Menentukan Body Goals yang Realistis dan Cara Mencapainya


Pada dasarnya, body goals adalah kondisi atau bentuk tubuh ideal yang dijadikan target untuk dicapai. Anda dapat mewujudkan bentuk tubuh ideal ini dengan berbagai cara, yakni lewat bantuan personal trainer, melakukan latihan yang tepat, hingga memerhatikan pola makan.

0,0
24 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu cara mendapat body goals adalah melakukan latihan olahraga yang tepatBody goals dapat diraih dengan melakukan latihan olahraga yang tepat
Body goals adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi atau bentuk tubuh yang dianggap ideal. Pada dasarnya, body goals artinya kondisi atau bentuk tubuh ideal yang dijadikan target untuk dicapai.Sayangnya, tidak sedikit orang menginginkan body goals yang tidak sesuai dengan tipe tubuhnya sehingga jadi tidak realistis untuk dicapai. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan bentuk tubuh sendiri dan target yang paling realistis sebelum mencari cara membentuk body goals

Tentukan target body goals yang realistis

Setiap orang memiliki tipe dan bentuk tubuh yang berbeda. Selain itu, faktor genetik memegang peranan penting dalam membentuk tubuh seseorang. Sebagian orang mungkin sulit gemuk, sementara yang lainnya memiliki pinggul lebar atau tulang yang besar.Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan menjadikan orang lain sebagai acuan body goals yang ingin diwujudkan karena hal tersebut jelas tidak realistis. Kenali tipe tubuh Anda dan tentukan target body goals yang masuk akal.Target realistis body goals adalah saat Anda merasa bahagia dengan kondisi tubuh Anda. Target ini juga harus bisa dicapai dengan latihan yang sesuai tipe dan bentuk tubuh Anda.

Cara mendapat body goals yang diharapkan

Setelah menentukan target yang realistis, berikut adalah beberapa cara mendapat body goals yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan bantuan personal trainer

Melakukan latihan olahraga memang merupakan salah satu cara membentuk body goals. Akan tetapi, ada baiknya Anda menggunakan bantuan seorang personal trainer atau pelatih pribadi untuk membuat berbagai latihan yang dilakukan lebih efektif.Mereka bisa memberikan rekomendasi jenis-jenis latihan yang tepat untuk membentuk bagian tubuh yang Anda inginkan. Personal trainer juga dapat membantu Anda menyempurnakan teknik latihan dan melakukannya dengan aman.

2. Melakukan latihan olahraga yang tepat

Untuk mencapai body goals yang Anda inginkan, lakukan latihan olahraga yang sesuai dengan target Anda. Berikut adalah berbagai contoh latihan sebagai cara membentuk body goals.
  • Latihan kekuatan seperti angkat beban untuk menaikkan bokong yang rata.
  • Latihan pilates untuk mengencangkan perut. Posisi tubuh dalam pilates dapat memaksa bagian tengah tubuh terlibat sehingga dapat membantu membakar lemak perut.
  • Jika ingin membentuk bokong, Anda dapat memilih latihan Hot Yoga.
  • Jika ingin membuat tubuh lebih berlekuk, Anda dapat berlatih CrossFit.
  • Jika Anda tidak ingin massa otot bertambah, Anda dapat mencoba latihan olahraga Barre.

3. Menerapkan diet sehat

Pemilihan makanan adalah bagian penting dalam cara mendapat body goals yang diinginkan. Berikut adalah berbagai contoh pengaturan makanan untuk body goals yang bisa membantu Anda.
  • Diet tinggi buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, makanan laut, kacang-kacangan, serta susu rendah atau bebas lemak.
  • Kurangi konsumsi daging merah atau daging yang diproses, biji-bijian yang direfinasi, alkohol, serta makanan dan minuman tinggi gula.
  • Direkomendasikan konsumsi makanan utuh yang tidak diproses, dengan fokus utama pada tumbuhan.
  • Utamakan konsumsi karbohidrat kompleks ketimbang jenis karbohidrat lainnya.
  • Pilihlah lemak yang lebih sehat, sepert ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, dan alpukat.
  • Hindari terlalu banyak konsumsi makanan yang digoreng atau banyak mengandung minyak.

4. Menerapkan gaya hidup aktif

Hidup aktif tidak hanya membantu Anda mencapai body goals, tapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Lebih banyak bergerak juga dapat membentuk tubuh Anda dan menyehatkan organ-organ penting, misalnya jantung dan paru-paru.Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan hidup yang lebih aktif, antara lain:
  • Parkir agak jauh dari lokasi yang dituju sehingga bisa lebih banyak berjalan.
  • Gunakan tangga dibandingkan lift, lakukan 2-3 kali setiap hari.
  • Berjalan-jalan setelah makan malam.
  • Lakukan berbagai pekerjaan rumah sendiri.

5. Mendapatkan cukup tidur

Untuk menjaga kebugaran tubuh dan mendapatkan body goals, Anda juga harus cukup tidur. Cukup istirahat dan tidur dapat membuat Anda tetap semangat menjalankan berbagai rutinitas kebugaran sehingga target body goals yang diinginkan bisa dicapai.Itulah berbagai cara mendapat body goals yang bisa Anda coba. Satu hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah miliki keyakinan dan konsistensi untuk bisa mencapai body goals yang diinginkan.Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda juga bisa mengonsultasikan rencana mewujudkan body goals dan pola makan dengan personal trainer dan/atau ahli gizi.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
berat badan idealmenurunkan berat badan
Womens Health Magazine. https://www.womenshealthmag.com/fitness/a19961209/the-right-way-to-set-a-fitness-goal/
Diakses 13 Juli 2021
Womens Health Magazine. https://www.womenshealthmag.com/fitness/a19961209/the-right-way-to-set-a-fitness-goal/
Diakses 13 Juli 2021
Style Vitae. https://stylevitae.com/body-types-body-goals/
Diakses 13 Juli 2021
Refinery 29
https://www.refinery29.com/en-us/fitness-goals-how-to-get-in-shape
Diakses 13 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait