logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Berbagai Alasan Mengapa Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Dianggap Penting

open-summary

Hubungan baik antara ayah dan anak perempuan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak hingga menaikkan performa akademis di sekolah.


close-summary

5

(4)

11 Nov 2019

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membangun kedekatan ayah dan anak perempuannya

Kedekatan ayah dan anak perempuannya diperlukan demi perkembangan anak

Table of Content

  • 7 alasan mengapa hubungan ayah dan anak perempuan penting
  • Cara membangun kedekatan ayah dan anak perempuannya

Ada anggapan bahwa anak perempuan itu lebih dekat dengan ibunya. Meski tidak semuanya demikian, kedekatan ayah dan anak perempuannya diperlukan demi mewujudkan perkembangan optimal bagi sang anak.

Advertisement

Sebaliknya, ketidakhadiran atau ketidakpedulian ayah pada anak perempuannya bisa memberikan dampak negatif pada kehidupan anak. Hal ini jelas berdampak buruk bagi perkembangan anak, terutama secara emosional. Lantas, bagaimana cara membangun kedekatan ayah dan anak perempuannya?

7 alasan mengapa hubungan ayah dan anak perempuan penting

Mulai dari meningkatkan kepercayaan diri hingga menjadi panutan yang baik, berikut adalah alasan mengapa sosok ayah bagi anak perempuannya dianggap penting.

1. Meningkatkan kepercayaan diri anak perempuan

Seorang ayah memiliki peranan penting dalam perkembangan psikologis anak perempuan sejak anak dilahirkan.

Saat ayah selalu menunjukkan kasih sayang dan mau menemaninya, anak perempuan dapat mengembangkan rasa percaya diri terhadap apa yang ia miliki.

2. Membangun citra tubuh yang baik

Citra tubuh adalah cara bagi seorang anak untuk memandang diri mereka secara fisik. Jika kepercayaan diri anak rendah, ia dapat memandang citra tubuhnya dengan buruk.

Dikutip dari Holippady, hubungan antara anak perempuan dan ayah yang terjaga dapat membantu anak membangun citra tubuh yang baik. Efek ini tak hanya terasa saat anak masih kecil, tapi bisa terbawa hingga ia beranjak dewasa.

3. Meningkatkan performa akademis di sekolah

Tahukah Anda bahwa kedekatan ayah dan anak perempuan dapat meningkatkan performa akademis anak di sekolah?

Sebuah studi yang dimuat dalam Academic Journal of Interdisciplinary Studies menjelaskan, perempuan yang memiliki hubungan sehat dengan ayahnya terbukti memiliki performa akademis baik di sekolah, dibandingkan dengan perempuan yang tidak dekat dengan ayahnya.

4. Mendukung anak perempuan untuk menjadi berani

Cinta ayah kepada anak perempuannya dipercaya dapat membuat anak lebih berani untuk melakukan banyak hal baru, seperti berolahraga, mencoba makanan baru, bepergian seorang diri, hingga melawan seorang bully di sekolah.

Sebab, seorang ayah dianggap sebagai sosok pelindung, penyelamat, dan pemecah masalah. Dengan mencontohkan ketiga aspek penting ini terhadap anak perempuan, ia bisa lebih berani untuk melakukan banyak hal positif di dalam hidupnya.

5. Mencontohkan sosok pasangan yang baik

Anak perempuan dianggap akan mencari pasangan yang memiliki kemiripan dengan ayahnya. Bukan dari segi fisik, melainkan sifatnya.

Maka dari itu, kasih sayang ayah kepada anak perempuannya dapat berdampak penting untuk kisah cinta anak di masa depan.

Jika seorang ayah ingin anak perempuannya memiliki pasangan yang baik di masa depan, maka jadilah sosok yang penyayang bagi anak perempuan. Dengan menunjukkan banyak hal positif, anak perempuan dapat mengharapkan hal yang sama dari pasangannya kelak.

6. Mengasah kemampuan interaksi sosial anak perempuan

Ketika seorang ayah sering berbincang dengan anak perempuannya, hal ini dipercaya bisa meningkatkan kemampuan interaksi sosial si anak di masa depan.

Kemampuan sosial ini dapat membuat anak perempuan lebih pandai dalam berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Terlebih lagi, sosok ayah bagi anak perempuannya dipercaya bisa membuat anak lebih mampu mengekspresikan perasaan, emosi, serta pikirannya.

7. Mengajarkan bagaimana seorang wanita diperlakukan oleh pria

Cinta ayah untuk anak perempuannya dapat mengajarkan anak bagaimana seorang wanita diperlakukan oleh pria.

