Untuk Membayar Hutang Tidur Sejam Perlu 4 Hari, Ini Faktanya


Berdasarkan studi National Center of Neurology and Psychiatry Jepang, perlu waktu empat hari untuk benar-benar melunasi hutang tidur selama satu jam. Selain itu, tidur susulan ini tidak sama dengan memenuhi kebutuhan tidur tepat waktu sebagaimana mestinya.

0,0
06 Jul 2021|Azelia Trifiana
Usahakan untuk tidur pada waktunya agar tidak mengalami kurang tidurUsahakan untuk tidur pada waktunya agar tidak mengalami kurang tidur
Ketika ada kondisi yang membuat Anda mau tak mau harus terjaga semalaman, sebenarnya bisa saja hutang tidur itu dibayarkan keesokan harinya. Meski demikian, membayar utang dengan cara ini akan berbeda kualitasnya dengan tidur sesuai waktunya. Sebab, tubuh perlu waktu lebih lama untuk kembali pulih.Padahal, tidur adalah aktivitas saat otak memilah informasi sekaligus memulihkan kondisi tubuh. Di saat yang sama, tidur juga penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Bisakah membayar hutang tidur?

Berdasarkan studi National Center of Neurology and Psychiatry Jepang, perlu waktu empat hari untuk benar-benar melunasi hutang tidur selama satu jam. Selain itu, tidur susulan ini tidak sama dengan memenuhi kebutuhan tidur tepat waktu sebagaimana mestinya.Tak hanya itu, ada fenomena yang disebut dengan defisit tidur. Ini terjadi pada individu yang kondisi kurang tidurnya sangat kronis. Alhasil, akan semakin sulit melunasi utang tidur. Risiko mengalami gejala kurang tidur pun semakin meningkat.Defisit tidur yang sudah terjadi terus menerus akan menjadi kronis dan mustahil untuk melunasi utang tidur. Terlebih, ada pola pikir bahwa kurang tidur bisa dibayar nanti ketika akhir pekan tiba.Padahal, saat seseorang tidur terlalu lama saat hari Sabtu dan Minggu, akan sulit tidur tepat waktu di Minggu malam. Konsekuensinya, defisit akan terus berlanjut hingga pekan depannya.Terlalu banyak kehilangan waktu tidur akan membuat seseorang rentan mengalami masalah kesehatan, seperti:
  • Risiko menderita diabetes
  • Sistem kekebalan tubuh melemah
  • Tekanan darah tinggi
  • Hormon stres kortisol tinggi
  • Mudah marah
  • Risiko alami gejala depresi
  • Mengantuk saat beraktivitas
  • Muncul suicidal thought

Bagaimana menghindari hutang tidur?

Tidak semua orang punya keleluasaan untuk tidur ideal selama 7-9 jam setiap malamnya. Banyak faktor yang berperan mulai dari pekerjaan, tugas, kondisi medis, gangguan tidur, dan sebagainya.Untuk mengenali berapa waktu tidur yang ideal untuk Anda, coba dengarkan kondisi tubuh keesokan harinya. Idealnya, jumlah waktu tidur yang tepat ditandai dengan tubuh yang terasa segar saat terbangun keesokan harinya.Selain itu, secara alami tubuh akan mengenali sendiri ritme sirkadian kapan harus terjaga dan kapan harus tidur. Coba biarkan tubuh tidur sesuai kebutuhannya selama beberapa hari, tanpa diganggu urusan lain. Eksperimen ini bisa membantu mengenali kebutuhan tidur setiap harinya.Lalu, adakah tips yang bisa dilakukan ketika tak sengaja terjebak utang tidur?
  • Sempatkan tidur siang setidaknya selama 15 menit
  • Boleh tidur lebih lama di hari libur, tapi tetap bangun paling lambat dua jam dari waktu biasanya
  • Tidur lebih lama selama 1-2 malam
  • Tidur lebih awal keesokan harinya
Namun bagi yang mengalami utang tidur kronis, beberapa tips di atas mungkin tidak terlalu membantu. Perlu ada perubahan dalam jangka panjang, seperti:
  • Tidur 15 menit lebih awal setiap harinya hingga mencapai waktu ideal
  • Di akhir pekan, bangun siang tapi tidak lebih dari dua jam dari waktu normal
  • Simpan barang elektronik terpisah dari kamar tidur
  • Runut apa saja kegiatan di malam hari yang menyebabkan tidur terlambat
  • Berhenti menggunakan barang elektronik dua jam sebelum tidur
  • Pastikan cahaya kamar tidur cukup gelap
  • Hindari konsumsi kafein di malam hari
  • Tidak berolahraga dalam rentang waktu tiga jam sebelum tidur
  • Hindari tidur siang lebih lama dari 20 menit
Jika beberapa langkah perubahan gaya hidup di atas tidak membantu, bisa jadi ada faktor lain berupa gangguan tidur. Ini perlu dikonsultasikan langsung bersama dokter untuk mencari tahu penanganan yang tepat.

Tidur sama pentingnya seperti aktivitas lain

Banyak anggapan bahwa tidur berarti membuang waktu berharga untuk bekerja atau beraktivitas. Padahal, tidur itu sama pentingnya seperti aktivitas lain yang Anda lakukan ketika terjaga.Bahkan, seseorang yang cukup tidur akan memiliki daya ingat serta kemampuan menyerap informasi lebih baik. Lihat saja bagaimana seorang individu bisa lebih fokus di pagi hari jika tidur malamnya tercukupi.Ketika fokus, maka pekerjaan pun bisa tuntas lebih cepat. Bagaikan siklus, ini juga akan berpengaruh pada tuntasnya pekerjaan dan tidak ada alasan untuk begadang atau terjaga lebih lama demi menyelesaikannya.Tak hanya itu, tidur lebih lama ketika memungkinkan juga membuat tubuh tetap sehat. Kadar gula darah terjaga, jantung terlindungi, pola makan normal, serta tekanan darah pun terkendali.Apalagi saat tidur, tubuh juga melakukan regenerasi sel-sel dan jaringan tubuh serta mengoptimalkan massa otot. Tidur cukup juga sangat baik untuk sistem imun sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada kata terlambat untuk membebaskan diri dari jeratan utang tidur, bahkan yang kronis sekalipun. Lakukan perubahan gaya hidup serta jaga sleep hygiene demi kualitas tidur yang lebih baik.Meski ada keinginan untuk tidur sebentar saja demi menuntaskan pekerjaan dan begadang lebih lama, sebenarnya ini adalah hal yang kontraproduktif. Bukannya bisa menyelesaikan pekerjaan atau urusan, tubuh dan pikiran akan merasa kelelahan sehingga pekerjaan pun tak kunjung tuntas.Tidur adalah aktivitas yang sama pentingnya seperti segala urusan saat terjaga. Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengapa tidur cukup penting untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan tidurmasalah tidurpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/dr/sleep-deprivation/sleep-debt
Diakses pada 22 Juni 2021
Scientific Reports. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27775095/
Diakses pada 22 Juni 2021
Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/sleep-debt-and-catch-up-sleep
Diakses pada 22 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait