Memilih Aliran Gerakan Senam Tai Chi yang Tepat Untuk Anda

Senam tai chi juga bisa dilakukan oleh anak muda
Senam tai chi tak kenal usia, jadi anak muda juga bisa melakukannya

Senam tai chi awalnya dikembangkan sebagai olahraga bela diri. Namun tai chi kini menjadi sebuah bentuk latihan olahraga yang sering digunakan untuk mengurangi stres dan berbagai keluhan kesehatan lainnya.

Dianggap sebagai bentuk meditasi dalam gerakan, tai chi mampu memberikan ketenangan lewat gerakan lembutnya yang terus mengalir.

Apa itu senam tai chi?

Senam tai chi berasal dari seni bela diri Cina kuno. Aktivitas fisik ini mempraktikkan rangkaian gerakan yang mesti dilakukan secara perlahan dan penuh konsentrasi, disertai dengan teknik bernapas dalam.

Disebut juga tai chi chuan, olahraga ini bersifat nonkompetitif dan lebih menitikberatkan pada latihan fisik individual serta peregangan. Setiap gerakan dalam senam tai chi akan berlanjut ke gerakan berikutnya dalam aliran yang lembut tanpa jeda, untuk memastikan tubuh tidak berhenti bergerak.

Senam tai chi terdiri dari beberapa aliran. Tiap aliran memiliki prinsip gerakan dan metode latihan masing-masing.

Ada aliran tai chi yang berfokus pada menjaga kebugaran dan kesehatan, dan ada juga aliran yang lebih berfokus pada sisi seni bela diri.

Meski sama-sama dianggap olahraga yang menekankan pada teknik bernapas dalam dan meditasi, tai chi berbeda dengan yoga.

Dalam yoga, seseorang mesti melakukan jeda bergerak untuk membentuk berbagai pose tubuh. Sebaliknya, dalam senam tai chi, orang yang melakukannya justru tidak boleh berhenti bergerak.

Manfaat berlatih senam tai chi

Tai chi termasuk olahraga low impact, yakni memberikan beban minimal pada otot dan persendian. Karena itu, senam ini aman dilakukan oleh orang dari semua kelompok usia serta tingkat kebugaran.

Senam tai chi bahkan sangat cocok bagi kalangan lanjut usia (lansia), yang seringkali memiliki pilihan jenis latihan fisik terbatas.

Kelebihan lain dari senam tai chi adalah biayanya yang murah dan tidak memerlukan perlengkapan khusus.

Ketika dipraktikkan dengan teknik yang benar dan dilakukan secara rutin, manfaat senam tai chi beragam bagi kesehatan Anda. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Berkurangnya tingkat stres, gangguan kecemasan, serta depresi
  • Memperbaiki suasana hati (mood)
  • Meningkatkan energi dan stamina
  • Meningkatkan kapasitas aerobik, yakni kemampuan tubuh untuk menghirup dan menggunakan oksigen ketika melakukan latihan kardio
  • Menambah kelenturan tubuh, keseimbangan, dan kelincahan
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu dalam menurunkan tekanan darah
  • Berpotensi meredakan sakit pada persendian
  • Membantu dalam mengurangi risiko terjatuh pada kelompok lansia

Cara mulai latihan dan memilih aliran senam tai chi

Tai chi merupakan senam yang secara umum aman dilakukan oleh siapa saja dan memiliki risiko yang sangat minim.

Para pemula yang baru mulai latihan tai chi mungkin akan mengalami pegal-pegal pada otot. Jika salah melakukan tekniknya, cedera pada persendian juga bisa saja terjadi.

Karena teknik senam tai chi berfokus pada postur tubuh dan gerakan yang tepat, akan cukup sulit bagi pemula untuk mempelajarinya sendiri. Apabila tertarik untuk memperlajari olahraga ini, Anda lebih baik ikut kelas tai chi dan melakukannnya di bawah bimbingan instruktur profesional.

Aliran senam tai chi yang bisa menjadi pilihan

Pada dasarnya, ada lima aliran tai chi. Tiap aliran ini memiliki gerakan yang bisa dimodifikasi sesuai tingkat kebugaran tubuh dan tujuan latihan.

Aliran senam tai chi yang bisa menjadi pilihan Anda meliputi:

  • Aliran Yang Tai Chi

Aliran senam tai chi ini berfokus pada gerakan perlahan yang anggun dan pada relaksasi. Aliran Yang Tai Chi ideal dilakukan oleh para pemula.

  • Aliran Wu Tai Chi

Wu Tai Chi menekankan gerakan mikro yang harus dilakukan dengan sangat perlahan.

  • Aliran Chen Tai Chi

Chen Tai Chi mempraktekkan gerakan cepat dan gerakan lambat, jadi terbilang cukup sulit bagi orang-orang yang baru belajar senam tai chi.

  • Aliran Sun Tai Chi

Sun Tai Chi mirip dengan aliran Chen Tai Chi. Namun praktik gerakan berjongkok membungkuk, menendang, dan memukul dalam aliran Sun Tai Chi lebih sedikit, sehingga lebih ringan dibanding Chen Tai Chi.

  • Aliran Hao Tai Chi

Aliran ini kurang populer dan jarang dipraktikkan. Pasalnya, Hao Tai Chi berfokus pada posisi dan gerakan yang harus akurat dan tenaga dalam.

Senam tai chi memang dianggap sebagai olahraga yang sangat aman. Tapi perempuan hamil, orang dengan masalah tulang dan persendian, serta orang yang memiliki kondisi kesehatan lainnya sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum latihan.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/tai-chi/art-20045184
Diakses pada 29 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/tai-chi-benefits
Diakses pada 29 April 2020

Artikel Terkait