Ayah yang penuh kasih sayang dan berperilaku baik terhadap istri serta anak perempuannya dianggap bisa memberikan contoh yang baik pada anak. Dengan begitu, anak perempuan bisa memilih pasangan yang tepat untuknya di masa depan. Ini juga menjadi salah satu alasan anak perempuan begitu mencintai ayahnya.

Baca Juga

  • Orang Tua Wajib Tahu, Tips Memilih Daycare yang Tepat
  • Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak yang Ampuh
  • Disleksia, Gangguan Belajar yang Membuat Anak Kesulitan Membaca dan Mengingat

Cara membangun kedekatan ayah dan anak perempuannya

Kedekatan ayah dan anak perempuannya sangatlah penting. Namun, sebagian ayah mungkin tidak mengerti cara membangun kedekatan yang baik dengan putrinya, apalagi jika sang anak sangat dekat dengan ibunya.

Akan tetapi, ubahlah pola pikir tersebut karena putri Anda pun memerlukan kasih sayang dari ayahnya juga. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kedekatan dengan putri Anda, di antaranya:

  • Mulailah sejak anak dilahirkan

Untuk menciptakan kedekatan dengan ayah dan anak perempuannya, mulailah sejak ia dilahirkan. Libatkanlah diri Anda dalam kehidupannya sejak awal dengan berperan aktif dalam membantu merawatnya.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersamanya sejak dini, maka semakin mudah untuk mempererat kedekatan Anda bersamanya nanti. Cobalah untuk mengganti popoknya, menggendongnya, atau menenangkannya ketika menangis.

  • Ajarkan anak hal-hal baru

Mengajari anak berbagai keterampilan baru dapat membangun kedekatan antara ayah dan anak perempuannya. Selain itu, hal ini juga dapat memberi rasa percaya diri pada anak untuk melewati tantangan apa pun.

Cobalah untuk mengajari anak membaca, mengendarai sepeda, memancing, melakukan pekerjaan rumah, ataupun hal lainnya yang bermanfaat bagi mereka.

  • Biarkan anak bercerita

Bangun kedekatan bersama putri Anda dengan lebih banyak mendengarkan dan membiarkannya bercerita pada Anda. Dengarkanlah apa yang ia pikirkan, impikan, dan harapkan dalam hidupnya.

Selain itu, jika anak berbagi mengenai hal yang bersifat pribadi, jagalah kerahasiaannya karena melanggar kepercayaannya dapat merusak hubungan antara Anda dan putri Anda.

  • Menciptakan momen menyenangkan bersama anak

Ciptakan momen menyenangkan bersama bersama putri Anda untuk membangun kedekatan dengannya. Seorang ayah dapat mengajak anak perempuannya untuk membeli boneka, es krim, ataupun berjalan-jalan di tempat kesukaannya.

Seiring bertambahnya usia, Anda dapat mengajak putri Anda menonton di bioskop, berenang, bersepeda, atau bahkan menonton konser. Membangun kenangan yang menyenangkan bisa membuat anak terus mengingatnya.

  • Terlibat dalam kehidupannya

Ayah harus secara aktif tertarik dan terlibat dalam kehidupan anak perempuannya. Jangan hanya sekedar bertanya mengenai hari-harinya, namun cari tahu pula apa yang diminati atau disenangi oleh anak.

Jika anak senang melukis, Anda dapat membelikannya berbagai perlengkapan melukis. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menghadiri acara atau kegiatan anak, seperti pertunjukan dramanya, pameran sains, ataupun konsernya.

Hal ini dapat membuat anak merasa dihargai dan penting sehingga bisa memperkuat kedekatan Anda bersama anak.

  • Tunjukkan kasih sayang pada mereka

Ketika anak membuat pilihan yang buruk, janganlah mengejek, mempermalukan, atau merendahkannya. Namun, bantulah ia untuk belajar dan tumbuh. Gunakanlah kondisi ini sebagai kesempatan dalam mengajari anak perempuan Anda dengan sabar, tenang, dan penuh kasih.

Ini bukan berarti bahwa Anda tidak mendisiplinkannya. Tetap jelaskan apa kesalahan anak, dan berilah saran agar ke depannya ia dapat lebih baik.

  • Menulis catatan dan surat

Hampir setiap gadis kecil menyukai kartu ucapan, catatan, dan surat. Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk menulis catatan atau surat untuk mengungkapkan kasih sayang dan rasa bangga Anda terhadapnya.

Ini akan sangat berarti bagi putri Anda yang akan ia ingat selama hidupnya. Jangan menggunakan kata-kata yang rumit agar anak lebih mudah mengerti.

Membangun kedekatan antara ayah dan anak perempuan mungkin tidak selalu mudah. Namun, jika dilakukan dengan benar maka akan terbangun ikatan yang kuat, dan menciptakan banyak kenangan yang menyenangkan bagi putri Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingorangtua

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved