Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membangun kedekatan ayah dan anak perempuannya
Kedekatan ayah dan anak perempuannya diperlukan demi perkembangan anak

Ada anggapan bahwa anak perempuan itu lebih dekat dengan ibunya. Meski tidak semuanya demikian, kedekatan ayah dan anak perempuannya diperlukan demi mewujudkan perkembangan optimal bagi sang anak.

Sebaliknya, ketidakhadiran atau ketidakpedulian ayah pada anak perempuannya bisa memberikan dampak negatif pada kehidupan anak. Hal ini jelas berdampak buruk bagi perkembangan anak, terutama secara emosional. Lantas, bagaimana cara membangun kedekatan ayah dan anak perempuannya?

Pentingnya ayah bagi anak perempuannya

Beberapa penelitian menunjukkan pentingnya ayah bagi anak pada setiap tahap kehidupannya. Kehadiran, peran, respons, keterlibatan, dan tanggung jawab ayah dianggap dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, kesejahteraan, dan perkembangan anak perempuannya.

Keterlibatan ayah dalam mengasuh anak perempuannya juga dapat membuat anak merasa percaya diri, berani mengambil risiko, dan melakukan eksplorasi. Selain itu, anak pun dapat memiliki harga diri yang tinggi, tidak takut akan kegagalan, dan prestasi yang lebih baik.

Di sisi lain, ketiadaan seorang ayah akan memberikan dampak negatif pada anak perempuannya, seperti memiliki banyak masalah dengan orang lain, sulit menyelesaikan masalah, psikologis yang buruk, cenderung mengalami depresi dan kecemasan, serta banyak mengonsumsi alkohol saat dewasa.

Ayah memainkan peran kunci dalam perkembangan psikologis anak perempuannya. Sebuah studi menunjukkan anak-anak perempuan yang mengalami depresi, memiliki hubungan yang kurang hangat, kedekatan emosional yang rendah, dan komunikasi bermasalah dengan ayahnya. Oleh sebab itu, seorang ayah harus mampu menyampaikan dukungan, cinta, dan perhatian pada putrinya.

Cara membangun kedekatan ayah dan anak perempuannya

Kedekatan ayah dan anak perempuannya sangatlah penting. Namun, sebagian ayah mungkin tidak mengerti cara membangun kedekatan yang baik dengan putrinya, apalagi jika sang anak sangat dekat dengan ibunya.

Akan tetapi, ubahlah pola pikir tersebut karena putri Anda pun memerlukan kasih sayang dari ayahnya juga. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kedekatan dengan putri Anda, di antaranya:

  • Mulailah sejak anak dilahirkan

Untuk menciptakan kedekatan dengan ayah dan anak perempuannya, mulailah sejak ia dilahirkan. Libatkanlah diri Anda dalam kehidupannya sejak awal dengan berperan aktif dalam membantu merawatnya.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersamanya sejak dini, maka semakin mudah untuk mempererat kedekatan Anda bersamanya nanti. Cobalah untuk mengganti popoknya, menggendongnya, atau menenangkannya ketika menangis.

  • Ajarkan anak hal-hal baru

Mengajari anak berbagai keterampilan baru dapat membangun kedekatan antara ayah dan anak perempuannya. Selain itu, hal ini juga dapat memberi rasa percaya diri pada anak untuk melewati tantangan apa pun.

Cobalah untuk mengajari anak membaca, mengendarai sepeda, memancing, melakukan pekerjaan rumah, ataupun hal lainnya yang bermanfaat bagi mereka.

  • Biarkan anak bercerita

Bangun kedekatan bersama putri Anda dengan lebih banyak mendengarkan dan membiarkannya bercerita pada Anda. Dengarkanlah apa yang ia pikirkan, impikan, dan harapkan dalam hidupnya.

Selain itu, jika anak berbagi mengenai hal yang bersifat pribadi, jagalah kerahasiaannya karena melanggar kepercayaannya dapat merusak hubungan antara Anda dan putri Anda.

  • Menciptakan momen menyenangkan bersama anak

Ciptakan momen menyenangkan bersama bersama putri Anda untuk membangun kedekatan dengannya. Seorang ayah dapat mengajak anak perempuannya untuk membeli boneka, es krim, ataupun berjalan-jalan di tempat kesukaannya.

Seiring bertambahnya usia, Anda dapat mengajak putri Anda menonton di bioskop, berenang, bersepeda, atau bahkan menonton konser. Membangun kenangan yang menyenangkan bisa membuat anak terus mengingatnya.

  • Terlibat dalam kehidupannya

Ayah harus secara aktif tertarik dan terlibat dalam kehidupan anak perempuannya. Jangan hanya sekedar bertanya mengenai hari-harinya, namun cari tahu pula apa yang diminati atau disenangi oleh anak.

Jika anak senang melukis, Anda dapat membelikannya berbagai perlengkapan melukis. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menghadiri acara atau kegiatan anak, seperti pertunjukan dramanya, pameran sains, ataupun konsernya.

Hal ini dapat membuat anak merasa dihargai dan penting sehingga bisa memperkuat kedekatan Anda bersama anak.

  • Tunjukkan kasih sayang pada mereka

Ketika anak membuat pilihan yang buruk, janganlah mengejek, mempermalukan, atau merendahkannya. Namun, bantulah ia untuk belajar dan tumbuh. Gunakanlah kondisi ini sebagai kesempatan dalam mengajari anak perempuan Anda dengan sabar, tenang, dan penuh kasih.

Ini bukan berarti bahwa Anda tidak mendisiplinkannya. Tetap jelaskan apa kesalahan anak, dan berilah saran agar ke depannya ia dapat lebih baik.

  • Menulis catatan dan surat

Hampir setiap gadis kecil menyukai kartu ucapan, catatan, dan surat. Oleh sebab itu, luangkanlah waktu untuk menulis catatan atau surat untuk mengungkapkan kasih sayang dan rasa bangga Anda terhadapnya.

Ini akan sangat berarti bagi putri Anda yang akan ia ingat selama hidupnya. Jangan menggunakan kata-kata yang rumit agar anak lebih mudah mengerti.

Membangun kedekatan antara ayah dan anak perempuan mungkin tidak selalu mudah. Namun, jika dilakukan dengan benar maka akan terbangun ikatan yang kuat, dan menciptakan banyak kenangan yang menyenangkan bagi putri Anda.

Psych Central. https://psychcentral.com/blog/a-fathers-presence-influences-on-his-daughters-development/
Diakses pada 04 November 2019

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/strengthening-father-daughter-relationships-1270127
Diakses pada 04 November 2019

Artikel Terkait