Tips Memilih Kacamata Baca untuk Penderita Rabun Tua


Ada beberapa jenis kacamata baca untuk lansia. Kacamata orang tua berfungsi untuk membantu melihat pada lansia yang mengalami rabun tua atau presbiopi.

0,0
kacamata bacaKacamata baca bisa dijadikan pilihan bagi penderita rabun tua
Bagi para penderita rabun tua, penggunaan kacamata plus atau disebut juga kacamata baca merupakan salah satu cara untuk membantu penglihatan menjadi lebih jelas. Rabun tua atau presbiopi adalah hilangnya kemampuan mata secara perlahan-lahan untuk memfokuskan benda yang berjarak dekat. Keadaan ini terjadi sebagai bagian dari proses penuaan. Biasanya, rabun tua mulai disadari saat usia sekitar 40-an dan terus memburuk hingga sekitar usia 65 tahun.[[artikel-terkait]]

Gejala rabun tua

kacamata baca
Rabun tua adalah salah satu gangguan mata pada lansia
Sebelum membahas mengenai bagaimana memilih kacamata baca, Anda perlu mengetahui apa saja gejala rabun tua. Rabun tua umumnya ditandai oleh gejala-gejala seperti berikut ini:
  • Mata terasa tegang atau nyeri kepala setelah membaca atau mengerjakan sesuatu dengan jarak yang dekat
  • Kesulitan membaca tulisan berukuran kecil
  • Kelelahan setelah melakukan pekerjaan dengan jarak yang dekat
  • Memerlukan pencahayaan yang lebih terang ketika membaca atau mengerjakan sesuatu dengan jarak yang dekat
  • Memberi jarak sejauh lengan tangan pada bacaan agar mendapat fokus yang pas
  • Secara umum memiliki gangguan melihat dan memfokuskan penglihatan terhadap benda dengan jarak yang dekat
  • Sering memicingkan mata terutama saat melihat sesuatu dengan jarak yang dekat
Segera periksakan diri Anda ke dokter apabila mengalami gejala presbiopi. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti tes ketajaman mata guna memastikan kondisi yang sedang Anda alami. 

Tips memilih kacamata baca untuk rabun tua

Setelah didiagnosis menderita rabun tua, dokter akan menyarankan lansia untuk menggunakan kacamata baca agar penglihatan tetap baik. Dalam memilih kacamata orang tua, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Jenis kacamata baca

Jika Anda hanya menderita rabun tua tanpa gangguan penglihatan lainnya (rabun jauh atau rabun dekat), kacamata baca merupakan solusi yang paling disarankan.Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), ada beberapa pilihan kacamata orang tua, yaitu:
  • Kacamata bifokal
Kacamata ini berguna untuk memperjelas benda jauh dan dekat. Lensa kacamata terdiri dari dua bagian. Bagian atas akan membantu penglihatan jauh, sedangkan bagian bawah akan membantu saat melihat dekat.
  • Kacamata trifokal

Kacamata baca ini memiliki tiga daerah lensa yang masing-masing tugasnya membantu penglihatan jarak dekat, jarak menengah, dan jarak jauh.
  • Lensa progresif

Lensa jenis ini berbeda dari segi pembuatan dengan lensa pada bifokal atau trifokal. Jika lensa pada bifokal dan trifokal terbagi menjadi dua dan tiga bagian, lensa jenis ini memiliki kemampuan membiaskan cahaya yang berbeda dari bagian atas lensa hingga bagian bawah lensa secara berurutan.

2. Kekuatan lensa kacamata baca

Pada umumnya, kekuatan lensa yang diperlukan bertambah seiring bertambahnya usia. Berikut daftar kekuatan lensa yang biasanya dipergunakan sesuai usia penderita:
UsiaKekuatan Lensa
35-44+1.00
45-49+1.50
50-54+2.00
55 ke atas+2.50
Namun, daftar ini hanya digunakan sebagai patokan dasar. Pada kenyataannya, tetap diperlukan pemeriksaan oleh tenaga ahli agar lebih akurat.

3. Bahan lensa

kacamata baca
Saat ini, lensa kacamata baca sudah beragam jenisnya
Teknologi yang semakin maju membuat pilihan lensa kacamata orang tua semakin banyak dan bervariasi. Dulu, lensa kacamata hanya terbuat dari kaca. Namun, saat ini, lensa kacamata terbuat dari plastik berteknologi tinggi yang lebih ringan, tidak mudah pecah, dan terkadang membantu meredam sinar ultravolet (UV).
  • Polycarbonate

Bahan ini cocok digunakan jika Anda memiliki kegiatan yang berisiko membuat kacamata baca mudah terbentur. Jenis ini biasanya tersedia dengan atau tanpa peredam sinar UV.
  • Trivex

Jenis ini terbuat dari plastik jenis baru yang mirip dengan lensa polycarbonate. Keuntungan lensa jenis ini yaitu lebih ringan, tipis, dan tahan terhadap benturan.
  • High-index plastic

Ketika Anda diharuskan menggunakan lensa berkekuatan tinggi, maka disarankan Anda memilih jenis lensa ini. Lensa ini tergolong lebih ringan dan tipis dibanding lensa lain pada umumnya.Selain beberapa poin di atas, kenyamanan saat menggunakan tentu menjadi prioritas utama pengguna kacamata baca. Jadi, pastikan kacamata orang tua yang Anda beli nyaman ketika dikenakan.

Cara merawat kacamata baca yang benar

Setelah memiliki kacamata orang tua, maka Anda perlu merawatnya dengan benar agar tetap nyaman dipakai dan fungsinya terjaga. Berikut ini cara merawat kacamata baca untuk presbiopi yang benar:
  • Bersihkan kacamata dengan kain dan cairan pembersih khusus secara berkala
  • Simpan kacamata di tempat yang bersih dan kering apabila sedang tidak dipakai
  • Hindari menaruh kacamata di dekat benda tajam atau di tempat yang berpotensi menyebabkan kacamata jatuh
Konsultasikan keluhan pada mata Anda dengan dokter terbaik secara mudah dan cepat melalui layanan live chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ di App Store dan Google Play sekarang juga. Gratis!
gangguan lansialansiakesehatan lansiarabunrabun tua
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/presbyopia/symptoms-causes/syc-20363328
Diakses 24 April 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/presbyopia#symptoms
Diakses 24 April 2019
American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/diseases/presbyopia-treatment
Diakses 24 April 2019
du Toit R. How to prescribe spectacles for presbyopia. Community eye health. 2006 Mar;19(57):12.WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/eyeglasses-eyes#1
Diakses 24 April 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait