logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

6 Tips Mencari Jati Diri Terbaik dalam Diri

open-summary

Cara mencari jati diri harus dilakukan dengan melihat dari dalam diri tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Lalu, aplikasikan ke kehidupan sehari-hari.


close-summary

5 Jan 2023

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

mencari jati diri

Coba lihat kembali ke dalam diri tentang kelebihan dan kekurangan kamu

Table of Content

  • Cara mencari jati diri
  • Tanda kamu enemukan jati diri yang terbaik

Tidak berlebihan ketika seseorang menyebut dirinya tengah dalam perjalanan mencari jati diri. Proses penemuan jati diri ini tidak mudah karena banyak faktor dan pasti penuh trial and error. Ketika sudah berhasil menemukan jati diri, seseorang akan menjadi lebih percaya diri, tahu apa tujuan hidup, dan bisa lebih berdampak bagi sekitar.

Advertisement

Bukan usia yang menjadi patokan kapan seseorang berhasil mencari jati diri. Ada yang sudah tua dan masih melakukan pencarian, sebaliknya ada remaja atau anak yang beranjak dewasa sudah tahu betul jati diri mereka. Semuanya tak mungkin terjadi secara instan, harus melalui berbagai jalan terjal dulu sebelumnya.

Cara mencari jati diri

Di tengah dunia yang begitu bising dan sibuk, cara mencari jati diri harus dilakukan dari dalam. Beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai refleksi untuk menemukan jati diri adalah:

1. Temukan momen untuk diam

Tidak akan ada orang yang bisa mencari jati diri tanpa memberi waktu bagi dirinya untuk diam. Dengan diam, seseorang bisa mendengar apa yang disampaikan oleh jiwanya sekaligus melakukan evaluasi diri dengan jujur. Ini adalah momen refleksi untuk mendengar apa yang sebenarnya dikejar, tanpa dipengaruhi hiruk pikuk di sekitar.

2. Sadari siapa diri kamu

Hal yang kerap membayangi proses pencarian jati diri adalah impian. Untuk bisa mencari jati diri, kesampingkan dulu semua impian di masa depan. Penting untuk tahu siapa diri kamu sesungguhnya, bukan ingin menjadi apa dalam beberapa tahun ke depan.

Jika sulit, mulai dengan melakukan tes kepribadian sehingga bisa tahu kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Memang tes semacam ini tidak akan sempurna mengungkap semua aspek tentang diri, namun setidaknya bisa fokus pada apa yang bisa diperkuat sehingga bisa menjadi sosok yang berdampak.

3. Temukan kelebihan dan kekurangan

Masih senada dengan cara mencari jati diri di atas, ini adalah tahap yang paling sulit. Coba temukan kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Biasanya, perlu waktu beberapa kali hingga benar-benar menemukan kelebihan dan kekurangan diri. Ciri-cirinya adalah hal yang membuat kamu merasa bersemangat dan ingin melakukan lebih, itulah tkamu kekuatan yang bisa menjadi modal menemukan jati diri.

4. Tanyakan pendapat orang lain

Kemampuan menerima pendapat atau feedback dari orang lain tidak dikuasai semua orang. Cari orang yang bisa dipercaya untuk menyampaikan pendapat dengan jujur. Tanyakan apa yang perlu diperbaiki dan apa kekuatan yang bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Tahapan ini sangat penting dalam proses mencari jati diri terutama ketika merasa jenuh tak kunjung menemukan siapa diri ini sebenarnya. Terkadang, orang-orang terdekat bisa membantu melihat hal yang diri sendiri tak bisa temukan.

5. Refleksi dari hubungan

Salah satu aspek yang bisa membantu dalam proses mencari jati diri bisa dilihat dari hubungan yang tengah dijalani. Bukan hubungan personal dengan pasangan saja, tapi juga hubungan dengan rekan kerja, atasan, teman, dan lainnya.

Lewat refleksi ini, seseorang bisa tahu sosok seperti apa dirinya di mata orang lain. Tak hanya itu, ini bisa menjadi modal menghadapi ketakutan terbesar dalam hidup dan mengalahkannya dengan tujuan hidup yang lebih jelas. Fokus pada kekuatan diri akan membantu menghasilkan dampak lebih besar bagi sekitar.

6. Pahami masa lalu

Untuk bisa mencari jati diri, seseorang harus memahami masa lalu yang dialaminya. Cobalah berani untuk melakukan eksplorasi masa lalu. Ini adalah batu pijakan untuk memahami bagaimana terbentuknya sosok diri kamu seperti saat ini. Bisa jadi, trauma masa lalu menghalangi proses penemuan jati diri.

Ini berhubungan juga dengan situasi apakah seseorang memiliki troubled inner child atau tidak di masa lalu. Tanpa disadari, troubled inner child akan membentuk perilaku seseorang di masa kini hingga masa depan. Berdamai dengan masa lalu bisa menjadi cara untuk menguak sisi diri yang selama ini masih terkungkung trauma masa silam.

Baca juga: Cara Menjadi Diri Sendiri dan Lebih Percaya Diri 

Tanda kamu enemukan jati diri yang terbaik

Coba cek lagi apa sebenarnya kamu sudah menemukan jati diri. Berikut sejumlah tkamu yang akan kamu rasakan:

1. Memiliki keinginan kuat

Motivasi untuk melakukan banyak hal menjadi tanda kamu sudah menemukan jati diri. Kamu akan fokus dengan semua yang dikerjakan hingga mencapai tujuannya.

2. Lebih mencintai diri sendiri

Saat menemukan jati diri, kamu akan tahu kelebihan dan kekurangan dalam diri. Hal ini pun membuat kamu tahu kapasitas yang dimiliki sehingga tidak terlalu memaksakan sesuatu.

3. Berani mencoba hal baru

Keberanian ini tidak dimiliki oleh banyak orang. Namun, kamu yang sudah menemukan jati diri akan berani mengambil sebuah langkah besar dalam hidup. Semua keputusan pun tentunya diambil melalui pertimbangan yang baik.

4. Tahu prioritas diri

Menentukan prioritas perlu dilakukan dengan baik. Prioritas ini hanya bisa dilihat dari perjalanan hidup kamu yang panjang. Namun, prioritas ini hanya bisa ditentukan dengan kemampuan diri yang kuat.

5. Tidak peduli dengan validasi orang lain

Omongan orang lain bisa mengubah seseorang tanpa pendirian kuat. Namun, kamu yang sudah menemukan jati diri sendiri tidak butuh validasi dari orang lain. Kamu bisa melakukan segala hal yang memang menjadi prioritas dan kebutuhan hidup.

Baca juga: Cara untuk Menerima Diri Sendiri

Proses pencarian jati diri tidak akan berjalan dengan mulus. Perlu beberapa tahap untuk bisa mengenali diri sendiri, mulai dari berdamai dengan masa lalu hingga bertanya kepada orang terdekat tentang gambaran diri sendiri.

Setelah menemukan jati diri, seseorang bisa memaksimalkan apa yang bisa dilakukannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk dunia.

Advertisement

kesehatan mental

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved