Bronkitis merupakan kondisi peradangan pada saluran bronkus
Bronkitis dapat dicegah dengan langkah-langkah yang tepat

Bronkitis adalah kondisi peradangan pada saluran bronkus, yaitu saluran yang berfungsi menghantarkan udara masuk ke dalam paru-paru. Bronkitis dapat terjadi secara akut maupun kronis.

Bronkitis kronis disebabkan oleh peradangan pada paru-paru yang berlangsung lama. Seseorang dengan bronkitis kronis akan mengalami gejala setidaknya dalam tiga bulan terakhir. Penyakit ini dapat termasuk dalam penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), yaitu kondisi yang sering terjadi pada perokok.

Sementara itu, bronkitis akut umumnya berlangsung selama 1-3 minggu. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh virus, seperti influenza dan rhinovirus.

Apakah bronkitis menular?

Bronkitis dapat menular apabila kondisi yang Anda alami adalah bronkitis akut. Untuk bronkitis kronis, kondisi ini umumnya tidak menular. Lama waktu penularan bronkitis bergantung pada tipe virus yang menginfeksi tubuh Anda. Sebagian besar, bronkitis ditularkan selama beberapa hari, tetapi dapat pula terjadi hingga 1 minggu.

Umumnya, Anda tidak melakukan pemeriksaan untuk menentukan jenis virus yang menyebabkan penyakit ini. Oleh karena itu, selama masih mengalami gejala batuk pilek, Anda memiliki kemungkinan untuk menularkan virus pada orang lain.

Penularan bronkitis akut sama seperti ketika Anda mengalami batuk pilek. Virus berada dalam tubuh, dan ketika Anda batuk atau bersin, virus akan menyebar ke udara dan benda-benda di sekitarnya.

[[artikel-terkait]]

Menghindari penularan bronkitis

Tidak ada cara yang menjamin Anda terhindar dari bronkitis. Apabila Anda memiliki asma, usia tua, dan kekebalan tubuh yang lemah, Anda lebih berisiko untuk mengalami bronkitis. Untuk mencegah tertular bronkitis, Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Mencuci tangan secara rutin

Mencuci tangan merupakan cara yang efektif untuk menghindari tubuh terinfeksi virus. Cucilah tangan, terutama sebelum dan setelah menyiapkan bahan makanan, serta sebelum makan. Selain itu, bila Anda bersin, batuk, dan melakukan kontak dengan seseorang yang sakit, jangan lupa untuk mencuci tangan.

2. Gunakan masker untuk pecegahan penularan

Untuk mencegah penularan bronkitis, hindari melakukan kontak yang terlalu sering dengan seseorang yang memiliki gejala batuk pilek. Jika Anda berisiko tinggi dan perlu untuk melakukan kontak, gunakan masker untuk mencegah penularan bronkitis.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Cobalah untuk menjaga tubuh tetap bugar. Sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat setiap malam, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan menghindari stres. Dengan kekebalan tubuh yang baik, Anda akan memiliki perlindungan yang kuat dari kuman penyakit.

Olahraga dapat bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi, hindari melakukan olahraga yang berlebihan. Olahraga berlebihan akan menyebabkan efek yang tidak Anda inginkan. Kondisi tubuh yang terlalu lelah membuat kekebalan tubuh Anda menurun dan lebih rentan mengalami sakit.

4. Membersihkan permukaan benda di sekitar

Virus yang beredar di udara dan permukaan benda yang terkontaminasi mampu bertahan hidup hingga 48 jam. Jika virus menempel pada tangan, kemudian Anda menyentuh mata, mulut, atau hidung dengan tangan yang terkontaminasi, penularan infeksi dapat terjadi.

Oleh karena itu, bersihkan permukaan benda yang sering Anda sentuh, seperti gagang pintu atau kulkas. Hal ini penting, terutama bila ada anggota keluarga yang sedang mengalami bronkitis atau batuk pilek. Selain itu, hindari kebiasaan untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan.

Tanda bahaya pada bronkitis

Segera kunjungi dokter apabila Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini:

  • Batuk tidak membaik dalam 10 hari
  • Kondisi batuk yang dialami sangat mengganggu sehingga tidak dapat tidur
  • Anda mengalami nyeri dada bersamaan dengan batuk
  • Batuk yang Anda alami bersamaan dengan penurunan berat badan drastis
  • Demam tinggi lebih dari 38o Celcius
  • Sesak napas dan suara mengi
  • Adanya darah pada dahak ketika Anda batuk.

WebMD. https://www.webmd.com/lung/is-bronchitis-contagious
Diakses pada Mei 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/bronchitis/contagious-ways-not-spread/
Diakses pada Mei 2019

National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI). https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/bronchitis
Diakses pada Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed