Menelaah Pola Pikir Rasional yang Mengutamakan Akal Sehat

(0)
09 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Rasional adalah pola pikir yang mementingkan logika dan akal sehatPola pikir rasional mengutamakan akal sehat dan membuang segala irasionalitas
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna dari kata rasional adalah menurut pikiran dan pertimbangan yang logis. Senada dengan definisi tersebut, kamus Oxford menjelaskan rasional memiliki makna berdasarkan atau sesuai dengan nalar atau logika, mampu berpikir secara bijaksana atau logis, dan memiliki kemampuan bernalar.Para ahli mengungkapkan bahwa pemikiran rasional merupakan kemampuan seseorang untuk menarik kesimpulan yang berdasar dan dapat dibenarkan atau didukung oleh data, aturan, serta logika.Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa rasional merupakan kata sifat yang berkaitan dengan kemampuan seseorang berpikir relevan dan logis, didukung data tepercaya, serta dibenarkan oleh aturan yang berlaku.

Tanda-tanda orang rasional

Orang yang berpikir secara rasional rasional memiliki karakterisitik tertentu yang bisa dikenali. Tanda-tanda orang rasional adalah sebagai berikut:
  • Orang-orang yang berpikir rasional selalu berpikir jauh ke depan tentang tujuan dan masa depan dibandingkan memikirkan masa lalu.
  • Orang yang berpikir rasional tidak mudah terbawa arus. Mereka membutuhkan alasan yang pasti dan masuk akal, serta rencana yang jelas, sebelum setuju mengikuti atau melakukan sesuatu.
  • Orang rasional akan membuat perencanaan yang jelas sebelum melakukan sesuatu. Bukan saja merencanakannya, mereka adalah orang yang menjalankan apa yang telah direncanakan.
  • Sebelum membuat keputusan, seseorang yang rasional juga akan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan, pro dan kontra dari sesuatu. Mereka juga akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan serinci mungkin karena penting untuk mengambil keputusan berdasarkan fakta.
  • Orang yang rasional sangat mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan karena sebelumnya telah banyak mengoleksi informasi untuk berbagai hal dan mengetahui sumber-sumber tepercaya.
  • Sebagai orang yang rasional, Anda juga tidak pernah membiarkan emosi menghalangi Anda untuk melakukan sesuatu yang benar untuk dilakukan. Terlepas dari apa pun yang Anda rasakan.

Pentingnya proses berpikir rasional

Lantas apa pentingnya berpikir rasional? Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari proses berpikir rasional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Dapat berpikir kritis

Pola pikir rasional dapat memungkinkan Anda untuk mengetahui langkah-langkah berpikir sebelum sampai pada kesimpulan. Dengan demikian, Anda akan mampu mengkritisi proses berpikir Anda sendiri jika ada sesuatu yang terasa tidak relevan

2. Membantu mempelajari keterampilan baru

Saat hendak mempelajari hal baru, pola pikir rasional akan membantu Anda memecah tindakan menjadi langkah demi langkah yang realistis untuk mencapai tujuan.Dengan demikian, bukan saja Anda dapat meningkatkan pemikiran Anda sendiri, tetapi Anda juga dapat membantu orang lain meningkatkan pemikiran mereka dengan metode tersebut.

3. Mendapatkan solusi terbaik pada setiap situasi

Pengalaman memang bisa menjadi pelajaran atau guru yang terbaik. Namun seiring waktu, situasi terus berganti dengan cepat sehingga bertindak atau memecahkan masalah hanya berdasarkan pada firasat dan pengalaman saja tidak cukup.Situasi yang pernah terjadi sebelumnya belum tentu akan mendapatkan hasil yang sama saat ini. Dengan berpikir rasional, Anda akan mencoba mengumpulkan data dan fakta terbaru sebelum mengambil sebuah kesimpulan.Jadi, dengan berpikir rasional, Anda akan tahu bahwa solusi lama belum tentu berlaku untuk situasi baru.

4. Mudah beradaptasi

Rasional adalah sebuah proses berpikir dengan kemampuan menggunakan pertimbangan berbeda dalam situasi yang juga berbeda.Oleh karena itu, saat berada dalam situasi baru atau asing, orang yang berpikir rasional adalah mereka yang mampu membuat penyesuaian dan selalu mempertimbangan hal-hal baru untuk mencapai tujuan.

Mungkinkah meningkatkan kemampuan berpikir rasional?

Bisakah seseorang meningkatkan rasionalitasnya? Para ahli mengungkapkan bahwa hal tersebut dapat dilakukan. Hanya saja, sangat sulit untuk meningkatkan pemikiran rasional seseorang secara keseluruhan.Bahkan, sebenarnya tidak ada orang yang benar-benar rasional. Yang ada adalah kapasitas seseorang untuk berpikir rasional secara lebih dalam.Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses belajar di perguruan tinggi (kuliah) memiliki kontribusi pada kemampuan seseorang dalam berpikir kritis.Di sisi lain, penelitian juga secara konsisten menunjukkan bahwa kemampuan berpikir rasional ini hanya terkait pada hal-hal yang telah dipelajarinya di bangku kuliah dan bukan hal atau aspek lainnya.Hal ini dikarenakan, untuk dapat berpikir rasional, diperlukan keahlian berbeda di dalam situasi yang berbeda pula. Misalnya, logika berpikir saat melakukan penelitian di lab, tentu berbeda dengan logika yang digunakan untuk memasarkan hasil penelitian tersebut.Pada dasarnya, berpikir rasional adalah sebuah tantangan karena secara naluriah setiap orang memiliki berbagai pikiran bias dan irasionalitasnya sendiri.   
berpikir positif
Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/rasional
Diakses 25 Agustus 2020
Lexico Oxford. https://www.lexico.com/definition/rational
Diakses 25 Agustus 2020
Lifehack. https://www.lifehack.org/416701/10-signs-youre-a-highly-rational-thinker
Diakses 25 Agustus 2020
Scientificamerican. https://www.scientificamerican.com/article/can-i-learn-to-think-more-rationally/
Diakses 26 Agustus 2020
ASCD. http://www.ascd.org/publications/books/101017/chapters/Rational-Thinking-as-a-Process.aspx#
Diakses 26 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait