Obat Gatal Selangkangan di Apotek Sesuai dengan Penyebabnya


Obat gatal selangkangan di apotik bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal yang tak kunjung hilang. Akan tetapi, penggunaannya tidak boleh asal karena harus disesuaikan dengan penyebabnya.

0,0
28 Oct 2019|Armita Rahardini
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Obat gatal selangkangan harus digunakan berdasarkan penyebabnyaObat gatal selangkangan umumnya berupa obat oles seperti salep atau krim
Obat gatal selangkangan yang digunakan dengan tepat dapat membantu mengurangi rasa gatal dan penyebabnya secara pasti. Maka dari itu, Anda tidak boleh sembarangan untuk memakainya. Penyebab gatal di selangkangan sering terjadi akibat kondisi lembap di area tersebut atau gesekan antara dua permukaan kulit yang menimbulkan iritasi. Alhasil, infeksi jamur dan bakteri mudah terjadi sehingga rasa gatal pada kulit selangkangan dapat muncul.Mengalami gatal di selangkangan bisa bikin Anda tidak nyaman dan tentu terlihat tidak pantas bila harus menggaruknya di tempat umum. Untuk menanganinya, menjaga kebersihan tubuh saja terkadang tidak cukup. Penggunaan obat gatal selangkangan terkadang harus digunakan. Misalnya:  
  • Obat antijamur, seperti miconazole, oxiconazole, atau clotrimazole.
  • Krim steroid.
  • Salep antibiotik, seperti clindamycin.
  • Salep permethrin. 
  • Salep antigatal.
Simak penjelasan selengkapnya mengenai penggunaan obat gatal selangkangan tersebut di bawah ini. 

Obat gatal selangkangan di apotek sesuai dengan penyebabnya

Adapun beberapa jenis obat gatal selangkangan di apotek yang tepat sesuai dengan penyebabnya adalah sebagai berikut. 

1. Obat antijamur untuk tinea cruris

Salah satu obat gatal selangkangan di apotik adalah obat antijamur. Obat antijamur dapat digunakan untuk mengatasi gatal selangkangan yang disebabkan oleh infeksi jamur. Infeksi jamur yang menjadi penyebab gatal di selangkangan bisa berupa tinea crurisSering juga disebut jock's itch, tinea cruris adalah kondisi gatal-gatal yang cukup parah di area selangkangan.Oleh karena itu, tinea cruris dikenal juga dengan istilah kurap di selangkangan.Infeksi jamur ini lebih sering dialami oleh pria. Namun, tidak berarti wanita terbebas dari incarannya. Biasanya, penderita diabetes dan berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal selangkangan akibat infeksi jamur.Gatal di selangkangan akibat tinea cruris bisa sembuh sendiri dan kambuh berulang kali. Selain rasa gatal, keluhan juga dapat berupa ruam merah di kedua sisi selangkangan, terutama di bagian lipatan kulit.Ruam kadang-kadang bisa pula meluas sampai ke bagian paha dalam, alat kelamin (penis, skrotum, labia, dan mulut vagina), serta bokong.Penyebab utama terjadinya tinea cruris adalah kondisi lembap berlebihan dan infeksi jamur. Anda bisa memilih pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisinya. 
Obat gatal selangkangan bisa berupa salep antijamur
Oleskan salep gatal selangkangan secara rutin
Jika area selangkangan yang sering lembap dan kulit iritasi merupakan pemicu utamanya, cara mengatasi rasa gatal bisa dengan menjaga agar area selangkangan tetap kering dan bersih. Misalnya, dengan sering mengganti celana dalam dan mengoleskan salep zinc oxide.Obat gatal selangkangan di apotek untuk antijamur adalah miconazole, oxiconazole, atau clotrimazole.Obat gatal di selangkangan antijamur boleh digunakan selama 2-4 minggu untuk membasmi infeksi jamur.Infeksi jamur yang tidak terlalu parah umumnya bisa diatasi dengan cara membasuh area selangkangan dua kali sehari serta menggunakan sampo yang mengandung bahan aktif antijamur. Contohnya, ketoconazole atau selenium sulfideJika obat gatal selangkangan di apotik tersebut tidak ampuh mengobati gejala, Anda mungkin dapat menggunakan obat antijamur oral sesuai resep dokter yang dosisnya lebih kuat. 

2. Krim steroid untuk psoriasis

Obat gatal selangkangan di apotik berikutnya adalah krim steroid. Krim steroid bisa digunakan untuk mengatasi gatal di selangkangan akibat psoriasis. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit. Kondisi ini juga bisa terjadi pada bagian lipatan kulit, dan dikenal dengan istilah medis psoriasis inversi atau psoriasis intertriginosa.Gejala psoriasis inversi meliputi gatal, terasa sakit bila disentuh, serta kemerahan pada area-area lipatan kulit, yang sering berkeringat dan selalu bergesekan. Misalnya, selangkangan, ketiak, dan bagian bawah payudara pada wanita. Ruam merah psoriasis inversi tersebut bisa memiliki permukaan yang licin dan tampak mengilap, tapi tidak sampai bersisik.Untuk mengatasi psoriasis inversi, obat untuk gatal selangkangan yang bisa dipilih adalah krim steroid. Krim ini perlu dioleskan pada bagian kulit yang kemerahan.Dokter juga dapat meresepkan etanercept atau infliximab. Kedua obat ini bisa mengurangi frekuensi kambuh sekaligus meringankan gejala psoriasis inversi.

3. Obat antibakteri untuk erythrasma

Obat antibakteri juga dapat digunakan sebagai pilihan obat gatal selangkangan di apotek untuk kondisi erythrasmaErythrasma adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri tersebut terdapat di tubuh manusia secara alami dan sebetulnya tidaklah berbahaya. Pasalnya, perkembangan bakteri bisa dikendalikan oleh sistem imun tubuh. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat bakteri tersebut berkembang biak secara tak terkendali dan menimbulkan infeksi. Area lipatan kulit yang lembap kemungkinan besar menjadi kondisi ideal untuk perkembangbiakan bakteri abnormal. Terlebih, saat daya tahan tubuh Anda sedang menurun. 
Obat gatal selangkangan berupa antibiotik oles
Oleskan obat antibiotik sesuai dengan resep dokter
Gejala awal erythrasma meliputi bercak kemerahan di kulit. Bercak ini kemudian berubah warna menjadi coklat dan bersisik saat permukaan bercak mulai luruh.Bercak erythrasma umumnya muncul di area lipatan kulit yang sering bergesekan, seperti ketiak, selangkangan, dan bagian bawah payudara wanita. Bercak-bercak ini akan menimbulkan rasa gatal. Bila tingkat keparahan erythrasma tergolong ringan, membasuh area kulit yang terinfeksi dengan sabun antibakteri bisa dilakukan untuk mengatasinya.Namun, jika infeksi dan rasa gatal cukup parah, dokter akan meresepkan antibiotik topikal (oles). Salep gatal selangkangan berupa antibiotik oles ini mesti digunakan 2 kali sehari selama 1-2 minggu.Jenis antibiotik oles yang paling efektif sebagai obat gatal selangkangan akibat erythrasma adalah salep clindamycin 2%, salep fucidin (sodium fusidate), dan salep kombinasi asam benzoat dengan asam salisilat.

4. Salep permethrin untuk kutu kemaluan

 Kutu kemaluan juga bisa memicu gejala gatal di selangkangan. Orang Indonesia mungkin lebih mengenalnya dengan istilah kudis atau scabies.Kutu penyebab kudis bisa hidup di bagian tubuh manusia yang memiliki rambut, termasuk di rambut kemaluan yang akhirnya memicu gatal di selangkangan.Rasa gatal akibat kutu kemaluan umumnya akan makin parah pada malam hari sehingga membuat Anda sulit tidur.Solusinya, Anda bisa menggunakan salep gatal selangkangan berupa permethrinSalep gatal selangkangan ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.Apabila permethrin kurang efektif untuk membasmi kutu kemaluan, dokter juga bisa memberikan malathion sebagai obat gatal di selangkangan karena kudis.Apa pun jenis obat oles yang diberikan, dokter akan menyarankan Anda untuk mengoleskannya ke seluruh tubuh. Pasalnya, kutu kemaluan bisa menyebar ke bagian tubuh mana pun yang memiliki rambut.Dokter juga akan menganjurkan Anda untuk membiarkan obat tersebut selama semalaman di tubuh Anda agar bekerja lebih efektif.Harap diingat bahwa pengobatan kudis harus dijalani oleh penderita serta orang yang melakukan kontak erat dengannya. Misalnya, pasangan maupun keluarga yang tinggal serumah.

5. Salep antigatal

Obat gatal selangkangan di apotik selanjutnya adalah salep antigatal, seperti lotion calamine. Obat gatal di selangkangan ini bisa digunakan apabila Anda mengalami dermatitis kontak akibat bersentuhan langsung dengan zat atau benda tertentu. Misalnya, celana dalam atau pewangi pada sabun kewanitaan. Salep yang kerap digunakan untuk alergi ini berfungsi menenangkan kulit yang gatal sehingga mencegah Anda untuk menggaruk kulit lebih lanjut yang berpotensi menimbulkan rasa gatal semakin parah.

Cara mencegah gatal di selangkangan kambuh lagi di kemudian hari

Obat gatal selangkangan di apotek selanjutnya adalah salep antigatal, seperti lotion calamine. Salep gatal selangkangan ini bisa digunakan apabila Anda mengalami dermatitis kontak akibat bersentuhan langsung dengan zat atau benda tertentu. Misalnya, celana dalam atau pewangi pada sabun kewanitaan. Dikenal sebagai obat gatal alergi, salep ini berfungsi menenangkan kulit gatal sehingga mencegah Anda untuk menggaruk kulit lebih lanjut yang berpotensi menimbulkan rasa gatal semakin parah.

1. Jaga kebersihan area selangkangan

Salah satu cara mencegah gatal di selangkangan terjadi lagi adalah dengan menjaga kebersihan area selangkangan. Anda bisa mandi menggunakan sabun dan air setiap hari. Kemudian, keringkan menggunakan handuk secara perlahan menggunakan handuk pribadi yang bersih. Langkah ini juga perlu dilakukan setelah Anda berolahraga atau melakukan aktivitas di luar ruangan yang berpotensi menimbulkan keringat. 

2. Gunakan pakaian atau celana dalam yang tidak ketat

Cara mencegah gatal di selangkangan berikutnya adalah menggunakan pakaian atau celana dalam yang tidak ketat. Penggunaan celana dalam yang ketat bisa mengiritasi kulit selangkangan dan menyebabkan gatal-gatal. 

3. Selalu ganti pakaian dan celana dalam

Anda disarankan untuk selalu mengganti pakaian dan celana dalam setiap harinya agar gejala gatal di selangkangan tidak terjadi lagi. Anda bisa menggunakan pakaian dan celana dalam berbahan katun yang lebih mudah menyerap keringat.Pastikan area selangkangan sudah bersih dan kering sebelum mengganti pakaian atau celana dalam yang baru. 

4. Gunakan deterjen bebas pewangi dan pewarna

Beberapa orang mungkin rentan mengalami alergi deterjen atau sensitif terhadap penggunaan deterjen cuci pakaian tertentu sehingga menyebabkan rasa gatal, termasuk di area selangkangan.Sebagai solusinya, hindari penggunaan deterjen bebas pewangi dan pewarna untuk mencegah iritasi dan memperburuk kondisi.

Catatan dari SehatQ

Penggunaan obat gatal selangkangan di apotik memerlukan waktu dan kesabaran. Pastikan Anda menggunakan obat untuk gatal selangkangan sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan atau resep dari dokter. Selain menggunakan obat gatal di selangkangan, Anda juga perlu memaksimalkan pengobatan dengan melakukan perawatan rumahan yang tepat. Dengan demikian, obat gatal di selangkangan bisa bekerja efektif dan Anda terhindar dari kondisi ini. Akan tetapi, jika kondisi tak kunjung sembuh setelah menggunakan obat gatal selangkangan di apotek, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter dapat memberikan diagnosis dan pilihan obat gatal di selangkangan lainnya sesuai dengan kondisi Anda. Jika masih punya pertanyaan seputar obat gatal selangkangan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh segera di App Store dan Google Play.
infeksi jamurkuraptinea kruriskutu kemaluangatalpenyakit kulit
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/jock_itch/article.htm
Diakses pada 28 Oktober 2019
Medical News Today, https://www.medicalnewstoday.com/articles/323158.php
Diakses pada 28 Oktober 2019
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-is-the-erythrasma-skin-infection-1069432
Diakses pada 28 Oktober 2019
NHS. https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/skin-hair-and-nails/scabies
Diakses pada 9 Oktober 2020
CDC. https://www.cdc.gov/parasites/scabies/treatment.html
Diakses pada 9 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/men/causes-and-prevent-jock-itch#1
Diakses pada 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait