur beku untuk digunakan saat situasi darurat.

Manfaat dari kompres dingin

  • Menghentikan atau memperlambat pembuluh darahan
  • Mengurangi pembengkakan dan peradangan
  • Mencegah luka jadi lebih parah
  • Mengatasi rasa nyeri

Cara membuat kompres dingin

Membuat kompres dingin sangatlah mudah dan bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Pertama, siapkan kantong bersih yang bisa ditutup kembali. Isi dengan es batu atau sayuran beku.Kemudian, bungkus kantong tersebut dengan kain tipis untuk melindungi kulit. Setelah itu, kompres dingin bisa diaplikasikan ke area kulit yang mengalami luka selama sekitar 20 menit.Selesai mengaplikasikan kompres es batu, keringkan area kulit yang terluka. Apabila cedera yang dialami berupa pembengkakan, maka kompres dingin ini bisa diaplikasikan dua jam sekali sampai bengkaknya mengecil.

Metode RICE saat mengatasi luka

Selain menggunakan kompres dingin atau kompres es batu, tak kalah penting adalah mengingat metode RICE saat mengatasi luka. RICE adalah singkatan dari:
  • Rest
  • Ice
  • Compression
  • Elevation
Dari keempat poin di atas, artinya adalah mengistirahatkan area yang mengalami luka. Kemudian, menempelkan kompres dingin atau es batu pada kulit. Ketiga, membungkus luka dengan plester elastis dan steril.Terakhir, memastikan area yang cedera selalu berada di posisi lebih tinggi dari jantung. Contohnya apabila luka terjadi di bagian kaki, berbaringlah dengan menempatkan kaki di atas tumpukan bantal. Hal yang sama berlaku jika luka terjadi di bagian tangan.Lebih jauh lagi, kompres es batu atau kompres dingin akan menghambat sirkulasi darah dan memunculkan rasa kebas pada area yang mengalami cedera.Kompres ini bisa digunakan ketika seseorang mengalami: 

Hindari hal ini saat menggunakan kompres air dingin

Secara umum, penggunaan kompres air dingin tergolong aman selama Anda tidak melakukan beberaoa langkah di bawah ini:

1. Jangan menggunakan kompres dingin di area dengan gangguan saraf

Sebagai contoh, area tubuh yang mengalami sindrom Raynaud atau diabetes. Kompres dingin bisa digunakan sebagai pertolongan pertama yang praktis untuk cedera ringan yang bersifat akut, seperti keseleo dan demam. Sementara cedera yang bersifat kronis, seperti nyeri sendi arthritis, sebaiknya diatasi dengan kompres hangat. Dalam menggunakan kompres dingin, ikuti aturan dan petunjuk yang telah disebutkan di atas guna mendapatkan manfaat optimal tanpa efek samping.

2. Jangan menempelkan es batu langsung ke kulit

Jangan menempelkan es batu langsung ke kulit. Langkah ini justru bisa memperparah cedera. Jadi pastikan ada pelapis antara es batu dan permukaan kulit.

3. Jangan menempelkan kompres terlalu lama

Kompres dingin yang terlalu lama menempel bisa menyebabkan frostbite atau radang dingin. Durasi maksimalnya cukup sekitar 20 menit.

4. Jangan memakai kompres dingin pada cedera serius

Jika mengalami cedera cenderung yang serius, segera periksakan diri Anda ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.Tak kalah penting untuk diingat, ada beberapa risiko yang mungkin terjadi terutama apabila cedera yang dialami melibatkan persendian. Pada kondisi ini, bisa jadi yang lebih efektif adalah kompres hangat, bukannya dingin.Cedera jangka panjang seperti yang terjadi pada persendian, iritasi, atau rasa nyeri sendi akan lebih berdampak apabila menggunakan kompres hangat. Selama luka tersebut terjadi lebih dari enam pekan, maka saatnya menggunakan kompres hangat ketimbang kompres dingin.
memarcedera fisikterkilir
Healthline. https://www.healthline.com/health/make-cold-compress#caution
Diakses pada 22 Agustus 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321950.php
Diakses pada 22 Agustus 2019
WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/when-use-heat-ice
Diakses pada 22 Agustus 2019
Marsh Field Clinic. https://www.marshfieldclinic.org/sports-wrap/ice-or-heat
Diakses pada 4 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait