Bolehkah Memencet Mata Bisul Sendiri di Rumah?


Setelah beberapa waktu, bisul akan memiliki mata bisul. Meski muncul keinginan untuk memecahkannya sendiri, jangan lakukan karena justru bisa memperparah infeksi.

0,0
12 Jul 2021|Azelia Trifiana
Hindari memecahkan mata bisul sendiriHindari memecahkan mata bisul sendiri
Infeksi kelenjar minyak atau folikel rambut akibat bakteri akan menyebabkan munculnya bisul. Setelah beberapa waktu, benjolan kemerahan ini akan memiliki mata bisul. Meski muncul keinginan untuk memecahkannya sendiri, jangan lakukan karena justru bisa memperparah infeksi.Bahkan tidak menutup kemungkinan infeksi bisul ini akan meluas ke area lain. Jadi, apabila tidak terlalu parah maka Anda bisa memberikan penanganan seperti kompres hangat saja tanpa perlu intervensi medis.

Cara menghilangkan mata bisul oleh dokter

Terkadang apabila kondisinya cukup parah, cara menghilangkan mata bisul perlu ditangani langsung oleh dokter spesialis kulit. Untuk melakukannya, prosedur akan dilakukan dengan memberikan bius lokal ke area munculnya bisul.Setelah itu, dokter akan melakukan insisi atau memberikan sayatan pada bisul sehingga nanahnya keluar. Kemudian, akan diberikan kain kasa untuk mengeringkan nanah lebih tuntas lagi.Prosedur ini berlangsung singkat dan pasien bisa langsung pulang di hari yang sama. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik oles atau minum untuk mencegah penyebaran infeksi.

Bahaya menghilangkan mata bisul sendiri

Mungkin ada keinginan untuk menghilangkan mata bisul sendiri ketika sudah tampak bintik berwarna putih di bagian tengahnya. Namun, jangan pernah melakukannya. Sebab, memecah atau menekan mata bisul hanya akan menimbulkan peradangan yang lebih dalam lagi dan luka terbuka di kulit.Ketika ada luka terbuka, ini menjadi pintu masuk bakteri ke bisul dan juga ke aliran darah. Bukannya cepat sembuh, ini justru mengembalikan situasi ke titik awal, bahkan menjadi semakin parah.Tak hanya itu, memecahkan mata bisul sendiri di rumah juga meningkatkan risiko munculnya luka. Jadi, sebaiknya tunggu hingga mata bisul pecah dengan sendirinya setelah satu sampai dua minggu.Ada kalanya pula mata bisul ini tidak pecah dan mereda dengan sendirinya.Selama menunggu proses pemulihan, Anda bisa mengaplikasikan kompres hangat untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. Cara ini juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga proses penyembuhan berlangsung lebih cepat.

Bagaimana meredakan rasa nyeri yang aman?

Setelah tahu bahwa menghilangkan mata bisul sendiri adalah hal yang tidak disarankan, kadang rasa nyeri tetap mengganggu. Alternatifnya, coba lakukan beberapa hal ini yang boleh dilakukan:
  • Mengonsumsi ibuprofen untuk redakan nyeri dan bengkak
  • Memberikan kompres hangat selama 10-15 menit sebanyak 4 kali sehari
  • Memastikan area bisul dan sekitarnya tetap kering dan bersih
  • Hindari sering menyentuh mata bisul
  • Jika mata bisul sudah pecah, tutup dengan perban yang bersih
  • Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bisul
  • Membersihkan area bisul setiap kali mandi

Kapan harus ke dokter?

Bergantung pada kasusnya, perlu waktu antara 2-21 hari hingga bisul kering dan sembuh dengan sendirinya. Namun jika terus membesar dan keluhan semakin parah, sebaiknya jangan berdiam diri.Lalu, bagaimana menentukan kapan harus ke dokter dan kapan bisa ditangani sendiri di rumah? Setidaknya ini yang bisa menjadi indikator kapan harus memeriksakan diri ke dokter:
  • Rasa nyeri semakin parah
  • Bisul membengkak
  • Muncul bisul tambahan
  • Demam atau menggigil
  • Gangguan penglihatan
Selain itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter apabila bisul menjadi semakin banyak atau muncul kembali. Ini mungkin indikasi ada kondisi kesehatan lain seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Catatan dari SehatQ

Beberapa metode bisa membantu meredakan rasa nyeri sekaligus mempercepat pemulihan bisul. Namun, garis bawahi bahwa menghilangkan sendiri mata bisul dengan cara menekan atau memecahkan sangat tidak disarankan. Sebab, ini bisa memperparah luka serta membuat infeksi meluas.Jangan tunda pula penanganan bersama ahlinya apabila bisul disertai gejala lain seperti demam, menggigil, gangguan penglihatan, dan keluhan parah lainnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar prosedur menghilangkan mata bisul yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitmasalah kulitbisul
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327392#summary
Diakses pada 28 Juni 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/treat-boils-styes
Diakses pada 28 Juni 2021
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-boils
Diakses pada 28 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait