Mata ikan di jari tangan dapat muncul ketika Anda sering menyentuh barang-barang yang tidak higienis
Mata ikan dapat muncul seperti kutil pada bagian jari tangan Anda.

Maka ikan adalah sejenis kutil (plantar warts) yang dapat berkembang pada pada jari tangan dan dapat mengganggu keseharian penderitanya. Mata ikan disebabkan oleh virus human papillomavirus tipe 1, 2, 4, dan 63 yang sering menjangkiti remaja.

Mata ikan umumnya memang tidak berbahaya dan dapat hilang bahkan tanpa perawatan. Namun, jika dibiarkan saja, tentunya akan menimbulkan rasa sakit yang sulit diabaikan. Kebanyakan orang akan segera mencari pengobatan dengan salep atau krim yang mampu mengobati mata ikan secara efektif.

Gejala Mata Ikan di Jari Tangan

Mata ikan dapat muncul seperti kutil pada bagian kaki, jari kaki maupun jari tangan Anda. Berikut adalah gejala mata ikan di jari tangan yang perlu Anda ketahui:

  • Kutil atau daging kecil yang tumbuh di bagian jari tangan dan teksturnya terasa kasar bila disentuh
  • Kulit akan mengeras dan menebal di bagian yang terkena mata ikan
  • Terdapat bintik-bintik hitam (biji kutil), tetapi sebenarnya ini adalah gumpalan pembuluh darah yang sangat kecil
  • Luka lesi yang meradang di sekitar kulit jari tangan
  • Terasa nyeri atau sakit saat memegang sesuatu

Apabila terdapat beberapa gejala atau tanda-tanda tersebut di atas, atau terdapat gejala yang mencurigakan pada bagian jari tangan, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab Mata Ikan di Jari Tangan

Mata ikan sama seperti semua jenis kutil. Penyebab mata ikan umumnya adalah virus yang menyerang kulit melalui luka kecil atau goresan. Mata ikan pada awalnya hanya benjolan biasa, tetapi setelah terkena infeksi virus, mata ikan akan tumbuh dan membesar hingga menyebabkan rasa nyeri pada bagian bawah jari tangan ketika beraktivitas menggunakan organ tersebut.

Infeksi virus mata ikan di jari tangan, biasanya menular dan menyebar di tempat-tempat yang kurang higienis. Virus mata ikan bisa saja menyerang Anda pada saat menggunakan peralatan-peralatan umum, menyentuh fasilitas umum seperti pegangan tangga atau bus kota, atau menggunakan peralatan gym yang sering dipakai banyak orang.

Mata ikan di jari tangan juga akan lebih mudah menular terutama di tempat-tempat yang banyak tersedia peralatan yang banyak dipakai orang secara bergantian. Misalnya, fasilitas olahraga seperti gym atau peralatan di pabrik. Menggunakannya bersama dengan orang lain dapat meningkatkan risiko Anda terkena mata ikan.

Apabila stamina tubuh menurun, infeksi virus mata ikan akan mudah menyerang. Tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Terlebih lagi, pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti orang dengan HIV/AIDS dan pasien yang minum obat kortikosteroid.

Selain virus, mata ikan juga dapat disebabkan oleh tekanan dan gesekan. Jari tangan dapat bergesekan dengan permukaan yang kasar secara berulang hingga menyebabkan mata ikan berkembang.

Sementara, menggunakan alas kaki yang longgar juga bisa menyebabkan mata ikan di kaki. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan sepatu yang pas.

Mencegah Mata Ikan di Jari Tangan

Mencegah lebih baik ketimbang mengobati. Untuk itu, perhatikan beberapa kebiasaan baik dan sehat berikut ini untuk mencegah mata ikan di jari tangan:

  • Selalu menjaga kebersihan jari tangan dan telapak tangan Anda
  • Cuci tangan Anda sesudah dan sebelum jika Anda harus memegang barang atau peralatan umum seperti di tempat pekerjaan atau pusat kebugaran
  • Hindari untuk memegang barang atau peralatan umum yang kotor, meskipun itu milik orang terdekat Anda.
  • Hindari memecahkan atau memencet mata ikan di jari tangan.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir setelah mengobati area yang terinfeksi mata ikan, dan hindari menyentuh bagian tubuh lainnya sebelum Anda mencuci tangan.

Mengobati Mata Ikan di Jari Tangan

Untungnya, mata ikan dapat diobati dengan mudah dan murah bahkan Anda dapat merendamnya di air hangat untuk membuatnya lebih lunak sehingga mudah mengelupas. Namun, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat rekomendasi cara menghilangkan mata ikan di jari tangan dengan tepat.

Berikut adalah pengobatan mata ikan di jari tangan yang dapat dilakukan:

  • Asam Salisilat

Asam salisilat akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus mata ikan. Selain itu, obat yang mengandung asam salisilat juga akan bekerja bertahap untuk mengikis lapisan kulit yang menebal karena mata ikan.

  • Cryotherapy

Jenis pengobatan cryotherapi harus dilakukan oleh dokter ahli memakai nitrogen cair. Studi membuktikan pengobatan ini lebih efektif dengan kombinasi asam salisilat.

  • Operasi Kecil

Mata ikan yang terus tumbuh dan mengganggu bisa dilakukan operasi kecil. Dokter akan menghancurkan kutil dengan jarum listrik dan memotongnya.

  • Pengobatan Laser

Cara mengobati mata ikan di jari tangan selanjutnya adalah memakai laser. Sinar laser akan diarahkan ke mata ikan di jari tangan untuk mematikan jaringan yang terinfeksi sehingga kulit yang terkena mata ikan bisa segera terlepas.

  • Vaksin HPV

Vaksin ini akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus mata ikan atau human papillomavirus (HPV).

Mata ikan seharusnya dapat diobati dengan mudah. Konsultasikan dengan dokter bila kondisinya semakin serius atau tidak kunjung sembuh dan sulit diobati. Terdapat beberapa kondisi dimana mata ikan di tangan Anda harus segera mendapat perhatian medis, di antaranya:

  • Lesi berdarah, sangat menyakitkan, dan terjadi perubahan pada tampilan atau warnanya.
  • Sudah mencoba mengobatinya, namun mata ikan tetap ada, semakin banyak atau terjadi berulang kali.
  • Tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.
  • Memiliki diabetes.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena obat penurun kekebalan, penderita HIV/AIDS atau terkena gangguan sistem kekebalan tubuh lainnya.
  • Tidak yakin jika lesi yang Anda miliki adalah mata ikan.

Dokter akan melakukan diagnosis, dan menentukan penanganan yang tepat untuk Anda. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan perubahan apapun yang terjadi.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-plantar-warts-basics
Diakses pada Februari 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/plantar-warts/symptoms-causes/syc-20352691
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed