Menelaah Kandungan dan Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan


Kandungan buah apel amatlah beragam, terutama untuk vitamin, mineral, dan senyawa khas tumbuhan. Senyawa khas tumbuhan tersebut memiliki efek antioksidan, termasuk beta-karoten, lutein, hingga quercetin. Apel yang bernutrisi tinggi menawarkan beragam khasiat untuk tubuh sehat.

(0)
12 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat buah apel sangat beragam karena kandungan nutrisinya yang lengkapApel mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, termasuk vitamin, mineral, dan senyawa nabati
Apel menjadi salah satu buah yang sangat populer di dunia. Buah dengan ragam warna ini memiliki rasa yang legit dengan kalori yang sangat rendah. Kandungan buah apel pun sangat mengesankan, layaknya buah dan sayuran kebanyakan.

Kandungan buah apel yang menyehatkan tubuh

Menjadi buah yang lezat dan bernutrisi, berikut ini rincian nutrisi apel yang penting untuk kesehatan tubuh:

1. Profil kandungan buah apel yang utama

Apel utamanya mengandung air dengan porsi hingga 86 persen. Sebagai buah-buahan,kalori apel juga relatif rendah karena kandungan lemaknya yang sangat sedikit.Berikut ini profil kandungan buah apel untuk setiap 100 gram:
  • Kalori: 52
  • Air: 86% dari porsi total apel
  • Protein: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 13,8 gram
  • Gula: 10,4 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 0,2 gram
buah apel
Sekitar 86% dari kandungan apel adalah air

2. Karbohidrat dalam apel

Kandungan utama dalam buah apel adalah karbohidrat dan air. Karbohidrat pada buah apel cenderung berupa gula sederhana, yakni fruktosa, sukrosa, dan glukosa.Namun, walau tinggi dengan gula, buah apel memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni dengan rentang 29-44. Indeks glikemik berguna untuk mengetahui seberapa cepat sebuah makanan akan memicu lonjakan gula darah. Indeks glikemik yang kecil dikaitkan dengan manfaat kesehatan.

3. Serat dalam buah apel

Bukan rahasia lagi bahwa buah-buahan merupakan sumber dari serat pangan, dan apel termasuk salah satunya. Dalam satu buah apel berukuran sedang, terkandung serat sekitar 4 gram. Jumlah ini memenuhi 17% dari kebutuhan harian Anda terhadap serat.Serat membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga juga berpotensi untuk mengendalikan berat badan. Selain itu, serat pun membantu mengendalikan kadar gula darah dan memelihara sistem pencernaan.Baca juga: Informasi Seputar Kalori Apel Fuji dan Manfaatnya Bagi Tubuh

4. Kandungan vitamin dalam buah apel

Sebagai buah-buahan yang populer, vitamin tentu menjadi nutrisi wajib dari buah apel. Apel mengandung vitamin C dan berbagai vitamin penting lainnya. Kandungan vitamin dalam apel, termasuk:
  • Vitamin C, vitamin yang dapat bertindak sebagai molekul antioksidan dan memainkan peran penting bagi tubuh
  • Vitamin B9, atau yang dikenal juga dengan asam folat
  • Vitamin K, berperan dalam metabolisme tulang dan pembekuan darah
  • Vitamin E, vitamin yang juga memiliki efek antioksidan

5. Kandungan mineral dalam apel

Beragam mineral juga terkandung dalam buah apel. Beberapa mineral sebagai kandungan buah apel, yaitu:
  • Kalium, yang merupakan mineral utama dalam apel. Kalium dilaporkan memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.
  • Fosfor, mineral yang berperan untuk kesehatan gigi dan tulang
  • Kalsium. Bersama dengan fosfor, kalsium memainkan fungsi krusial untuk tulang dan gigi.
  • Magnesium, memainkan banyak fungsi dari kesehatan tulang hingga kesehatan jantung
  • Zat besi, yang berperan dalam pembentukan sel darah merah

6. Kandungan lain dalam buah apel

Seperti kebanyakan buah lain, apel pun mengantongi beberapa jenis senyawa khas tumbuhan. Senyawa khas tumbuhan dalam apel, yakni:
  • Quercetin. Senyawa dalam golongan flavonoid yang memiliki banyak manfaat, termasuk potensinya untuk melawan peradangan dan menghambat sel kanker.
  • Katekin. Katekin merupakan molekul antioksidan alami, yang memiliki potensi untuk meningkatkan fungsi otak dan otot.
  • Asam klorogenat, senyawa yang berpotensi untuk mengendalikan gula darah dan berat badan.
  • Beta-karoten. Senyawa jenis karotenoid yang juga memiliki sifat antioksidan
  • Lutein dan zeaxhantine. Dua senyawa karotenoid lain yang juga memiliki efek antioksidan
Tak hanya senyawa khas tumbuhan, buah apel juga mengandung nutrisi lain yang disebut kolin. Kolin memiliki sifat yang mirip dengan vitamin B dan berperan dalam berbagai fungsi tubuh, seperti pergerakan otot dan perkembangan otak.

Manfaat buah apel untuk kesehatan

Berkat nutrisi dan gizi pada apel, buah ini pun menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Manfaat buah apel, termasuk:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada buah apel dapat membantu mencegah naiknya kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Mengonsumsi apel secara teratur juga dapat mengurangi peradangan yang menjadi pemicu penuaan dini dan munculnya penyakit.

2. Menjaga berat badan tetap stabil

Kandungan apel seperti serat dan air, bisa membantu menimbulkan rasa kenyang jika dikonsumsi. Untuk membantu menjaga berat badan, Anda dapat mengonsumsi buah ini sebagai menu diet. Apel juga rendah kandungan kalori, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori harian.

3. Menjaga kadar gula darah

Manfaat buah apel selanjutnya adalah dapat membantu menjaga kadar gula darah untuk tetap dalam batas normal. Manfaat buah apel ini didapatkan dari kandungan antioksidannya yang dapat membantu mencegah proses penyerapan gula oleh tubuh termasuk di dalam darah.Selain itu, mengonsumsi apel juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Anda dapat mengonsumsi beberapa buah apel selama seminggu secara rutin, untuk mendapatkan manfaat ini.

4. Baik untuk kesehatan otak

Tidak hanya dikonsumsi dalam potongan buah segar, olahan apel seperti jus, juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, konsentrat dari jus apel dapat membantu menjaga sel otak dari komponen merusak, serta membantu mengurangi risiko gangguan kesehatan mental.Jus apel juga dapat membantu mencegah penyakit seperti Alzheimer. Namun, perlu diingat bahwa meski olahan apel seperti jus juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi apel dalam bentuk segar masih menjadi pilihan terbaik.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Apel mengandung tinggi vitamin C yang merupakan sumber antioksidan alami untuk menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam buah apel juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi, baik dari bakteri maupun virus. 

6. Menjaga kesehatan jantung

khasiat atau manfaat buah apel selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Ini karena dalam buah apel  terkandung senyawa polifenol, antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, senyawa polifenol juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mencecah terjadinya risiko stroke. Kandungan polifenol ini terdapat pada bagian kulitnya. Oleh sebab itu, pastikan saat mengonsumsi apel Anda tidak membuang bagian kulitnya tersebut.

7. Mencegah kanker 

Kandungan antosianin yang memberi warna apel bermanfaat untuk antiradang dan antikanker. Penelitian menyebutkan, kandungan fitonutrien dalam buah apel dapat membantu melindungi tubuh hewan dari kanker paru dan kanker usus. Selain itu, studi lain juga menemukan bahwa rutin mengonsumsi apel bisa menurunkan risiko kanker kolorektal hingga 20 persen dan kanker payudara hingga 18 persen. 

8. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah apel lainnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Ini karena apel mengandung nutrisi zat besi dan mineral kalium yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. Bukan hanya itu, senyawa antioksidan dalam buah apel juga merupakan antiinflamasi yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan massa tulang seiring bertambahnya usia. Baca juga: Jus Apel dan 9 Manfaatnya untuk Kesehatan

Catatan dari SehatQ

Kandungan buah apel termasuk mengesankan sehingga dapat kita variasikan dalam diet sehari-hari. Buah ini juga mudah dikonsumsi dan bisa dikombinasikan dengan buah maupun sayuran lain.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatnutrisibuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/apples
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beta-carotene-benefits
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lutein-and-zeaxanthin
Diakses pada 11 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/267290
Diakses pada 11 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/286839
Diakses pada 11 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219867
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/apples
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beta-carotene-benefits
Diakses pada 11 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lutein-and-zeaxanthin
Diakses pada 11 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/267290
Diakses pada 11 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/286839
Diakses pada 11 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219867
Diakses pada 11 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait