Bagaimana Memilih Remover atau Pembersih Makeup yang Tepat?

Remover atau pembersih makeup sebaiknya dipilih yang bebas alkohol
Untuk membersihkan maskara, tempelkan kapas pada mata yang telah dicelupkan remover kosmetik khusus mata

Makeup atau kosmetik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Dengan mengoleskan lipstik, mengaplikasikan foundation, hingga memakai maskara, beberapa dari Anda mungkin menjadi lebih pede saat melangkah ke luar rumah.

Satu hal yang harus dilakukan setelah Anda menggunakan makeup adalah membersihkannya. Membersihkan kosmetik penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari iritasi kulit, penyumbatan pori-pori, dan tentu saja jerawat membandel.

Tak cukup dengan air saja, Anda perlu membersihkan makeup menggunakan remover alias pembersih makeup.

Perhatikan ini terkait penggunaan remover atau pembersih makeup

Bila ingin sisa makeup dan kotoran benar-benar terangkat, Anda perlu memahami cara membersihkan wajah menggunakan remover atau pembersih makeup. Berikut tips yang dapat Anda praktikkan dalam membersihkan makeup:

1. Terapkan double cleansing

Lakukan pembersihan makeup dengan metode double cleansing, yang menjadi saran beberapa ahli kulit dan kecantikan. Sesuai namanya, teknik double cleansing dilakukan dengan membersihkan wajah melalui dua langkah.

Pada langkah pertama, Anda membersihkan wajah dan makeup memakai pembersih makeup berbahan dasar minyak ataupun micellar water. Sementara itu, di langkah kedua, bilas wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan kulit.

Untuk membersihkan maskara dan lipstik, Anda disarankan untuk memilih produk remover atau pembersih makeup yang dirancang khusus untuk jenis kosmetik tersebut.

2. Pilih pembersih makeup atau remover yang bebas alkohol

Pakar kecantikan juga menyarankan agar Anda memilih pembersih makeup yang bebas alkohol. Selain itu, jangan menggunakan produk yang memiliki kadar asam yang tinggi. Tips ini perlu diterapkan terutama jika kulit yang Anda miliki tergolong sensitif.

Hindari juga membersihkan area mata menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam alfa hidroksi.

3. Pilih cleanser yang tidak berbusa untuk kulit kering

Apabila jenis kulit yang Anda miliki adalah kulit kering, pakar menyarankan untuk tidak menggunakan sabun pembersih wajah yang banyak busa pada tahap kedua.

Tips membersihkan kosmetik sesuai jenisnya

Beberapa kosmetik khusus pun, harus Anda perhatikan dalam membersihkannya. Beberapa di antaranya, yaitu:

1. Foundation

Foundation atau alas bedak yang berbahan dasar krim kadang lebih sulit dibersihkan dibandingkan yang berbahan dasar air. Sebab, foundation jenis ini sering mengandung minyak mineral yang bisa menempel di kulit. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat menggunakan micellar water yang diteteskan ke kapas untuk menyingkirkan sisa-sisa foundation yang menempel di kulit wajah.

2. Maskara

Maskara dan eyeliner boleh jadi jenis kosmetik yang paling sulit untuk dibersihkan. Pakar menyarankan, Anda dapat mencelupkan kapas ke dalam remover khusus makeup mata untuk menghapus eyeliner dan maskara.
Tekan dengan lembut pada bagian mata selama 5-10 detik dan usap secara perlahan.

Penting untuk digarisbawahi agar tidak mengucek area mata saat membersihkannya. Sebab, bagian ini sangat sensitif. Hindari membersihkan makeup mata dengan agresif untuk menghindari iritasi.

3. Pewarna bibir

Untuk membersihkan lipstik, Anda akan perlu sedikit mengeksfoliasi. Sebab, pigmen lipstik seringkali tertinggal di bibir. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan petroleum jelly atau dengan remover khusus bibir.

Dalam penggunannya, Anda dapat mengoleskan sebanyak tiga lapis pada bibir dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi yang lembut untuk mengangkat pigmennya. Apabila tak ingin menggunakan sikat, Anda dapat menggunakan lap yang bersih.

Ingat untuk selalu mencuci muka lagi dengan sabun pembersih wajah meski sudah menggunakan makeup remover agar kulit wajah bersih menyeluruh. Selalu bersihkan muka setiap malam sebelum tidur agar tidak ada sisa kotoran dan kosmetik yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/beauty/skincare/a27307/double-cleansing-clear-skin/
Diakses pada 12 November 2019

Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/makeup-removal-guide
Diakses pada 12 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed