Memeriksa Kesehatan dengan Alat Pengukur Tekanan Darah di Rumah

Tanpa perlu ke dokter, alat pengukur
Kini Anda bisa memonitor kesehatan sendiri dengan alat pengukur tekanan darah digital

Semakin bertambahnya usia, kesehatan pun harus semakin dijaga. Menjaga kesehatan tidak hanya untuk memperpanjang usia, tetapi juga memelihara tubuh tetap sehat dan bugar. Bagi lansia, salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan memeriksa kesehatan secara rutin.

Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk mengetahui dan mencegah adanya kondisi medis tertentu, seperti hipertensi. Hipertensi sangat rentan dialami oleh kaum lansia.

Umumnya, mengecek tekanan darah dilakukan di klinik atau rumah sakit. Tetapi kini, tidak perlu repot lagi karena Anda memeriksanya dengan pengukur tekanan darah yang bisa digunakan di rumah.

Alat pengukur tekanan yang bisa digunakan di rumah 

Seiring berkembangnya teknologi, alat pengukur tekanan darah semakin beragam dan Anda bisa menggunakannya di rumah.

Alat pengukur tekanan darah yang satu ini merupakan alat digital yang bisa Anda gunakan di bawa ke mana saja. Umumnya terdiri dari dua komponen utama yaitu, alat pengukur digital dan kain pelilit (atau kain pelilit dengan selang udara untuk versi yang lebih besar).

Cara menggunakannya mudah. Setelah menyambungkan selang ke alat pengukur, Anda tinggal lilitkan kain di pergelangan tangan (di lengan untuk versi besar)). Pastikan lilitan kain nyaman dan benar posisinya karena akan memengaruhi keakuratan tes. Setelah itu nyalakan alat. Anda akan merasakan lengan seperti diremas kuat-kuat. Setelah remasan berhenti, Anda dapat melihat hasilnya di layar monitor alat pengukur.

Namun, alat pengukur tekanan darah pada pergelangan tangan biasanya tidak seakurat alat pengukur tekanan darah yang sering digunakan oleh dokter di klinik atau rumah sakit. Karena itu Anda disarankan untuk mengukur ulang tekanan darah sekitar tiga kali, dengan interval waktu sekitar 2-3 menit dari tiap pengukuran ke pengukuran lainnya. Setelah itu Anda bisa mengambil nilai rata-rata.

Namun jika Anda mendapati hasil pengukuran tekanan darah Anda tidak normal setelah beberapa kali melakukan pengukuran, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih akurat. Karena pada dasarnya alat pengukur tekanan darah ini digunakan sebagai monitor kesehatan harian Anda.

Cara memilih alat pengukur tekanan darah di rumah yang tepat

Setelah mengetahui jenis-jenis alat pengukur tekanan darah yang bisa digunakan di rumah, Anda harus mengetahui hal-hal penting apa yang perlu diperhatikan saat ingin membeli alat ini, seperti:

  • Pastikan kualitas alat pengukur tekanan darah

Saat ingin membeli alat pengukur tekanan darah, pastikan alat tersebut sudah melewati uji coba atau standar yang ditetapkan mengenai akurasi perhitungannya.

  • Cocokkan ukuran kain

Setiap orang memiliki ukuran lengan yang berbeda, karenanya selalu pastikan bahwa alat yang Anda beli memiliki ukuran yang sesuai dengan lengan Anda. Ukuran kain yang salah bisa mempengaruhi akurasi perhitungan tekanan darah.

  • Pertimbangkan harga

Tidak hanya kualitas, pertimbangkan juga harga dari alat pengukur tekanan darah yang akan dibeli. Sesuaikan harga alat yang dipilih dengan bujet yang Anda punya.

  • Fitur-fitur yang ditawarkan

Beberapa alat pengukur tekanan darah memiliki fitur atau tambahan yang berbeda. Periksa apakah Anda membutuhkan fitur tambahan tersebut atau tidak dan apakah fitur tersebut sesuai untuk Anda.

Catatan dari SehatQ

Apabila alat pengukur tekanan darah di rumah menunjukkan bahwa Anda memiliki angka tekanan darah yang tinggi. Konsultasikan ke dokter untuk menjalani pemeriksaan ulang dan penanganan lebih lanjut.

Blood Pressure UK. http://www.bloodpressureuk.org/BloodPressureandyou/Homemonitoring/Choosingyourmonitor
Diakses pada 07 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/expert-answers/wrist-blood-pressure-monitors/faq-20057802
Diakses pada 07 November 2019

 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20373410
Diakses pada 07 November 2019

WebMD. webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/how-pick-home-blood-pressure-monitor#1
Diakses pada 07 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed