Membedah Manfaat Mugwort (Daun Baru Cina) untuk Kesehatan

(0)
05 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mugwort adalah daun yang banyak tumbuh di Eropa utara dan AsiaMugwort atau daun baru Cina punya manfaat untuk kesehatan
Mugwort adalah jenis tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Salah satu manfaat mugwort yang cukup populer adalah mengurangi berbagai keluhan menstruasi.Mugwort berasal dari Eropa utara dan Asia. Di Indonesia, mugwort dikenal dengan nama daun baru Cina. Tanaman ini bisa tumbuh dengan panjang sekitar 1-2 meter.Daun mugwort bentuknya memanjang dengan pertulangan yang menyirip. Permukaan bawah daun berwarna keputih-putihan karena terdapat bulu yang cukup lebat.

Manfaat mugwort bagi kesehatan

Mugworth telah lama dimanfaatkan sebagai obat-obatan dan menjaga kesehatan. Daun ini bahkan digunakan oleh tentara Romawi untuk meredakan nyeri pada kaki dengan meletakkannya di dalam sepatu.Beberapa manfaat mugwort yang cukup populer, di antaranya:

1. Melancarkan menstruasi dan mengatasi masalahnya

Mugwort dipercaya mampu melancarkan menstruasi, membuat siklus menstruasi lebih teratur, hingga mengatasi keluhan sakit akibat menstruasi.Daun baru Cina juga dianggap memiliki senyawa yang mampu membuat rahim berkontraksi. Itulah yang membuatnya bermanfaat dalam melancarkan menstruasi dan membantu proses persalinan.

2. Mengatasi gangguan-gangguan pencernaan

Khusus untuk pencernaan, manfaat mugwort adalah mengatasi mulas, muntah, diare, konstipasi (sembelit), dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Menenangkan saraf dan sejumlah masalah psikologis

Mugwort juga dianggap mampu menenangkan saraf, sakit kepala, epilepsi, dan sejumlah masalah tidur. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya bisa meredakan masalah-masalah psikologis, seperti kecemasan, depresi, dan hipokondria.

4. Punya kandungan antibakterial, antijamur, antioksidan

Kandungan senyawa kimia pada mugwort, seperti kamper, pinene, dan cineole, memiliki fungsi sebagai antibakterial, antioksidan, dan antijamur. Mugwort juga memiliki senyawa artemisinin yang memiliki sifat antitumor.

5. Bermanfaat untuk masalah kesehatan lainnya

Daun baru Cina juga dimanfaatkan untuk melancarkan buang air kecil, melancarkan peredaran darah, menambah energi, menjaga kesehatan hati, mengatasi gatal, penolak nyamuk, dan juga penambah rasa pada masakan.Perlu diingat bahwa penelitian seputar mugwort masih terbatas. Walaupun telah ada beberapa studi penelitian awal yang mendukung beberapa klaim manfaat mugwort, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya secara pasti.Oleh karena itu, sebaikya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya untuk menghindari berbagai efek samping yang bisa muncul.

Mengolah mugwort

Seluruh bagian dari tanaman mugwort bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Bagian yang tumbuh di atas tanah sering dimanfaatkan menjadi minyak esensial. Minyak ini dapat dijadikan aromaterapi atau dioleskan pada area tubuh yang sakit.Cara yang paling populer untuk menggunakan mugwort adalah melalui teknik moksibusi seperti dalam pengobatan tradisional Cina.Teknik ini dilakukan dengan menggulung tanaman herbal (daun baru Cina) menjadi berbentuk tongkat atau kerucut. Gulungan lalu dibakar dan didekatkan ke permukaan yang sakit, hingga asap atau hawa panasnya dapat terasa.Teknik moksibusi dianggap mampu merangsang titik akupuntur dengan hawa panas dan senyawa kimia herbal yang terdapat pada mugwort. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 bahkan mendukung keefektifan moksibusi, tepatnya terkait kondisi bayi sungsang.Peneliti mengungkapkan jika dikombinasikan dengan akupuntur, moksibusi dapat meminimalisir kelahiran caesar. Teknik ini juga mengurangi penggunaan oksitosin, yakni hormon yang befungsi memberi sinyal pada rahim untuk berkontraksi saat persalinan. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait keamanannya.Selain dibuat minyak esensial dan gulungan moksibusi, penggunaan lain dari mugwort adalah:
  • Bahan masakan
  • Ekstrak
  • Tingtur (konsentrat ekstrak herbal)
  • Daun kering (teh)
  • Pil atau suplemen
  • Tapal (kompres herbal)
  • Tonik dari akar mugwort
  • Rokok
  • Losion.

Efek samping mugwort

Penelitian tentang keamanan dan efek samping mugwort masih sangat terbatas. Namun demikian, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi daun baru Cina secara oral.Mugwort umumnya dimanfaatkan untuk membuat kontraksi rahim dan melancarkan menstruasi sehingga kemungkinan besar tanaman ini dapat meningkatkan risiko keguguran.Daun baru Cina juga bisa menyebabkan alergi bagi penderita jenis alergi lain yang satu kelompok dengan mugwort, seperti:
  • Anggota tanaman famili Asteraceae/Compositae: ragweed, krisan, marigold, aster, dan sebagainya
  • Kelompok “sindrom seledri-wortel-mugwort-rempah”: birch, seledri, adas, wortel liar, obat oseltamivir.
  • Kelompok tanaman artemisia lainnya seperti sage.
  • Lainnya: mustard putih, madu, royal jelly, kemiri, kacang pinus, zaitun, lateks, persik, kiwi, mangga, kacang Nangai, dan tembakau.
Orang-orang dengan kondisi khusus, seperti anak-anak, orang lanjut usia, penderita penyakit berat, atau orang dengan kekebalan tubuh rendah, harus sangat berhati-hati untuk mengonsumsi herbal, termasuk mugwort. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar keamanan penggunaan mugwort atau daun baru Cina, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbaltanaman obat
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/mugwort-benefits-side-effects-dosage-and-interactions-4767226
Diakses 22 September 2020
Cochrane Library. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD003928.pub3/full
Diakses 22 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-123/mugwort
Diakses 22 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait