Mematahkan Mitos Merebus Air Matang Sebabkan Kanker


Selama air matang diambil dari sumber yang terjamin kebersihannya, tak masalah juga merebus air matang kembali. Bahkan, merebus air matang bisa dilakukan hingga dua, tiga, empat kali, dan seterusnya. Kondisi ini tidak menyebabkan keracunan atau bahkan memicu kanker.

0,0
11 Sep 2021|Azelia Trifiana
Merebus air matang boleh dilakukanMerebus air matang boleh dilakukan
Mengingat penyakit bisa juga terjadi ketika mengonsumsi air yang terkontaminasi, wajar jika ada pertanyaan seputar cara merebus air yang tepat. Selama air matang diambil dari sumber yang terjamin kebersihannya, tak masalah juga merebus air matang kembali.Bahkan, merebus air matang bisa dilakukan hingga dua, tiga, empat kali, dan seterusnya. Kondisi ini tidak menyebabkan keracunan atau bahkan memicu kanker.

Aturan merebus air yang aman

Ada mitos yang beredar bahwa merebus air akan membuat zat padat di dalamnya menyatu atau terkonsentrasi. Contohnya endapan berwarna putih yang terlihat di sisi teko setelah merebus air. Padahal, ini bukan hal berbahaya. Endapan berwarna putih ini merupakan kalsium.Selama tidak ada zat mencurigakan atau asing di air matang yang telah direbus, tak perlu khawatir.Tentu akan berbeda apabila air yang dikonsumsi mengandung arsenik, timbal, atau nitrat. Merebus akan meningkatkan konsentrasinya. Itulah mengapa, sumber air idealnya diperiksa keamanannya secara berkala.Sebab, ada banyak faktor yang membuat air terkontaminasi logam-logam berbahaya. Air tanah bisa mengandung nitrat karena endapan dari pupuk kimia. Sementara arsenik bisa datang dari polusi industri atau peternakan.Sementara timbal, kontaminasi juga bisa terjadi apabila pipa air berada di tempat yang dilapisi timbal. Kini, timbal memang tidak lagi digunakan dalam membangun pipa atau konstruksi rumah. Namun, rumah-rumah yang dibangun sebelum tahun 1986 bisa saja masih menggunakannya.

Bolehkah merebus air di microwave?

Cara paling umum merebus air biasanya adalah diletakkan di panci dan direbus hinggaa mendidih hingga air matang. Lalu, bagaimana dengan merebus air di microwave?Sebagai gambaran, microwave menggunakan gelombang elektromagnetik yang bergerak dengan cepat. Akibatnya, terjadi gesekan di antara molekul air sehingga bisa menghasilkan panas.Ada sebuah studi dari National Institute of Standards and Technology di Maryland AS yang menyoroti bagaimana pengaruh temperatur microwave terhadap air. Hasilnya terkonfirmasi, bahwa microwave dapat memanaskan air hingga mencapai temperatur mendidih.Meski demikian, perlu diingat bahwa gelombang elektromagnetik di microwave memanaskan molekul air secara acak. Artinya, apabila proses pemanasan kurang lama, maka mungkin ada kantong air mendidih di bawah lapisan air yang telah dingin.  Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi air matang yang direbus di microwave sebaiknya diaduk rata terlebih dahulu. Saat merebus pun, gunakan cangkir atau mangkuk khusus untuk microwave.Terlepas dari itu, ada pula kontroversi seputar penggunaan microwave. Ada anggapan bahwa gelombang elektromagnetik bisa memicu terjadinya kanker. Namun, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang menyimpulkan hal tersebut.

Waspada merebus air

Baik menggunakan kompor maupun microwave ingat bahwa merebus air adalah hal yang berisiko. Pastikan selalu menggunakan pelindung ketika mengangkat panci atau mangkuk dari microwave.Bukan hanya airnya, menghirup uap dari air panas juga bisa menyebabkan luka bakar. Jadi, pastikan tidak mendekatkan tangan dekat dengan air mendidih hingga suhunya mulai turun.Khusus untuk merebus air di microwave, beberapa langkah aman yang bisa dicoba adalah:
  • Gunakan mangkuk keramik atau kaca
  • Jangan tutupi mangkuk atau kontainer
  • Panaskan air dalam interval singkat
  • Menepuk pinggir mangkuk untuk melepaskan suhu panas yang terperangkap
  • Tempatkan objek yang tidak berbahan metal untuk mencegah air terlalu panas

Catatan dari SehatQ

Tidak ada yang salah atau berbahaya dari merebus air yang telah matang. Ini tidak akan membuatnya menjadi beracun atau meningkatkan risiko menderita kanker. Asalkan, sumber air memang sudah terjamin kebersihannya.Sementara untuk merebus air menggunakan microwave, idealnya untuk air dalam jumlah sedikit. Jika air terlalu banyak, cukup berisiko sebab panas dari microwave bisa saja tidak terdistribusi merata.Waspadai risiko kontaminasi logam berat dari air. Jadi, pastikan tahu betul dari mana sumber air yang dikonsumsi sehari-hari.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar risiko mengonsumsi air yang terkontaminasi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/re-boiling-water-doesnt-cause-cancer-2506464
Diakses pada 30 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/boil-water-in-microwave
Diakses pada 30 Agustus 2021
The Physics Teacher. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5846626/
Diakses pada 30 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait