Memilih Obat Gatal Selangkangan Berdasarkan Penyebab Gatalnya

Agar manjur, jenis obat gatal selangkangan harus digunakan berdasarkan penyebab gatal-gatal
Gatal di selangkangan bisa disebabkan oleh kondisi lembap maupun infeksi jamur dan bakteri

Gatal di selangkangan sering terjadi akibat kondisi lembap di area tersebut maupun gesekan antara dua permukaan kulit sehingga terjadi iritasi. Jamur dan bakteri lalu mudah berkembang dan menimbulkan gejala gatal-gatal.

Untuk memilih obat gatal selangkangan yang manjur dan tepat guna, Anda sebaiknya mengetahui dulu penyebabnya. 

Sederet obat gatal selangkangan berdasarkan penyebabnya

Berikut ini beberapa penyebab gatal selangkangan yang paling sering terjadi, dan obat yang cocok untuk mengatasinya:

1. Obat antijamur untuk tinea cruris

Sering juga disebut jock itch, tinea cruris menyebabkan gatal-gatal yang cukup parah di area selangkangan. Karena itu, dikenal juga dengan istilah kurap di selangkangan.

Infeksi jamur ini lebih sering dialami oleh pria. Namun tidak berarti wanita terbebas dari incarannya. 

Gatal-gatal akibat tinea cruris bisa sembuh sendiri dan kambuh berulang kali. Selain rasa gatal, gejalanya juga bisa berupa ruam merah di kedua sisi selangkangan, terutama di bagian lipatan kulit.

Ruam kadang-kadang bisa pula meluas sampai ke bagian paha dalam, alat kelamin (penis, skrotum, labia, dan mulut vagina), serta bokong.

Penyebab utama terjadinya tinea cruris adalah kondisi lembap berlebihan dan infeksi jamur, sehingga pengobatan bisa dipilih berdasarkan penyebab tersebut. 

Jika penyebab utamanya adalah area selangkangan yang sering lembap dan kulit teriritasi, penanganannya bisa dengan menjaga agar area selangkangan selalu kering. Misalnya, sering mengganti celana dalam dan mengoleskan salep zinc oxide.

Obat gatal selangkangan jenis antijamur juga boleh digunakan selama dua sampai empat minggu untuk membasmi jamur pemicu infeksi. Miconazole atau clotrimazole merupakn contoh obatnya.

Infeksi jamur yang tidak terlalu parah bisa diatasi dengan cara membasuh area selangkangan dua kali sehari menggunakan shampo yang mengandung bahan aktif antijamur, seperti ketoconazole atau selenium sulfide

2. Krim steroid untuk psoriasis

Psoriasis termasuk penyakit autoimun yang menyerang kulit, termasuk pada bagian lipatan kulit. Kondisi ini dikenal dengan istilah medis psoriasis inversi atau psoriasis intertriginosa.

Orang yang mengidap psoriasis intertriginosa akan mengalami gatal dan sakit serta kemerahan pada area-area lipatan kulit, yang sering berkeringat dan selalu bergesekan. Misalnya, selangkangan, ketiak, dan bagian bawah payudara pada wanita. 

Gejala-gejala psoriasis inversi meliputi kulit di selangkangan, ketiak, atau di bawah payudara yang memerah dengan permukaan yang licin dan tampak mengkilat. Gejala ini bisa disertai rasa sakit atau nyeri bila disentuh, ruam, tapi tidak sampai bersisik.

Untuk mengatasi psoriasis inversi, obat gatal selangkangan yang bisa dipilih adalah krim steroid yang dioleskan pada bagian kulit kemerahan. Dokter juga bisa meresepkan etanercept atau infliximab. Kedua obat ini bisa mengurangi frekuensi kambuh sekaligus meringankan gejala psoriasis inversi. 

3. Obat antibakteri untuk erythrasma

Erythrasma adalah infeksi permukaan kulit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini terdapat di tubuh manusia secara alami dan sebetulnya tidaklah berbahaya. Perkembangannya bisa dikontrol oleh sistem imun tubuh. 

Walau begitu, ada kondisi tertentu yang membuat bakteri tersebut berkembang biak secara tak terkendali dan menimbulkan infeksi. Kelembapan di bagian lipatan kulit kemungkinan besar menjadi kondisi ideal untuk perkembangbiakan bakteri, apalagi saat kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda sedang menurun. 

Gejala awal erythrasma meliputi bercak kemerahan di kulit. Bercak ini kemudian berubah warna menjadi coklat dan bersisik saat permukaan bercak mulai luruh.

Bercak erythrasma umumnya muncul di area lipatan kulit yang sering bergesekan, seperti ketiak, selangkangan, dan bagian bawah payudara wanita. Bercak-bercak ini akan menimbulkan rasa gatal. 

Bila tingkat keparahan erythrasma tergolong ringan, membasuh area kulit yang terinfeksi dengan sabun antibakteri bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun jika infeksi dan rasa gatal cukup parah, dokter akan meresepkan antibiotik oles, yang mesti digunakan dua kali sehari selama satu sampai dua minggu.

Jenis antibiotik topikal yang paling efektif sebagai obat gatal selangkangan akibat erythrasma adalah salep clindamycin 2%, salep fucidin (sodium fusidate), and salep kombinasi asam benzoat dengan asam salisilat

Setelah obat gatal selangkangan bisa menyembuhkan gejala Anda, langkah berikutnya yang perlu Anda terapkan adalah mencegah kambuhnya kondisi tersebut.

Mencegah gatal selangkangan bisa dilakukan dengan menjaga agar area selangkangan selalu kering, sering mengganti celana dalam dengan yang bersih dan berbahan katun, serta hindari penggunaan celana dalam ketat. Pasalnya, celana dalam ketat bisa mengiritasi kulit selangkangan dan menyebabkan gatal-gatal.

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/jock_itch/article.htm
Diakses pada 28 Oktober 2019

Medical News Today, https://www.medicalnewstoday.com/articles/323158.php
Diakses pada 28 Oktober 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-is-the-erythrasma-skin-infection-1069432
Diakses pada 28 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed