Menakjubkan, Ini 8 Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan

Manfaat gerakan shalat sangat baik untuk kesehatan tubuh
Gerakan sujud saat shalat bermanfaat memperkuat otot perut

Bagi pemeluk agama Islam, salat adalah aktivitas beribadah yang diwajibkan selama 5 waktu setiap harinya. Terlepas dari nilai spiritual dan kedekatan dengan Sang Pencipta, ternyata manfaat gerakan shalat juga baik untuk kesehatan.

Kewajiban fundamental bagi umat Muslim ini juga tidaklah memberatkan karena apabila keterbatasan fisik menyebabkan tidak bisa menunaikan shalat sambil berdiri, maka shalat sembari duduk atau berbaring pun diperbolehkan.

Manfaat gerakan shalat bagi kesehatan

Beberapa manfaat gerakan shalat bagi kesehatan di antaranya:

1. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat gerakan shalat yang pertama adalah baik untuk sistem pencernaan. Di pagi hari saat perut masih kosong, umat Muslim menunaikan salat subuh 2 rakaat. Sementara setelah makan malam, salat yang ditunaikan di antaranya salat isya dengan 4 rakaat. Shalat dapat meningkatkan fungsi organ hati, merelaksasikan usus besar, serta membantu kinerja usus menjadi lebih baik.

2. Melancarkan aliran darah

Gerakan pertama dalam shalat yaitu Takbir yang dilakukan sambil berdiri juga melancarkan aliran darah ke arah torso. Selain Takbir, gerakan sujud juga membantu aliran darah ke otak karena posisi kepala berada lebih rendah daripada jantung.

3. Membuat tubuh rileks

Manfaat gerakan shalat lainnya adalah saat gerakan duduk atau tasyahud. Pada saat duduk di antara dua sujud ataupun duduk tahiyat, paha, lutut, tulang belakang, dan persendian berada dalam posisi yang memberikan efek relaksasi ke seluruh tubuh. Tekanan yang terasa pada saat duduk ini akan dirasakan seperti halnya pijat yang membuat tubuh rileks.

4. Pergerakan sendi

Manfaat gerakan shalat juga tak lepas dari gerakan persendian saat menunaikan gerakan demi gerakan shalat. Ketika sendi bergerak dan saling bertumpu, maka akan ada aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko mengalami nyeri persendian, radang sendi (arthritis), hingga lumpuh.

5. Baik untuk postur tubuh

Dalam jangka panjang, postur tubuh yang tidak baik dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain. Itulah mengapa, manfaat gerakan shalat yang juga penting adalah membuat postur tubuh menjadi lebih ideal.

Posisi berdiri saat Takbir membuat postur tubuh semakin baik. Posisi tubuh harus benar-benar tegak dan tahu betul bagaimana menopang berat badan. Terlebih, gerakan shalat dilakukan beberapa kali dalam sehari sehingga postur tubuh terlatih lebih tegak.

6. Peregangan tubuh

Saat melakukan gerakan Rukuk yaitu punggung membungkuk 90 derajat, tubuh bisa melakukan peregangan namun tidak berlebihan. Punggung, paha, dan betis meregang sekaligus melancarkan aliran darah.

7. Mengendalikan otot perut

Gerakan Sujud saat salat juga membantu tubuh mengendalikan otot perut agar tidak mengembang terlalu besar. Apabila dilakukan terus-menerus, tanpa sadar gerakan Sujud dapat memperkuat otot-otot abdominal.

8. Terapi psikologis

Poin terakhir dari manfaat gerakan shalat sedikit berbeda dari manfaat secara fisik, namun lebih ke psikologis. Salat adalah salah satu bentuk terapi psikologis yang membantu menenangkan jiwa sekaligus melepaskan beban.

Ada gerakan yang lembut, harmoni, dan juga koordinasi dari setiap gerakan shalat sejak awal hingga akhir. Bahkan gerakan seperti Sujud yang mengalirkan darah lebih lancar ke otak juga berdampak positif bagi daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan kognitif lainnya.

Hal yang tak kalah penting dari menunaikan ibadah salat adalah kebersihan yang terjaga. Sebelum menunaikan salat, seorang Muslim harus mengambil air wudhu untuk bersuci. Gerakannya sangat komprehensif mulai dari mencuci tangan, wajah, telinga, hidung, juga kaki.

Artinya, manfaat gerakan shalat sangatlah baik untuk kesehatan dan juga kebersihan tubuh seseorang secara umum. Namun tentunya, salat harus dilakukan dengan khusyuk dan tidak terburu-buru untuk bisa mendapatkan manfaat spiritual dan juga fisik dari gerakan-gerakannya.

International Journal of Health Sciences and Research. https://www.ijhsr.org/IJHSR_Vol.8_Issue.7_July2018/43.pdf
Diakses 7 Januari 2020

Al Islam.https://www.alislam.org/articles/physical-benefits-of-salat/
Diakses 7 Januari 2020

Quran Reading. http://www.quranreading.com/blog/7-physical-benefits-of-saying-salat/
Diakses 7 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed