Memilih Kacamata Renang Anak yang Tepat agar Mata Tak Iritasi

Memilih kacamata renang anak yang tepat bisa emmberikan perlidungan optimal
Kacamata renang anak perlu dipilih dengan tepat agar perlindungannya optimal

Kacamata renang anak berbeda dengan masker renang atau masker menyelam untuk anak. Kacamata renang berukuran lebih kecil, dan berbentuk bulat atau oval yang pas digunakan di mata.

Ukuran yang lebih kecil dan pas di mata tersebut membuat kacamata renang tidak akan mengganggu gerakan dan kecepatan anak dalam berenang.

Manfaat menggunakan kacamata renang anak

Saat berenang, kacamata renang sebetulnya bukan perlengkapan yang wajib dikenakan. Bahkan para perenang Olimpiade sebelum tahun 1976 juga tidak menggunakannya saat berlatih dan bertanding.

Tapi ketika Si Kecil berenang, kacamata renang anak sebaiknya tetap digunakan. Apa alasannya?

  • Melindungi mata anak dari iritasi

Kacamata renang anak akan melindungi mata buah hati dari klorin dan zat-zat kimia lain yang digunakan untuk membersihkan kolam renang. Zat-zat kimia yang tercampur air kolam ini bisa menimbulkan iritasi pada mata jika anak berenang sambil membuka mata dalam air.

Bukan saja klorin dan zat pembersih lain yang membuat mata merah, gatal, dan iritasi. Campuran keringat, urine, dan kotoran lain yang biasanya terdapat dalam air kolam, yang bereaksi dengan zat-zat kimia tersebut juga bisa memicu beragam gangguan mata.

Walau ada larangan untuk buang air kecil di dalam kolam renang, siapa yang bisa menjamin larangan ini pasti dipatuhi oleh semua pengunjung? Apalagi jika kolam renang tersebut banyak digunakan oleh anak kecil yang bisa saja tidak dapat menahan keinginan pipisnya.

Menurut Center for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat, kandungan nitrogen dalam urine yang bereaksi dengan klorin dalam air kolam renang akan menghasilkan zat kloramin. Senyawa ini bisa menyebabkan mata merah.

  • Kacamata renang membantu melihat dengan jelas di dalam air

Cahaya yang masuk ke dalam air akan mengubah penglihatan kita. Pasalnya, air merefraksikan cahaya dengan cara berbeda dari udara.

Sebagai akibatnya, saat mata kontak langsung dengan air kolam renang, penglihatan akan menjadi buram, tidak fokus, dan obyek dalam air bisa terlihat lebih besar atau dekat dari sebenarnya.

Kacamata renang anak akan membantu buah hati untuk melihat dengan jelas dan jernih saat ia berada dalam air. Untuk anak yang sedang belajar berenang, penglihatan jelas dalam air akan mendukung koordinasi gerak tubuh dan teknik berenang yang lebih baik.

Dengan begitu, anak juga bisa menghindari benda-benda yang masuk ke dalam air atau bertabrakan dengan perenang lain.

Tips memilih kacamata renang anak

Banyak sekali jenis kacamata renang anak yang bisa menjadi pilihan Anda. Untuk memutuskan kacamata yang cocok, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut:

  • Perhatikan jenis lensa kacamata renang

Anda bisa memilih produk kacamata renang anak dengan lensa yang terbuat dari berbagai bahan. Ada yang terbuat dari kaca, akrilik, plastik, dan polikarbonat.

Lensa kacamata renang anak juga bisa diganti dengan lensa pesanan bila diperlukan. Misalnya jika Si Kecil memiliki gangguan mata minus maupun astigmatisme.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan anak

Bila Anda merencanakan Si Kecil untuk belajar renang dengan tujuan kompetisi, tak ada salahnya menyediakan lebih dari satu kacamata renang anak. Misalnya, kacamata renang khusus untuk latihan dan bertanding.

Untuk bertanding, Anda bisa memilih jenis kacamata renang anak yang pas melekat di sekitar mata buah hati. Tujuannya adalah mencapai aerodinamika maksimal saat pertandingan.

  • Minta anak untuk mencoba kacamata renang

Anda sebaiknya meminta Si Kecil untuk mencoba dahulu kacamata renang anak yang akan dibeli. Pilihlah kacamata renang dengan karet di lensanya yang melekat di sekitar mata anak dengan pas dan cukup erat. Dengan ini, kacamata bisa mencegah masuknya air kolam.

  • Bersihkan lensa kacamata renang anak

Supaya lensa kacamata renang anak tidak mudah berembun, bersihkan lensanya dengan sabun atau shampoo lembut sebelum digunakan. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih kacamata renang anak dengan lensa yang dilapisi elemen antiembun (anti-fog).

Anda juga sebaiknya membasahi kacamata renang anak sebelum memberikannya pada anak untuk digunakan di dalam air.

  • Perhatikan penyimpanan kacamata renang

Selalu simpan kacamata renang anak dalam kotak khusus penyimpanannya. Langkah ini akan mencegah lensa tergores serta rusak.

  • Ajarkan cara memakai dan melepas kacamata renang pada anak

Saat memberikan kacamata renang anak, ajarilah cara menggunakan dan melepasnya dengan aman. Jangan sampai ia menarik kacamata renang ke arah depan dan terluka karena sentakan karet pada kacamata renang.

  • Perhatikan ukuran kacamata renang anak

Namun ada juga penelitian tertentu yang menyebutkan bahwa penggunaan kacamata renang bisa meningkatkan tekanan intraokular pada mata. Peningkatan tekanan pada mata ini berisiko menyebabkan atau memperparah kondisi glaukoma.

Untuk menghindari efek buruk tersebut, anak-anak dianjurkan untuk memakai kacamata renang dengan lebar setidaknya 55 milimeter pada bagian dalam bingkai kacamata.

Penggunaan kacamata renang anak secara umum dianggap aman. Tapi Anda perlu memerhatikan ukuran dan jenisnya agar tidak berdampak buruk pada mata Si Kecil.

Memilih kacamata renang yang pas dan nyaman dipakai oleh anak sangatlah penting. Dengan ini, anak bisa menikmati olahraga air ini secara bebas.

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/sports/diving.htm
Diakses pada 16 Mei 2020

Yor Swim Log. https://www.yourswimlog.com/swim-goggles/
Diakses pada 16 Mei 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2628147/
Diakses pada 16 Mei 2020

Glaucoma Australia. https://www.glaucoma.org.au/articles/swimming-goggles-article/
Diakses pada 16 Mei 2020

Artikel Terkait