Membuat Senyum Lebih Menarik, Bagaimana Cara Kerja Perapi Gigi?

(0)
28 May 2020|Azelia Trifiana
Clear aligner membantu membuat gigi lebih rapiClear aligner adalah salah satu perapi gigi populer
Berbagai opsi perapi gigi seperti kawat gigi atau yang populer belakangan berupa clear aligner punya fungsi sama, merapikan kondisi gigi atau rahang yang miring. Perbedaan keduanya adalah jika kawat gigi terbuat dari metal atau keramik, aligner terbuat dari plastik khusus. Seberapa efektifnya bergantung pada usia, kondisi gigi, dan perawatannya.Tak kalah penting, efektivitas menggunakan perapi gigi juga tergantung pada tiap individu. Seberapa disiplin mengikuti instruksi dari dokter gigi, seperti cara menyikat gigi hingga jadwal kontrol berkala.

Mengenal jenis perapi gigi

Dulu, kawat gigi menjadi pilihan perapi gigi yang paling efektif meski harus digunakan bertahun-tahun. Ketika orang berbicara tentang merapikan gigi atau rahang, maka yang terlintas pertama adalah kawat gigi.Namun sekarang, aligner transparan atau clear aligner juga menjadi pilihan. Dari kedua jenis perapi gigi ini, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
  • Kawat gigi

Perawatan kawat gigi dilakukan dengan memasang kawat di sepanjang gigi dan garis rahang. Kemudian, O-ring elastis menghubungkan kawat ini ke bracket. Bergantung pada kondisi gigi saat awal belum dimulai perawatan, terkadang ada yang perlu mencabut 1-2 gigi agar ada ruang cukup untuk bergesernya gigi.Mengingat kawat gigi perlu dipakai beberapa tahun, secara berkala akan disesuaikan posisinya. Tujuannya agar gigi bisa menjadi rapi sesuai ekspektasi.
  • Aligner

Berbeda dengan kawat gigi, aligner bisa dipasang dan dilepas kapan saja sepanjang hari. Pada orang yang memakai kawat gigi, dokter biasanya menyarankan memakai aligner selama beberapa bulan setelah lepas kawat gigi.Namun selain perawatan pasca-memakai kawat gigi ini, sekarang juga tersedia aligner transparan yang terbuat dari plastik khusus. Sebelum memasang aligner ini, dokter akan melakukan pemindaian digital untuk tahu posisi gigi pasien.Kemudian, foto gigi pasien dimasukkan dalam software sehingga bisa terlihat simulasi perubahan posisi gigi setelah kurun waktu tertentu. Biasanya, periode yang diperlukan mulai dari setahun. Selebritas dunia seperti Justin Bieber hingga Oprah Winfrey menggunakan teknologi aligner untuk merapikan gigi tanpa terlihat seperti halnya kawat gigi.

Siapkan dana lebih untuk perapi gigi

Berbeda teknologi, tentu berbeda pula dana yang harus disiapkan. Untuk kawat gigi, harganya bervariasi mulai dari 5 juta rupiah hingga puluhan juta. Semuanya bergantung pada kondisi gigi, pilihan brackets, kawat, dan lainnya.Sementara untuk aligner yang terbuat dari plastik khusus, biayanya lebih mahal mulai dari 70 juta rupiah. Namun bagi mereka yang memakai aligner, jadwal konsultasi berkala ke dotker gigi bisa 2-3 bulan sekali, lebih jarang ketimbang yang memakai kawat gigi.Pilihan untuk memakai perapi gigi kembali pada kebutuhan masing-masing. Sesuaikan dengan dana serta urgensi kondisi gigi atau rahang. Jika masih ragu, bertanya pertimbangan antara kawat gigi, aligner, atau jenis perapi gigi lain kepada dokter pun tak ada salahnya.Jangka waktu memakai perapi gigi hingga mendapatkan hasil sesuai harapan bisa berbeda pada tiap orang. Umumnya, untuk orang yang memakai kawat gigi perlu waktu 1-3 tahun. Semakin disiplin mengikuti instruksi dari dokter gigi, semakin singkat pula periode yang diperlukan.Sementara untuk clear aligner, biasanya gigi bisa menjadi rapi dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Asalkan tetap digunakan setiap hari dan dilepas saat akan makan dan menggosok gigi.

Adakah batas usia memakai perapi gigi?

Biasanya, orangtua memasangkan kawat gigi pada anak mereka ketika menginjak sekolah dasar atau saat berusia remaja. Semakin awal memulai perawatan perapi gigi, jaringan di sekitar rahang dan sekitarnya masih fleksibel untuk bergerak.Meski demikian, bukan berarti orang dewasa sudah terlambat jika ingin merapikan gigi. Tidak ada kata terlambat, meski memang ada kemungkinan pergeseran gigi lebih sulit bahkan ada perubahan posisi yang mustahil terjadi.Selain itu, pertimbangkan juga kondisi fisik saat menggunakan perapi gigi di usia dewasa. Apakah dalam waktu dekat ada kemungkinan untuk hamil atau masalah medis lain? Hal-hal seperti ini perlu dikonsultasikan kepada dokter gigi sebelum memutuskan memakai kawat gigi.

Catatan dari SehatQ

Tak kalah penting, pastikan selalu memprioritaskan kebersihan gigi dan mulut saat memakai perapi gigi. Baik itu kawat gigi maupun aligner. Utamanya bagi yang memakai kawat gigi, hindari makanan terperangkap di ruang antara kawat dan gigi. Biasanya, dokter akan menginstruksikan cara menggosok gigi khusus.Memakai perapi gigi bukan hanya soal meratakan gigi atau rahang saja, tapi bisa mengubah bentuk wajah. Lagi-lagi, bukan hanya soal estetika namun bisa berpengaruh pada kesehatan keseluruhan.
kesehatan gigikesehatan muluthidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-do-braces-work#summary
diakses 14 Mei 2020
AAO Info. https://www.aaoinfo.org/blog/braces-vs-clear-aligners/
diakses 14 Mei 2020
Dentistry Today. https://dentistrytoday.com/news/todays-dental-news/item/4750-clear-aligners-versus-brackets-in-adult-orthodontics
diakses 14 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait