9 Resep Membuat Hubungan Lebih Romantis dan Dekat


Membuat hubungan semakin romantis dan mesra bisa dilakukan oleh semua pasangan. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah dengan memberikan waktu me-time bagi pasangan, memiliki jadwal tidur bersama, hingga bertengkar secara dewasa.

0,0
01 Jun 2021|Azelia Trifiana
Membuat hubungan romantisKomunikasi yang terbuka membuat hubungan jadi lebih intim
Jika dibandingkan, menjaga hubungan romantis dan tetap hangat lebih sulit ketimbang memulainya. Namun, penting bagi tiap pihak tahu cara membuat hubungan lebih romantis. Bukan dengan terus menerus bersama, ikatan emosional bisa dipupuk justru ketika puas dengan pencapaian masing-masing.
Pencapaian ini bisa berarti banyak hal. Bukan hanya karir. Namun hal sesederhana  bisa melakukan hobi dan mendapat dukungan dari pasangan bisa sangat bermakna. Bayangkan jika yang terjadi sebaliknya, pasti hubungan terasa mengekang, bukan?

Cara mewujudkan hubungan romantis

Tentu setiap pasangan punya metode dan strategi berbeda ketika ingin mengupayakan hubungan agar tetap hangat. Apa yang efektif dan berhasil pada satu pasangan, belum tentu berlaku sama pada pasangan lain.Namun benang merahnya adalah saling respek terhadap satu sama lain. Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk membangun ikatan emosional dengan pasangan:

1. Me-time masing-masing

Namanya juga me-time, tentu artinya dihabiskan seorang diri. Bahkan ketika ingin hubungan jadi romantis, bukan berarti harus terus menerus berduaan setiap hari. Justru sebaliknya, habiskan waktu berkualitas sendiri-sendiri di luar momen “berpacaran”.Dengan cara ini, masing-masing pihak dalam sebuah hubungan bisa mendapat ruang untuk bernapas dan mengenali diri sendiri. Terlalu dekatnya dua insan justru bisa membuat hubungan menjadi hambar.Ketika seseorang merasa puas dengan waktu yang dialokasikan untuk dirinya sendiri, justru keintiman bisa membuncah. Bahkan, inilah yang disebut sebagai kunci suksesnya sebuah pernikahan.

2. Toleransi kebiasaan pasangan

Menikah tidak akan lantas mengubah pasangan menjadi sosok lebih baik. Atau setidaknya, menjadi individu yang sesuai keinginan Anda. Bukan itu. Pernikahan maupun hubungan asmara tidak akan bisa mengubahnya.Masih berkaitan dengan cara pertama, menghabiskan waktu masing-masing dapat membuat seseorang semakin toleran dengan kebiasaan buruk pasangan. Jika biasanya mudah marah, hobi atau quality time di luar waktu dengan pasangan akan meredakannya.Bonusnya, menghabiskan waktu masing-masing ini juga akan membuat rasa penasaran berkembang. Dengan demikian, obrolan pun akan lebih kaya dan juga dalam. Dinamika dalam sebuah hubungan romantis pun bisa terwujud.

3. Jadwal tidur bersama

Rupanya, tidur tidak berbarengan dapat berdampak pada meredupnya romantisme hubungan dengan pasangan. Padahal, ini adalah kunci hubungan yang lebih sehat.Tapi bagaimana jika masing-masing pihak dalam sebuah hubungan punya jadwal pekerjaan atau kesibukan yang berbeda drastis? Coba cari celah dari jadwal itu atau upayakan tetap tidur berbarengan saat waktu libur tiba.Faktanya, pola tidur tidak bersamaan ini berpotensi menimbulkan konflik, sulit mengobrol, bahkan frekuensi berhubungan seksual yang ikut menurun. Tentu, dampaknya pada ikatan emosional juga tak terbantahkan.Namun ingat, tidur berbarengan ini bukan berarti hanya berada di satu kasur yang sama dan tenggelam dalam kesibukan masing-masing, ya. Ini adalah awal untuk mulai saling bicara tentang hari yang telah dilalui atau pillow talk lainnya.

4. Bersikap vulnerable

Bukan berarti lemah atau manja, namun sikap vulnerable juga bisa jadi cara membuat hubungan lebih romantis. Ketika pasangan sudah saling terbuka tentang titik terlemah mereka, di situlah keintiman akan terbangun. Ini kerap disebut dengan blind spot dalam sebuah hubungan asmara.Bagaimana memulainya? Coba dengan saling terbuka tentang ketakutan terbesar. Dari situ, bisa dirunut apa pemicunya. Contohnya karena inner child yang berantakan. Proses ini akan saling membangun rasa percaya, bukannya malu atau sungkan mengakui.

5. Buat pengalaman berkesan

Rutinitas memang penting. Namun, tak kalah krusial adalah bagaimana membuat pengalaman berkesan dan tak terduga bersama pasangan. Penting sekali memasukkan spontanitas dalam sebuah hubungan, agar menambah ikatan emosional satu sama lain.Tak perlu heboh seperti naik gunung atau berlibur ke luar negeri. Bahkan aktivitas di rumah yang belum pernah dicoba sebelumnya bisa jadi cara memberi bumbu agar hubungan semakin hangat.

6. Pahami love language

Penting sekali untuk tahu apa love language pasangan. Ini bagaikan kunci rahasia untuk menaklukkan hati mereka. Bentuknya bisa berupa hadiah, quality time, kata-kata afirmasi, sentuhan fisik, dan juga act of service. Ketika sudah tahu apa yang merupakan bahasa cinta pasangan, jangan segan untuk memberikannya. Limpahi mereka dengan love language sesuai kepribadiannya.Setiap orang punya love language berbeda. Jadi, wajib hukumnya mengetahui apa milik pasangan dan menjadikannya alat komunikasi sehari-hari.

7. Bertengkar secara dewasa

Tak ada hubungan yang selalu mulus. Pasti ada konflik dan pertengkaran tentang hal kecil sampai yang berhubungan dengan prinsip. Mengingat gesekan ini tak terhindarkan, maka solusinya adalah menyelesaikannya secara dewasa.Ketika sedang tidak bertengkar, sepakati apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat ada konflik. Dengan adanya kesepakatan ini, akan jauh lebih mudah menemukan solusi meski sedang emosi sekalipun.

8. Nostalgia

Ada alasan mengapa mengenang masa lalu bisa membuat seseorang seakan lupa waktu. Jadikan momen bernostalgia tentang berbagai kenangan manis ini menjadi pemanis hubungan Anda dan pasangan. Aktivitas ini akan membuat mood menjadi sangat baik dan merupakan pengingat yang baik tentang mengapa kalian jatuh cinta.

9. Hargai kelebihan pasangan

Tentu tak ada manusia yang sempurna, termasuk pasangan Anda. Namun ketimbang menghabiskan waktu untuk merutuki apa yang tidak dimiliki pasangan, lakukan sebaliknya. Hargai apa kelebihan yang mereka miliki hingga membuat Anda merasa bersyukur memilikinya.

Beberapa teknik sederhana di atas bisa menjadi cara menjaga hubungan romantis, terlepas dari kesibukan, lamanya pernikahan, ada anak atau tidak, dan sebagainya. Mulai dari diri sendiri. Ketika selalu dipenuhi perasaan dan pikiran positif, maka hubungan pun akan menjadi semakin menyenangkan.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang pentingnya komunikasi dengan pasangan terhadap kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan seksualtips seksmenjalin hubungan
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/7-surprising-ways-to-make-your-relationship-better-5094212
Diakses pada 17 Mei 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/love-lies-and-conflict/202010/the-secret-energizing-your-long-term-relationship
Diakses pada 17 Mei 2021
The Gottman Institute. https://www.gottman.com/author/david-constantino-khalaf/
Diakses pada 17 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait