Langkah Pasti yang Bisa Anda Terapkan Jika Ingin Lakukan Percobaan Bunuh Diri

(0)
Percobaan bunuh diri perlu pertolongan dari psikolog dan psikiaterOrang yang mengalami percobaan bunuh diri membutuhkan dukungan dari banyak pihak
Percobaan bunuh diri tidak bisa dipungkiri kerap terlintas di pikiran beberapa orang ketika merasa sudah tidak sanggup lagi dengan peliknya permasalahan duniawi. Di Indonesia, angka  bunuh diri  belum terdokumentasi dengan baik. Kementerian Kesehatan menyatakan, kasus bunuh diri yang dilaporkan ke polisi pada tahun 2016 hanya tercatat sebanyak 875 orang. Sementara itu di tahun 2017, jumlah kematian akibat bunuh diri yang tercatat di kepolisian sebesar 789 kasus.Angka ini jauh berbeda dengan pencatatan sipil dan statistik hayati. Pada pencatatan tersebut, angka kematian akibat bunuh diri bahkan bisa mencapai 1.800 jiwa per tahun.Jangan biarkan angka-angka ini meneror batin Anda. Upaya “menggoda” untuk mengakhiri hidup sangat mungkin dicegah dari dalam diri sendiri. 

Apa yang harus dilakukan jika merasa ingin bunuh diri?

Coba tarik dan embus napas sesaat untuk menenangkan diri
Tendensi dan tindak percobaan bunuh diri kerap muncul sebagai tanda-tanda depresi.Jika Anda merasa ingin melakukan percobaan bunuh diri, mohon ikuti langkah-langkah pertolongan di bawah ini:

1. Ambil waktu sejenak

Coba untuk menarik dan embuskan napas perlahan selama beberapa kali untuk menenangkan diri. Sementara itu, ingatlah bahwa:
  • Pikiran untuk bunuh diri kadang muncul karena kita terbutakan oleh rasa putus asa dan depresi. Hal ini dapat menghambat kemampuan mengambil keputusan yang baik.
  • Setiap masalah yang mungkin Anda anggap rumit tak berkesudahan pasti bisa selesai.
  • Selalu ada opsi dan jalan keluar lain untuk setiap masalah, meski tidak terlihat saat ini.

2. Minta pertolongan segera

Cerita ke teman terdekat untuk mendapatkan pertolongan cepat
Segera kontak keluarga, teman, maupun orang terdekat Anda saat ingin melakukan percobaan bunuh diri. Bunuh diri bukan aib. Justru ini adalah pertanda adanya masalah kesehatan jiwa yang perlu dan bisa disembuhkan.Anda juga bisa segera kontak tenaga profesional. Membuka diri pada orang lain mampu memperbesar kemungkinan pemulihan masalah kesehatan jiwa.

3. Pelajari cara mengatasi masalah

Hal ini penting untuk diketahui agar Anda tidak segera berpikir untuk melakukan percobaan bunuh diri saat masalah melanda.Namun, perlu diingat, hal ini hanya bisa dilakukan di bawah pengawasan tenaga profesional,Dokter kejiwaan dapat membantu anda merancang strategi yang tepat untuk menghadapi dan mengatasi masalah yang Anda hadapi saat ini.Jangan lupa, bagikan hasil yang Anda dapatkan dari diskusi tersebut kepada orang yang bisa dipercaya. Hal ini mampu membantu Anda untuk memiliki support system saat Anda merasa putus asa dan ingin melakukan percobaan bunuh diri.Banyak studi menemukan, dukungan positif dari keluarga atau kerabat dekat mampu menekan tendensi percobaan bunuh diri.

4. Buat rencana keselamatan

Buat rencana keselamatan saat muncul keinginan bunuh diri
Percobaan bunuh diri bisa dicegah dengan menulis rencana atau rencana keselamatan. Rencana ini dapat digunakan saat Anda merasa menghadapi krisis yang memicu tendensi tersebut.Penting juga untuk mengenali tanda-tanda ingin bunuh diri sejak awal agar bisa segera menggunakan catatan rencana ini. Rencana ini berupa daftar yang akan dilakukan saat muncul ide bunuh diri.Inilah contoh rencana keselamatan yang berguna saat Anda mengalami pikiran bunuh diri, bahkan sudah melakukan percobaan bunuh diri:
  • Simpan daftar kontak, catat kontak orang-orang yang memungkinkan untuk dihubungi saat keadaan darurat ketika muncul tanda-tanda keinginan untuk bunuh diri, seperti keluarga, orang dipercaya, maupun tenaga profesional.
  • Singkirkan barang-barang berbahaya, jauhkan Anda dari benda-benda yang mampu Anda gunakan untuk melakukan percobaan bunuh diri, seperti senjata tajam atau bahan-bahan kimia beracun.
  • Buat jadwal aktivitas harian, Anda mampu meluangkan waktu sejenak untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai, meski sesederhana mendengarkan musik atau menonton film. Anda bisa juga coba olahraga. Terbukti, olahraga mampu kurangi gejala depresi.
  • Berkumpul dengan orang lain, tujuannya, untuk membangun koneksi support system yang selalu ada di setiap saat Anda membutuhkan. Meski interaksi dengan orang lain terasa melelahkan, hal ini mampu menghindari kita dari perasaan terisolasi.
  • Bergabung dengan kelompok pendukung, ini mampu membantu Anda mengatasi pikiran untuk bunuh diri. Selain itu, kelompok pendukung membantu kita berpikir jernih jika ada banyak pilihan yang bisa ditempuh selain melakukan percobaan bunuh diri.
  • Hindari penggunaan narkoba dan alkohol, hal ini meningkatkan pikiran bunuh diri sebab konsumsi narkoba dan alkohol mampu membuat Anda bertindak lebih impulsif.
  • Hindari situs yang berbahaya di internet, cegah diri Anda dari mengakses situs yang mendorong motivasi untuk bunuh diri sebagai cara untuk menyelesaikan masalah.

  • Buatlah buku harian tentang pikiran dan perasaan, Tulis apapun yang menurut Anda penting ataupun berharga, tidak peduli seberapa kecil maknanya.

5. Pandang jauh ke depan

Temukan lingkungan suportif untuk melihat harapan masa depan
Sadari jika percobaan bunuh diri merupakan "efek samping" dari keputusasaan sesaat, meski sensasinya terasa begitu kuat.Oleh karena itu, hal ini mampu mempertegas pikiran seolah-olah bunuh diri adalah jalan satu-satunya.
  • Sadari jika perasaan ini bersifat sementara, jika mendapatkan pertolongan yang tepat, Anda dapat memahami bagaimana cara membuat diri sendiri merasa lebih baik saat memikirkan tentang hidup. Mencari lingkungan suportif mampu membantu Anda melihat harapan di masa yang akan datang.
  • Buat daftar alasan untuk hidup berisi hal-hal yang memotivasi diri sendiri untuk tetap terus bertahan hingga detik ini. Isi daftar ini bisa mengenai hobi yang sudah Anda tekuni hingga sejauh ini, orang tercinta, atau bahkan sekadar jadwal rilis film favorit. Yang penting,  Anda mampu menemukan tujuan Anda untuk tetap bertahan kembali melanjutkan hidup.

Apa yang harus dilakukan jika telah melakukan percobaan bunuh diri?

Hari ini mungkin menjadi hari tersulit dan melelahkan untuk Anda. Namun, pemulihan total baik dari luka fisik maupun psikis bukanlah tidak mungkin. Ikutilah langkah setelah melakukan percobaan bunuh diri ini:

1. Segera ke rumah sakit

Ke rumah sakit untuk pulihkan cedera dan kondisi emosional
Segera ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan gawat darurat. Tidak hanya untuk menangani luka atau cedera yang didapat setelah melakukan percobaan bunuh diri, tetapi juga untuk membantu memulihkan batin yang terguncang setelah melakukan percobaan bunuh diri.

2. Buat rencana keselamatan

Sama seperti saat terpikir ingin bunuh diri, rencana keselamatan pun bisa dilakukan setelah Anda melakukan percobaan bunuh diri.Perlu diingat, rencana ini dibuat bersama tenaga profesional agar mampu membantu Anda menemukan rencana yang cocok. Oleh karena itu, Anda pun akan nyaman menjalankan rencana tersebut.Pastikan Anda senantiasa jujur dengan diri sendiri saat membangun rencana keselamatan ini. Tujuannya, agar rencana ini benar-benar pas untuk Anda.

3. Bangun support system

Jujur dengan keluargabantu sembuhkan keinginan bunuh diri
Cari “sekutu”, setidaknya satu orang yang bisa Anda percaya. Ini membantu Anda untuk menceritakan apapun dengan jujur. Hal ini pun juga membantu penyembuhan keinginan bunuh diri dan mencegah aksi percobaan bunuh diri.

4. Coba mulai rasakan kehidupan lagi

Saat masa penyembuhan dari percobaan bunuh diri, hidup mungkin masih terasa suram. Anda memang perlu waktu agar keadaan pulih seperti sedia kala.Hal yang bisa Anda lakukan adalah kembali melakukan aktivitas sesuai rutinitas yang sudah Anda bangun sejak lama.Anda bisa memulai untuk bangun pagi di waktu yang sama, makan teratur, dan tidur malam lebih dini. Ingat, tidak perlu dipaksa. Coba perlahan-lahan, tetapi terasa kemajuannya.

5. Pahami jika proses penyembuhan berbeda-beda

Proses sembuh setiap orang berbeda
Anda tidak perlu khawatir dan menyalahi diri sendiri jika proses penyembuhan yang sedang Anda jalani terasa lebih lama dan lebih rumit daripada orang lain.Beberapa di antara kita memang ada yang memiliki kecenderungan untuk melakukan bunuh diri saat suasana hati maupun terjebak dalam kondisi yang sulit.Namun, Anda pasti bisa sembuh. Ingatlah bahwa hari esok akan bisa lebih baik daripada yang Anda alami saat ini. 

6. Kenali pemicu untuk melakukan percobaan bunuh diri

Beberapa hal mampu membuat kita teringat akan percobaan bunuh diri yang pernah kita lakukan, seperti melihat pisau saat berada di dapur. Anda bisa menghindari hal-hal yang memicu kilas balik.Tidak hanya itu. Saat terpapar dengan hal-hal pemicu, Anda juga bisa melatih kontrol diri Anda untuk merespon hal-hal yang mampu mengingatkan Anda akan percobaan bunuh diri. Hal ini mampu mengurangi risiko keinginan untuk bunuh diri.

7. Pelajari tentang kesehatan mental

Belajar kesehatan mental untuk pahami alasan bunuh diri
Hal ini membuat Anda menyadari jika munculnya keinginan untuk melakukan percobaan bunuh diri bukanlah berdasarkan alasan yang tidak mendasar. Keinginan bunuh diri adalah salah satu tanda dari beberapa masalah kesehatan jiwa, seperti bipolar, depresi, dan skizofrenia.

8. Terlibatlah dalam lingkungan positif

Anda bisa mulai dengan tergabung di dalam komunitas hobi. Hal ini mampu membuat Anda berinteraksi dengan orang lain yang sesuai dengan minat Anda.Jika Anda merasa pikiran mengenai percobaan bunuh diri muncul, Anda dapat mengalihkannya dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda senang.

Jika pikiran tentang percobaan bunuh diri muncul, ke mana harus berkonsultasi?

Percobaan bunuh diri dapat ditangani psikolog dan psikiater
Saat muncul pikiran untuk melakukan percobaan bunuh diri, menghubungi tenaga profesional sangat direkomendasikan. Hal ini mampu membuat Anda tertangani dengan baik. Namun, siapa yang dimaksud dengan tenaga profesional?Dalam hal kesehatan mental, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog klinis dan psikiater. Psikolog adalah tenaga profesional yang telah menempuh pendidikan dan pelatihan untuk memahami aspek-aspek kejiwaan pada manusia. Aspek ini meliputi cara seseorang berpikir, merasakan, bersikap, dan belajar. Fokus yang ditangani psikolog adalah pikiran dan perilaku seseorang.Di Indonesia, psikolog klinis bekerja untuk memahami, mencegah, dan mengurangi ketidakmampuan, gangguan dan ketidaknyamanan yang menimbulkan masalah psikologis dalam penyesuaian dan perkembangan pribadi manusia.Sementara, psikiater adalah dokter spesialis kejiwaan. Psikiater berperan untuk mendiagnosis masalah kesehatan mental yang memicu seseorang melakukan percobaan bunuh diri.Selain itu, psikiater juga bisa meresepkan obat, seperti antidepresan, untuk mengatasi ketidakseimbangan atau masalah pada hormon maupun fungsi otak yang menyebabkan gangguan kejiwaan tersebut.

Catatan dari SehatQ

Percobaan bunuh diri bukan aib. Perlu diingat, percobaan bunuh diri bisa dicegah dari diri sendiri. Caranya, dengan meningkatkan kesadaran bahwa tendensi ini hanya “bisikan sesaat” serta kesadaran untuk mencari pertolongan secepat mungkin.Jika Anda berpikir untuk melakukan percobaan bunuh diri, harap ingat, Anda tidak sendiri. Terbukalah pada orang yang bisa Anda percaya sebagai support system untuk membantu membendung kecenderungan mengakhiri hidup.Anda juga bisa cari pertolongan segera dengan menghubungi psikolog dan psikiater melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
depresikesehatan mentalbunuh diri
Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 5th Edition: DSM-5https://dsm.psychiatryonline.org/doi/book/10.1176/appi.books.9780890425596 (Diakses pada 07 Oktober 2020)Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-Situasi-dan-Pencegahan-Bunuh-Diri.pdf (Diakses pada 07 Oktober 2020)Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/suicide/in-depth/suicide/art-20048230 (Diakses pada 07 Oktober 2020)Journal of Gay & Lesbian Mental Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5178968/ (Diakses pada 07 Oktober 2020)Substance Abuse and Mental Health Services Administration. https://store.samhsa.gov/sites/default/files/d7/priv/sma18-4355eng.pdf (Diakses pada 07 Oktober 2020)Australian Psychological Society. https://www.psychology.org.au/for-the-public/about-psychology/what-is-a-psychologist (Diakses pada 07 Oktober 2020)Mind Brain Behavior Harvard University. https://mbb.harvard.edu/pages/undergraduate-tracks-psychology (Diakses pada 07 Oktober 2020)Ikatan Psikolog Klinis Indonesia. https://ipkindonesia.or.id/siapa-yang-dapat-disebut-psikolog-klinis/ (Diakses pada 07 Oktober 2020)The Royal Australian & New Zealand College of Psychiatristshttps://www.yourhealthinmind.org/psychiatry-explained/psychiatrists-and-psychologists (Diakses pada 07 Oktober 2020)
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait