Membantu Regenerasi Kulit, Manfaat Rosehip Oil yang Sayang Dilewatkan

Manfaat rosehip oil untuk meregenerasi kulit didapatkan dari ekstrak buah dan biji tanaman mawar
Manfaat rosehip oil didapatkan dari buah dan biji tanaman mawar

Ada begitu banyak pilihan minyak yang baik untuk kesehatan kulit, dan salah satu yang populer adalah rosehip oil. Manfaat rosehip oil utamanya adalah dalam meregenerasi kulit dan membuat tekstur kulit lebih lembut.

Dulu, rosehip oil digunakan orang asli Amerika dan suku Maya untuk mengobati luka. Namun sekarang, manfaat rosehip oil semakin beragam, termasuk untuk kulit dan wajah.

Manfaat rosehip oil

Umumnya, rosehip oil mengandung linoleicalpha-linolenic, dan juga oleic acid. Kombinasi ini menjadikan rosehip oil bermanfaat sebagai anti-peradangan sekaligus bertindak sebagai antioksidan untuk menetralisir paparan radikal bebas dan stres oksidatif.

Beberapa manfaat rosehip oil untuk kulit di antaranya:

manfaat rosehip oil adalah mengatasi jerawat
Rosehip oil dapat membantu meredakan jerawat yang meradang

1. Mengatasi jerawat

Rosehip oil juga dapat mengurangi penyumbatan pori-pori dan pembentukan komedo. Bagi orang yang rentan berjerawat, manfaat rosehip oil dapat meredakan kulit yang kemerahan atau jerawat yang meradang.

2. Melembapkan kulit

Bagi orang dengan jenis kulit kering, manfaat rosehip oil yang satu ini bisa jadi cocok untuk kondisi kulit Anda. Rosehip oil dapat melembapkan kulit berkat kandungan linoleic acid di dalamnya. Kandungan ini merupakan komponen esensial dari ceramide, elemen utama pelembap kulit.

3. Memperlambat penuaan

Manfaat rosehip oil berikutnya adalah menunda penuaan berkat kandungan vitamin C di dalamnya yang cukup tinggi. Berkat kandungan vitamin C ini, rosehip oil memiliki sifat antioksidan dan dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV.

Selain itu, rosehip oil juga mengandung vitamin A yang dapat mengendalikan kondisi kulit dari tanda-tanda penuaan. Contohnya munculnya keriput dan juga warna kulit tidak rata.

4. Mencerahkan kulit

Cerah bukan berarti putih, namun rosehip oil dapat mengurangi hiperpigmentasi (bercak gelap pada area kulit). Dengan demikian, rosehip oildapat mencerahkan kulit apabila digunakan secara teratur.

5. Antibakteri

Kandungan rosehip oil juga bersifat antibakteri dan antijamur. Bahkan bagi penderita eksim atau masalah kulit lainnya, penggunaan rosehip oil dapat membuat kulit lebih terhidrasi dan mencegah infeksi. Namun tentunya penggunaannya perlu dites terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada iritasi.

6. Anti peradangan

Kandungan polifenol dan antosianin pada rosehip oil membantu dalam mengurangi peradangan. Selain itu kandungan vitamin E juga memiliki efek sebaga anti inflamasi. Rosehip oil dapat membantu meredakan iritasi seperti pada eksim, psoriasis, maupun infeksi kulit.

7. Mencegah selulit

Bagi ibu hamil, manfaat rosehip oil dapat mencegah selulit. Tentunya hal ini bisa terjadi apabila ibu hamil menggunakan rosehip oil secara berkala. Bagi yang sudah memiliki selulit pun, rosehip oil dapat menyamarkan. Namun untuk tahu aman tidaknya, lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

8. Mengobati luka

Apabila Anda memiliki luka yang tak kunjung sembuh, coba atasi dengan rosehip oil. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menurut hasil laboratorium, rosehip oil dapat menyamarkan luka.

Cara menggunakan rosehip oil

Manfaat rosehip oil untuk kesehatan kulit
Gunakan rosehip oil pada tahap akhir skincare routine Anda

Rosehip oil termasuk jenis kulit yang mudah diserap kulit. Minyak yang satu ini aman untuk jenis kulit apapun, namun ada baiknya melakukan tes terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi.

Cara menggunakan rosehip oil juga tentu tidak sembarangan. Ada banyak produk dalam rangkaian skincare pagi dan malam hari, dan urutan penggunaannya juga turut menentukan khasiatnya.

Aplikasikan rosehip oil pada tahap terakhir perawatan kulit Anda. Minyak seperti rosehip oil akan memberikan barrier pada kulit agar kelembapannya tetap terjaga. Untuk itu, pastikan mengaplikasikan minyak seperti rosehip oil di tahap paling terakhir.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan rosehip oil pada pelembap andalan. Namun ingat, masa kedaluwarsa rosehip oil cenderung singkat. Pastikan selalu menyimpannya di tempat sejuk dan tidak terkena cahaya matahari.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/rosehip-oil-for-face#how-to-use
Diakses 30 Januari 2020

Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a25179864/benefits-of-rosehip-oil/
Diakses 30 Januari 2020

Beautiful with Brains. https://www.beautifulwithbrains.com/use-rosehip-oil/
Diakses 30 Januari 2020

Artikel Terkait