Memilih Jenis Mainan Anak 4 Tahun yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembangnya

0,0
21 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu mainan anak 4 tahun yang direkomendasikan adalah mainan peranMemainkan peran lewat mainan dokter-dokteran dapat membantu melatih imajinasi anak
Memilih mainan anak 4 tahun tidak boleh sembarangan. Pada usia ini, anak-anak mulai melatih kemampuan bersosialisasi. Mereka mulai berbagi, mengajukan pertanyaan, dan menjalin persahabatan. Oleh karena itu, mainan yang diberikan sebaiknya mampu mendukung berbagai keterampilan baru ini, serta bisa mengasah kemampuan dan minat khusus anak.

Rekomendasi jenis mainan anak 4 tahun

Berikut adalah jenis-jenis mainan edukasi anak 4 tahun yang bisa Anda berikan untuk menunjang perkembangan si kecil.

1. Mainan untuk bermain peran

Mainan dokter-dokteran
Mainan dokter-dokteran dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak
Simulasi atau role play adalah jenis permainan untuk berpura-pura menjadi orang lain atau menjalankan profesi tertentu. Permainan ini memungkinkan mereka untuk bermain peran sehingga bisa melatih imajinasi dan meningkatkan kemampuan berceritanya.Jenis mainan anak 4 tahun yang bisa Anda belikan untuk menjalankan permainan ini, di antaranya:
  • Mainan dokter-dokteran
  • Mainan polisi
  • Mainan masak-masakan
  • Mainan boneka bertema
  • Mainan karakter kartun favorit
  • Mainan superhero.
Saat mengajak dan menemani anak bermain peran, pancinglah imajinasi mereka untuk membuat jalan cerita. Biarkan anak menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai tokoh yang ia perankan. Hal ini dapat melatih anak untuk berimajinasi, berempati, memecahkan masalah, dan bersosialisasi.

2. Mainan bongkar pasang

Mainan lego
Mainan lego dapat melatih kreativitas anak
Mainan bongkar pasang termasuk dalam daftar mainan edukasi anak 4 tahun. Jenis mainan ini dapat melatih kreativitas, ketelitian, dan imajinasi anak.Mainan bongkar pasang juga bisa melatih kekuatan dan keterampilan anak dalam menggunakan tangan sekaligus jari-jemarinya. Sebab, mereka harus menjepit, menekan, serta menggenggam dengan jari tangan saat memainkan mainan bongkar pasang.Beberapa jenis mainan anak 4 tahun yang masuk dalam kategori bongkar pasang adalah:
  • Mainan lego
  • Mainan play doh, lilin, atau tanah liat yang dapat dibentuk sesuai keinginan
  • Boneka-boneka yang dapat dibongkar pasang
  • Macam-macam puzzle
  • Macam-macam mainan yang perlu dirakit.
Jenis mainan untuk anak 4 tahun ini dianggap lebih tahan lama dan tetap bisa dimainkan saat anak bertambah usia.

3. Mainan kesenian

Mainan piano
Mainan piano termasuk mainan yang melatih kesenian anak
Anak usia 4 tahun biasanya sudah menunjukkan hobi dan kesukaannya. Salah satu jenis mainan anak 4 tahun yang cocok bagi mereka adalah mainan yang melatih kesenian anak, seperti:
  • Mainan peralatan musik, seperti piano, gitar, drum, dan sebagainya
  • Peralatan menggambar, seperti buku gambar, buku mewarnai, pensil warna, spidol, dan sebagainya
  • Papan tulis ukuran anak-anak dan spidol yang dapat dihapus.
Berbagai mainan edukasi anak 4 tahun ini diyakini dapat membantu melatih bakat dan keterampilan mereka. Tidak jarang anak yang telah menunjukkan minat dan bakatnya sejak usia dini, ditambah dengan pengarahan yang tepat, bisa tumbuh menjadi profesional di bidangnya.Untuk mengetahui minatnya, Anda juga dapat menanyakan jenis hobi yang ingin ditekuni si kecil dan membantunya mengasah lebih dalam kemampuannya.

4. Mainan untuk melatih fisik

Balance bike
Sepeda dapat melatih keseimbangan anak
Anak usia 4 tahun masih berada dalam masa tumbuh kembang. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk mendapatkan latihan fisik yang dibutuhkan supaya perkembangannya semakin optimal.Beberapa jenis mainan untuk anak 4 tahun yang bermanfaat melatih fisik, di antaranya:Jenis-jenis mainan edukasi anak 4 tahun di atas dapat membantu melatih fisik mereka, baik dalam bentuk kesehatan, kekuatan, keseimbangan, hingga ketangkasannya.Meski demikian, jenis mainan anak 4 tahun ini biasanya lebih rawan menyebabkan cedera, khususnya bagi anak-anak yang baru belajar memainkannya.Maka dari itu, penting sekali bagi anak-anak untuk menggunakan pelindung tubuh dan memastikan mereka selalu dalam pengawasan Anda saat memainkannya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
perkembangan anakmainan anak
Fatherly. https://www.fatherly.com/gear/best-gifts-4-year-olds/
Diakses 7 Mei 2021
Made for Mum. https://www.madeformums.com/reviews/10-of-the-best-toys-for-4-year-olds/
Diakses 7 Mei 2021
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/features/choosing-right-toys-for-right-age
Diakses 7 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait