Mencermati Gejala Psoriasis Gutata yang Mirip Tetesan Air di Kulit

(0)
18 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Psoriasis gutata adalah psoriasis yang timbulkan ruam seperti tetesan airGejala psoriasis gutata adalah munculnya bercak merah kecil yang berkembang seiring berjalannya waktu
Psoriasis merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh masyarakat. Kondisi kulit ini terdiri atas beberapa jenis dan psoriasis gutata merupakan salah satunya. Bahkan, disebutkan bahwa psoriasis gutata menjadi jenis psoriasis kedua yang umum dialami oleh pasien. Kenali gejala psoriasis dan penanganannya.

Apa itu psoriasis gutata?

Psoriasis gutata adalah psoriasis yang ditandai dengan bercak merah berukuran kecil. Bercak tersebut dapat muncul di lengan, kaki, kulit kepala, atau badan. Ciri khas dari psoriasis gutata adalah bentuk ruamnya yang berupa tetesan air. Istilah ‘gutata’ sendiri memang berasal dari bahasa Latin “guttate” yang artinya “tetesan”.Psoriasis gutata atau guttate adalah jenis psoriasis yang cukup sering terjadi. Kondisi kulit ini utamanya menyerang pasien anak-anak dan dewasa muda.Psoriasis gutata merupakan kondisi kulit yang tidak menular sehingga tidak akan berpindah antar individu melalui kontak kulit. Kondisi kulit ini juga cenderung bisa diatasi dengan perawatan medis. Hanya saja, psoriasis gutata dapat menjadi kondisi jangka panjang bagi beberapa penderitanya. Psoriasis gutata juga dapat berubah menjadi psoriasis plak di kemudian hari.

Gejala psoriasis gutata

Periode gejala psoriasis gutata sering muncul dengan tiba-tiba. Gejala yang timbul biasanya berupa tanda merah kecil yang berkembang seiring berjalannya waktu. Tanda-tanda tersebut juga dapat menutupi sebagian besar tubuh atau mungkin bercak yang lebih kecil.Lesi dari psoriasis gutata dapat memiliki ciri-ciri berikut ini:
  • Berukuran kecil
  • Berwarna merah atau merah muda gelap
  • Terpisah satu sama lain
  • Muncul di badan, tangan, maupun kaki
  • Memiliki ketebalan yang lebih tipis dari lesi psoriasis plak

Apa sebenarnya penyebab psoriasis gutata?

Belum jelas penyebab pasti dari psoriasis gutata. Namun, dilaporkan bahwa psoriasis gutata merupakan salah satu gangguan autoimun, di mana sistem imun tubuh menyerang sel-sel yang sehat.Pada psoriasis, sistem imun menargetkan kulit dan menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit yang cepat. Penyerangan inilah yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan bersisik yang menjadi ciri khas psoriasis.Beberapa faktor-faktor juga disebutkan dapat memicu psoriasis gutata, misalnya:
  • Cedera pada kulit
  • Radang tenggorokan akibat bakteri (strep throat)
  • Stres
  • Radang amandel atau tonsilitis
  • Obat-obatan tertentu, termasuk obat antimalaria dan obat penyakit jantung beta-blocker 

Penanganan psoriasis gutata

Mengoleskan salep yang mengandung kortikosteroid untuk membantu atasi psoriasis gutata
Penanganan lini pertama psoriasis gutata adalah salep kortikosteroid
Psoriasis gutata dapat ditangani dengan beberapa cara, misalnya:

1. Kortikosteroid

Penanganan lini pertama psoriasis gutata adalah krim atau salep yang mengandung kortikosteroid. Kortikosteroid bekerja dengan melemahkan respons sistem imun tubuh sehingga memperlambat pertumbuhan sel kulit. Krim dari dokter tersebut akan perlu dioleskan satu atau dua kali sehari.

2. Cyclosporine

Cyclosporine adalah imunosupresan yang bekerja dengan melemahkan sistem imun. Obat ini sering diberikan untuk mengatasi gangguan autoimun serta diberikan dokter untuk pasien yang menjalani prosedur transplantasi organ.

3. Terapi biologis

Terapi biologis adalah obat-obatan yang dibuat dari asam nukleat, gula, atau protein. Obat biologis bekerja dengan menghambat sitokin yang pro-inflamasi.

4. Methotrexate

Methotrexate juga bekerja dengan melemahkan sistem imun. Biasanya, obat ini baru diresepkan dokter pada kasus psoriasis gutata yang parah dan tidak merespons obat-obat di atas.

Mengendalikan gejala psoriasis gutata

Selain meresepkan obat-obatan di atas, dokter juga mungkin akan menyarankan Anda untuk menerapkan tips berikut ini demi mengendalikan gejala psoriasis gutata:
  • Sampo antiketombe untuk mengobati psoriasis kulit kepala
  • Losion yang mengandung coal tar untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal. 
  • Krim kortison untuk membantu mengendalikan rasa gatal
  • Paparan sinar UV, yang bisa dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari atau fototerapi.

Catatan dari SehatQ

Psoriasis gutata adalah psoriasis yang timbulkan ruam seperti tetesan air. Psoriasis ini dapat ditangani dengan beberapa krim dan obat, seperti kortikosteroid, cyclosporine, atau terapi biologis.
autoimunpsoriasispenyakit kulitpenyakit autoimun
Healthline. https://www.healthline.com/health/psoriasis-guttate
Diakses pada 4 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriasis
Diakses pada 4 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/guttate-psoriasis
Diakses pada 4 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait