Membunyikan Jari Terdengar Menyenangkan Namun Sekaligus Berbahaya untuk Persendian


Kebiasaan membunyikan jari mungkin karena banyak orang suka dengan bunyinya. Biarpun tidak berbahaya, kebiasaan ini bisa melemahkan cengkeraman tangan

0,0
22 Sep 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kebiasaan membunyikan jari dilakukan mungkin karena banyak orang suka dengan bunyinyaSering membunyikan jari dapat melemahkan cengkeraman tangan
Membunyikan jari merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk sebagian orang. Sekitar 25-54 persen orang melakukannya untuk mengurangi ketegangan di jemari atau saat ingin melakukan pekerjaan berat. Melakukannya dengan sengaja sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit yang berbahaya. Namun, mungkin saja hal ini menyebabkan adanya radang sendi jika disertai dengan rasa nyeri.Sebagian orang melakukan ini karena merasa bunyi-bunyi tersebut akan membuat lebih banyak ruang pada bagian buku-buku jari. Namun, ada juga yang melakukannya saat merasa gugup atau ingin melampiaskan perasaan. Sayangnya, hal ini menjadi kebiasaan dan orang bisa melakukannya tanpa sadar.

Penyebab jari bisa dibunyikan

Alasan buku-buku jari bisa mengeluarkan bunyi sebenarnya belum bisa dijelaskan. Namun, banyak pendapat yang menyebutkan bunyi ini disebabkan oleh gas nitrogen atau karbondioksida yang terbentuk di sekitar sendi.Sebuah studi menyebutkan bahwa pembentukan suara ini bisa disebabkan oleh pembentukan rongga. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk pembentukan rongga baru sehingga dapat membuat bunyi lagi. Namun, belum ada penjelasan yang konkret tentang alasan suaranya bisa sangat keras.Membunyikan jari seharusnya tidak menimbulkan nyeri atau mengubah bentuk jari secara langsung. Namun, tarikan yang cukup keras mungkin akan melukai ligamen di sekitar sendi. Cedera akibat jari bunyi ini juga bisa disebabkan oleh masalah lain.

Efek samping membunyikan jari

Rasa nyeri yang mungkin muncul saat membunyikan jari bisa saja disebabkan oleh arthritis. Arthritis atau peradangan struktur sendi biasanya disertai rasa sakit, pembengkakan, serta kekakuan. Namun, sebuah studi menyebutkan bahwa hal tersebut belum tentu disebabkan oleh seringnya membunyikan jari.Sebanyak 18,1 persen partisipan dalam studi tersebut dilaporkan mengalami radang sendi pada tangan mereka akibat membunyikan jari. Namun, sekitar 21,5 persen partisipan yang mengikuti studi tersebut mengalami arthritis tanpa sering membunyikan jari. Dengan kata lain, radang sendi bisa saja disebabkan oleh membunyikan jari atau tidak.Sayangnya, masalah seringnya membunyikan jari tidak berhenti pada arthritis saja. Seringnya melakukan aktivitas ini mungkin juga akan membuat cengkeraman jari Anda melemah dari waktu ke waktu. Buku-buku jari yang sering dibunyikan akan menimbulkan kerusakan jaringan lunak sehingga membuatnya semakin lemah.Sebuah laporan menyebutkan bahwa mereka yang sering membunyikan jari menunjukkan peradangan yang lebih tinggi dan cengkeraman yang lebih lemah dibanding mereka yang tidak melakukannya. Penelitian ini melibatkan 300 partisipan yang berusia di atas 45 tahun. 

Tips berhenti membunyikan jari

Kalau Anda merupakan orang yang memiliki kebiasaan ini, mungkin tips di bawah ini bisa digunakan agar Anda berhenti membunyikan jari. Berikut beberapa cara menghilangkan kebiasaan membunyikan jari:
  • Selalu pikirkan bahaya sebelum melakukannya
  • Cari cara lain untuk melepas stres, seperti menarik napas panjang atau melakukan gerakan tubuh lainnya
  • Gunakan stress ball untuk membuat tangan Anda lebih sibuk
  • Jika sudah telanjur membunyikan satu atau dua jari, segera hentikan.
Jika kebiasaan ini masih sulit dihilangkan atau muncul gejala pada jari Anda, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan medis.

Catatan dari SehatQ

Biarpun membunyikan jari tidak berbahaya, kebiasaan ini mungkin akan menyebabkan radang sendi dan melemahnya jari-jemari Anda. Cobalah untuk menyibukkan tangan dengan meremas stress ball saat Anda sedang gugup atau cemas. Bangun kesadaran dari dalam diri untuk mulai menghentikan kebiasaan ini.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bahaya membunyikan jari, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
nyeri sendiartritispenyakit sendiradang sendi
Healthline https://www.healthline.com/health/cracking-knuckles
Diakses pada 7 April 2021
WebMD https://www.webmd.com/osteoarthritis/joint-cracking-osteoarthritis
Diakses pada 7 April 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/259603
Diakses pada 7 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait