Penis lecet dapat disebabkan oleh pelumas yang terdapat pada kondom
Jangan sampai penis lecet semakin parah, atasi dengan cara berikut

Iritasi pada kemaluan pria merupakan kondisi ketika penis mengalami beberapa gejala, seperti gatal, perih, nyeri, atau ruam kemerahan. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya perilaku kasar ketika berhubungan seks atau tidak cocok dengan produk pembersih yang digunakan. Untuk mencegah penis lecet, ikuti beberapa langkah berikut ini!

1. Mencegah Penis Lecet dengan Memerhatikan Sabun yang Digunakan

Anda mungkin memiliki sabun favorit yang aromanya sesuai dengan kepribadian. Namun tahukah Anda? Ternyata beberapa kasus iritasi pada kemaluan pria bisa diakibatkan oleh sabun yang mengandung parfum.

Sabun mengandung bahan kimia yang cukup keras untuk kulit, apalagi kulit penis yang termasuk sensitif. Alangkah baiknya bila Anda memastikan sabun yang digunakan adalah produk sabun dengan formula ringan, lembut, dan tidak mengandung parfum.

2. Kondom atau Pelumas Buatan Dapat Sebabkan Iritasi pada Kemaluan Pria

Penis lecet bisa terjadi jika Anda terbiasa menggunakan kondom dan pelumas buatan dalam aktivitas seksual bersama pasangan. Sebaiknya pilih jenis kondom yang berbahan karet antialergi untuk mengatasi penis lecet.

Pelumas khusus yang terdapat dalam produk kondom juga bisa menyebabkan iritasi pada kemaluan pria. Gunakan pelumas buatan dengan bahan dasar air untuk meredakan iritasi tersebut.

3. Kebiasaan Masturbasi

Meski kegiatan ini menimbulkan kesenangan, Anda tetap perlu berhati-hati ketika masturbasi agar penis tidak iritasi. Tindakan yang bisa memicu penis lecet semakin parah di antaranya adalah kondisi tangan yang kotor serta gerakan saat masturbasi yang berlebihan dan cenderung kasar.

Karena itu, cucilah tangan sebelum dan sesudah melakukan masturbasi. Jangan lupa untuk mengeringkan penis setelah masturabasi maupun setelah melakukan hubungan seksual agar tidak lembap.

4. Psoriasis dan Eksim

Psoriasis dan eksim merupakan jenis masalah kulit yang umum dialami siapa saja. Namun bukan berarti kondisi ini tidak berbahaya.

Kedua masalah kulit tersebut bisa membuat iritasi semakin parah, termasuk menyebar ke area penis dengan cepat. Jadi, segera obati atau berkonsultasi dengan dokter bila mengalami eksim dan psoriasis.

5. Perhatikan Bahan Celana Dalam

Kulit penis dan sekitarnya termasuk jenis kulit yang sensitif sehingga membutuhkan perhatian khusus. Oleh karena itu, Anda sebaiknya lebih berhati-hati memilih bahan untuk celana dalam.

Bagian vital penis termasuk bagian lembap, jadi pastikan ujung penis telah dikeringkan sebelum memakai celana dalam. Selain itu, Anda membutuhkan bahan celana dalam yang mampu menyerap keringat serta mengalirkan udara sejuk. Hindari pemakaian celana dalam ketat untuk mengurangi iritasi pada penis.

6. Infeksi Menular Seks

Beberapa kasus penis lecet bisa juga disebabkan adanya infeksi menular seksual (IMS). IMS bisa dikarenakan berhubungan intim secara tidak sehat, seperti melakukan seks oral atau anal, serta berganti-ganti pasangan. Untuk itu, penggunaan kondom tetap dianjurkan bagi Anda yang sering berhubungan intim bukan dengan pasangan.

Itulah beberapa cara mengantisipasi penis lecet agar tidak semakin parah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan penis agar terhindar dari iritasi.

Men's Health. https://www.menshealth.com/health/g22810834/red-penis-irritation-causes/
Diakses pada Februari 2019

Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/penis-irritation
Diakses pada 19 Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/penis-irritation
Diakes pada 19 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed