Menakar Efektivitas Korset Lumbal untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Korset lumbal dipercaya bisa atasi masalah nyeri punggung bawah
Seorang wanita menggunakan korset lumbal

Ketika Anda mengeluhkan sakit di bagian punggung bawah, tidak jarang dokter merekomendasikan penggunaan korset lumbal sebagai bagian dari terapi penyembuhan. Apa yang dimaksud korset lumbal dan kapan Anda harus mengenakannya?

Korset lumbal adalah korset yang terbuat dari bahan kain yang lembut dan elastis, serta ditopang dengan kawat untuk membuatnya tidak rawan mengkerut atau melorot ketika dipakai. Fungsi korset ini adalah menstabilkan daerah lumbal dengan membatasi pergerakannya sehingga rasa sakit yang Anda rasakan berkurang.

Cara penggunaan korset ini adalah dengan melingkarkannya di area perut dan punggung bawah, kemudian mengaitkannya dengan perekat, risleting, atau tali di bagian depan. Ada pula korset lumbal yang memiliki tali untuk disangkutkan ke bahu agar tidak rawan mengalami perubahan posisi saat digunakan.

Kondisi apa yang mengharuskan pemakaian korset lumbal?

Seperti disebutkan di atas, penggunaan korset lumbal sangat disarankan ketika Anda merasakan sakit di sekitar punggung bagian bawah. Nyeri di bagian ini sendiri biasanya disebabkan oleh banyak hal, misalnya:

  • Cedera otot

Otot bisa cedera ketika mengalami tarikan atau terkilir karena gerakan yang tiba-tiba atau saat Anda mengangkat beban terlalu berat. Ini adalah penyebab utama Anda mengalami nyeri punggung bagian bawah yang disarankan menggunakan korset lumbal dalam jangka pendek atau hingga rasa sakit berkurang dengan beristirahat atau terapi.

  • Saraf kejepit

Dalam dunia medis, saraf kejepit menggambarkan herniated disc. Penyakit ini terjadi ketika bantalan antar ruas tulang mengalami pergeseran atau meregang keluar dari posisinya.

Peregangan ini kemudian menekan urat saraf yang ada di sekitarnya sehingga saraf tersebut terjepit dan menimbulkan sensasi nyeri di sekitarnya. Kadang kala, herniated disc juga bisa menekan ruas tulang belakang yang ada di dekatnya.

Risiko penyakit ini meningkat seiring dengan pertambahan usia. Anak muda juga bisa menderita saraf kejepit bila sering mengangkat beban berat atau melakukan pergerakan yang tiba-tiba, misalnya karena olahraga yang berlebihan.

Berbeda dengan cedera seperti terkilir, nyeri pada herniated disc bisa berlangsung lebih dari 72 jam. Oleh karena itu, dokter kerap menyarankan penggunaan korset lumbal untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

  • Arthritis

Arthritis adalah peradangan pada satu atau lebih sendi sehingga memunculkan nyeri dan kaku di area yang terdampak. Arthritis banyak bentuknya, namun yang paling sering ditemukan adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis yang akan memburuk seiring bertambahnya usia.

  • Stenosis spinal

Penyakit ini terjadi ketika tulang belakang menyempit sehingga menekan sumsum maupun saraf tulang belakang. Stenosis paling sering disebabkan oleh degenerasi cakram di antara dua ruas tulang belakang yang menyebabkan terjadinya kompresi akar saraf atau sumsum tulang belakang.

Stenosis spinal biasanya ditandai dengan gejala, seperti kebas, kram, dan lemah di punggung bagian bawah. Rasa nyeri akan makin menjadi-jadi ketika Anda harus berdiri dan berjalan.

Untungnya, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan korset lumbal secara rutin dapat mengurangi nyeri akibat stenosis spinal. Jika dibarengi terapi, korset lumbal juga dapat meningkatkan fungsi tulang belakang sehingga Anda relatif bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Cara penggunaan korset lumbal yang benar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan korset lumbal adalah ukuran yang pas dengan badan Anda. Korset tersebut harus mampu menyangga area yang terasa nyeri dan memberikan kenyamanan pada Anda selama digunakan.

Selalu konsultasikan dengan dokter ortopedi Anda mengenai seberapa lama Anda harus menggunakan korset lumbal. Ada orang yang wajib mengenakannya sepanjang hari, tapi ada yang hanya harus mengenakannya di saat-saat tertentu saja.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan korset lumbal Anda. Bila ada bagian yang rusak atau sobek, Anda mungkin harus menggantinya dengan yang baru untuk tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Journal of Rehabilitation Research and Development. https://www.rehab.research.va.gov/jour/00/37/5/vogt.html
Diakses pada 7 Mei 2020

Drugs. https://www.drugs.com/cg/lumbar-corset.html
Diakses pada 7 Mei 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/arthritis/symptoms-causes/syc-20350772
Diakses pada 7 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/low-back-pain-acute
Diakses pada 7 Mei 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11460971
Diakses pada 7 Mei 2020

Artikel Terkait