Mempersiapkan Usia Pensiun yang Nyaman Lewat Jaminan Pensiun BPJS

(0)
16 Jun 2020|Asni Harismi
Salah satu persiapan memasuki usia pensiun adalah mendaftarkan jaminan pensiun BPJSIlustrasi sepasang suami istri yang sedang menikmati masa pensiunnya
Ketika memasuki usia pensiun, kebutuhan hidup akan tetap berjalan, sedangkan pemasukan relatif tidak ada lagi. Oleh karena itu, Anda wajib mempersiapkan masa pensiun dengan perencanaan finansial yang matang dan dilakukan dengan konsisten selama Anda masih dalam usia produktif untuk mencari uang.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015, usia pensiun pada program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah 57 tahun. Selanjutnya usia pensiun akan bertambah satu tahun untuk setiap tiga tahun berikutnya sampai masuk usia pensiun, yaitu 65 tahun.Kunci penting dalam menyiapkan keamanan finansial saat pensiun adalah menabung sejak dini. Anda dapat menggunakan berbagai instrumen keuangan yang disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satunya adalah melalui Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan.

Aman di usia pensiun dengan Jaminan Pensiun BPJS

Jaminan Pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan mempertahankan derajat kehidupan layak bagi peserta program BPJS Ketenagakerjaan ini yang telah memasuki masa pensiun. Manfaat jaminan ini dibayarkan setiap bulan dimulai saat seseorang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.Iuran Jaminan Pensiun BPJS diambil dari upah setiap bulan yang diterima oleh karyawan dengan batas tertinggi upah yang didasarkan untuk perhitungan adalah Rp7.000.000. Besarnya iuran yang dibayarkan ke BPJS Ketenagakerjaan per bulan adalah sebesar tiga persen, dengan dua persen dibayarkan oleh pemberi kerja dan satu persen dipotong dari gaji karyawan.Terdapat beberapa manfaat Jaminan Pensiun BPJS yang dapat Anda nikmati, yaitu:

1. Manfaat pensiun hari tua

Manfaat ini berupa uang tunai bulanan yang diberikan saat Anda memasuki usia pensiun hingga meninggal dunia. Syaratnya, masa iuran Anda telah genap minimal 15 tahun atau setara 180 bulan.

2. Manfaat pensiun cacat

Manfaat ini beruupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta yang mengalami cacat total karena kecelakaan hingga tidak bisa lagi bekerja. Uang tunai akan diberikan hingga Anda sembuh atau meninggal dunia, dengan syarat Anda telah membayar iuran paling sedikit satu bulan dan density rate minimal 80 persen.

3. Manfaat pensiun janda/duda

Manfaat ini berupa uang tunai bulanan yang diberikan kepada janda/duda yang menjadi ahli waris peserta Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan. Uang tunai diberikan hingga janda/duda itu menikah lagi atau meninggal dunia.

4. Manfaat pensiun anak

Manfaat ini berupa uang tunai bulanan yang diberikan pada anak (maksimal dua orang) yang menjadi ahli waris peserta yang meninggal dunia. Uang tunai akan diberikan sampai usia anak 23 tahun atau telah bekerja maupun menikah.

5. Manfaat pensiun orangtua

Manfaat ini juga berupa uang tunai bulanan yang diberikan pada orangtua (ibu/bapak) yang menjadi ahli waris peserta yang meninggal dunia dengan status lajang.Peserta Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan tidak berhak memperoleh manfaat program usia pensiun ini bila:
  • Ia memasuki usia pensiun dan tidak memenuhi masa iuran 15 tahun
  • Ia mengalami cacat total tetap dan belum genap satu bulan menjadi peserta dengan minimal density rate 80 persen
  • Ia meninggal dunia sebelum genap satu tahun menjadi peserta dengan minimal density rate 80 persen.
Meskipun demikian, peserta dengan tiga kriteria di atas tetap akan mendapat manfaat lumpsum, yaitu akumulasi iurannya ditambah hasil pengembangan.

Mempersiapkan masa pensiun

Meski tidak lagi bekerja, pensiunan tetap dapat memperoleh pendapatan dari tabungan, hasil menyewakan atau menjual aset maupun barang yang dimiliki, hingga investasi di pasar modal. Nah, salah satu langkah yang dapat Anda tempuh adalah memaksimalkan dana pensiun.Dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat saat Anda memasuki usia pensiun. Produk Dana pensiun memberikan manfaat berupa sejumlah uang yang dibayarkan oleh kepada pesertanya setelah peserta tersebut pensiun.Fungsi dana pensiun meliputi:
  • Mengumpulkan iuran
  • Mengembangkan atau menginvestasikan uang yang dikelolanya
  • Membayarkan manfaat pensiun sesuai aturan dan hak masing-masing peserta.
Program Jaminan Pensiun oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu dana pensiun yang diakui dan diawasi oleh OJK sehingga keamanan uang Anda terjamin. Selain oleh BPJS, terdapat lembaga lain juga menyelenggarakan dana pensiun, antara lain PT Taspen (dana pensiun untuk Aparatur Sipil Negara alias ASN) dan PT Asabri (untuk prajurit TNI, Polri, dan ASN di Departemen Pertahanan dan Keamanan).Selain itu, ada pula Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) untuk perorangan yang tidak termasuk golongan di atas, seperti pekerja lepas, wiraswasta, dan lain-lain. DPLK dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa yang iurannya dibayarkan secara rutin per bulan.Jadi, persiapan usia pensiun seperti apa yang Anda pilih?
bpjs kesehatan
BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/program-jaminan-pensiun.html
Diakses pada 1 Juni 2020
BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/23358/Batas-Usia-Program-Pensiun-BPJS-Ketenagakerjaan
Diakses pada 1 Juni 2020
OJK. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10482
Diakses pada 1 Juni 2020
US Department of Labor. https://www.dol.gov/sites/dolgov/files/ebsa/about-ebsa/our-activities/resource-center/publications/top-10-ways-to-prepare-for-retirement.pdf
Diakses pada 1 Juni 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

BPJS Kesehatan: Saat Pasien Sudah Tidak Dapat Dilayani di Fasilitas Kesehatan

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kejadian pemutusan kontrak antara rumah sakit dan klinik dengan BPJS Kesehatan. Konon penyebabnya adalah akreditasi rumah sakit. Simak selengkapnya dalam artikel ini.
03 Mei 2019|Olivia
Baca selengkapnya
BPJS Kesehatan: Saat Pasien Sudah Tidak Dapat Dilayani di Fasilitas Kesehatan

Panduan dan Cara Membayar BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri, BNI, BCA, BRI, dan BTN

Saat ini pembayaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mudah melalui ATM. Berikut Ini adalah cara bayar BPJS lewat ATM BCA, Mandiri, BNI, BCA, BRI dan BTN.
09 Mei 2019|Aby Rachman
Baca selengkapnya
Panduan dan Cara Membayar BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri, BNI, BCA, BRI, dan BTN

Ruang ICU Sebenarnya Digunakan untuk Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ruang ICU atau Intensive Care Unit adalah ruangan yang digunakan untuk merawat pasien yang kondisinya parah, secara intensif. Ruangan ini dilengkapi oleh berbagai peralatan yang bisa menunjang kerja organ vital.
07 Mei 2020|Nina Hertiwi Putri
Baca selengkapnya
Ruang ICU Sebenarnya Digunakan untuk Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya