Menelisik Khasiat Daun Kelor untuk Kolesterol, Pahami Juga Efek Sampingnya


Khasiat daun kelor untuk kolesterol antara lain menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tak hanya itu, tanaman ini juga turut meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh Anda.

(0)
Khasiat daun kelor untuk kolesterol adalah kontrol HDL dan LDLKhasiat daun kelor untuk kolesterol yang bantu kontrol HDL dan LDL
Beberapa orang selama ini kerap mengonsumsi daun kelor karena dianggap punya beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, daun ini dinilai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL).Benarkah demikian? Sebelum membahas mengenai khasiat daun kelor untuk kolesterol, ada baiknya Anda mengetahui apa saja kandungan nutrisi dalam tanaman yang mempunyai nama latin Moringa oleifera ini.

Kandungan nutrisi daun kelor

Di beberapa negara, daun kelor kerap dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal dalam bentuk bubuk maupun kapsul. Dari sisi medis, daun ini memang mempunyai beragam nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan serta mendukung fungsi tubuh Anda.Berikut ragam nutrisi yang bisa Anda dapatkan dalam 21 gram potongan daun kelor segar:
  • Protein: 2 gram
  • Zat besi: 11% dari rata-rata kebutuhan harian
  • Vitamin C: 12% dari rata-rata kebutuhan harian
  • Magnesium: 8% dari rata-rata kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 19% dari rata-rata kebutuhan harian
  • Riboflavin (B2): 11% dari rata-rata kebutuhan harian
  • Vitamin A (dari beta karoten): 9% dari rata-rata kebutuhan harian

Khasiat daun kelor untuk kolesterol

Khasiat daun kelor untuk kolesterol adalah dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kadar kolesterol baik) dalam tubuh Anda. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan sterol yang ada dalam Moringa oleifera.Dalam sebuah studi , peneliti memberikan suplemen dengan kombinasi antara daun kelor, kari, dan kunyit kepada 130 orang yang memiliki kelebihan berat badan secara acak. Beberapa dari mereka hanya diminta untuk mengonsumsi plasebo saja.Setelah  mengonsumsinya secara rutin dalam 16 minggu, kelompok yang minum suplemen kombinasi antara daun kelor, kari, serta kunyit mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dibandingkan kelompok plasebo. Selain itu, kadar kolesterol baik (HDL) diketahui juga mengalami peningkatan.Meskipun begitu, khasiat daun kelor untuk kolesterol mungkin dapat berbeda pada masing-masing orang. Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila hendak mengonsumsi daun ini secara rutin.

Bagaimana cara mengonsumsi daun kelor?

Khasiat daun kelor untuk kolesterol dapat dirasakan baik dalam bentuk bubuk maupun sayuran
Daun kelor dapat dinikmati dalam bentuk utuh maupun bubuk ekstrak
Daun kelor bisa dikonsumsi dengan beragam cara, seperti diseduh dalam bentuk teh maupun dicampurkan ke dalam masakan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan tanaman ini dalam bentuk bubuk ekstrak.Sementara itu, dosis harian untuk mengonsumsi daun kelor bergantung pada beberapa faktor, antara lain usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Hingga saat ini, belum ada informasi ilmiah terkait batas konsumsi daun kelor dalam sehari.Apabila memanfaatkan daun kelor dalam bentuk ekstrak atau suplemen, pastikan untuk minum sesuai aturan yang tertera di kemasan. Berkonsultasi terlebih dulu sebelum mengonsumsi daun kelor lebih disarankan agar aman dan mengurangi risiko yang ditimbulkan.

Efek samping yang berpotensi muncul akibat konsumsi daun kelor

Menurut sejumlah penelitian, daun kelor adalah tanaman yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Meski begitu, Anda disarankan untuk tidak mencampurkan daun ini dengan obat untuk mengatasi diabetes atau tekanan darah. Hal tersebut sebaiknya dihindari karena daun kelor memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah.Selain itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi daun kelor ketika tengah hamil. Senyawa yang terkandung dalam tanaman ini diketahui dapat merangsang kontraksi rahim. Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran.Jika Anda hendak mengonsumsi daun kelor pada masa kehamilan, jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Langkah tersebut berguna untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Catatan dari SehatQ

Daun kelor adalah tanaman yang baik dikonsumsi orang-orang dengan masalah kesehatan tertentu, salah satunya penderita kolesterol. Khasiat daun kelor untuk kolesterol antara lain menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.Meski beberapa penelitian menyebut bahwa daun kelor aman dikonsumsi, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari risiko yang mungkin ditimbulkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal khasiat daun kelor untuk kolesterol dan dosis harian yang tepat untuk Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kolesterolherbaltanaman obat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera
Diakses pada 7 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/moringa-powder-for-weight-loss
Diakses pada 7 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/moringa-oil
Diakses pada 7 Februari 2021
eMedicineHealth. https://www.emedicinehealth.com/moringa/vitamins-supplements.htm
Diakses pada 7 Februari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-uses-and-benefits-of-moringa-4149435
Diakses pada 7 Februari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1242/moringa
Diakses pada 7 Februari 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29923305/
Diakses pada 7 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait