Memang Ada Vitamin Penambah Berat Badan? Ini Penjelasannya

(0)
04 Jun 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Vitamin B merupakan salah satu vitamin penambah berat badanBeragam makanan yang mengandum vitamin B
Ada banyak orang yang mengklaim bahwa meningkatkan berat badan itu mudah. Namun, tidak sedikit juga yang kesulitan menaikkan bobotnya sampai rela mencoba banyak hal, salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin penambah berat badan.Vitamin penambah berat badan adalah berbagai jenis suplemen yang dikonsumsi dengan tujuan membuat metabolisme tubuh bekerja lebih efektif. Saat metabolisme efektif, nutrisi dari makanan dapat diserap oleh tubuh dengan lebih efektif pula.Meskipun demikian, vitamin-vitamin berikut hanya bisa mengatasi masalah berat badan jika Anda memang kurus karena defisiensi nutrisi. Untuk itu, vitamin berikut hanya disarankan untuk dikonsumsi setelah Anda berkonsultasi dengan dokter ataupun ahli gizi yang kompeten.

Apa saja jenis vitamin penambah berat badan?

Seperti yang disinggung sebelumnya, vitamin penambah berat badan yang dibutuhkan setiap orang mungkin berbeda-beda, tergantung kebutuhan tubuh masing-masing individu itu sendiri. Secara garis besar, terdapat dua jenis vitamin yang biasanya direkomendasikan dokter untuk menambah berat badan.

1. Vitamin B

Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol metabolisme energi. Vitamin B sendiri memiliki banyak bentuk, seperti vitamin B-12, biotin, folat, B-6, B-5 (asam pantotenat), B-3 (niacin), B-2 (riboflavin), dan B-1 (thiamin).Kekurangan vitamin B-12 misalnya, dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme protein dan lemak sehingga bisa dikoreksi dengan pemberian vitamin B-6 maupun folat. Sementara itu, thiamin dapat diberikan sebagai vitamin penambah berat badan bila orang tersebut terdeteksi mengalami kelainan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.Selain dari suplemen sintetis, vitamin B ini juga bisa didapat dari bahan-bahan alami, seperti daging dengan kandungan lemak rendah dan makanan laut. Gandum utuh, telur, produk susu, maupun buah-buahan, seperti pisang, apel, anggur, dan semangka, juga bisa dijadikan sumber alamiah untuk mendapatkan vitamin B.

2. Vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan tubuh sulit menyerap nutrisi dari makanan Anda konsumsi. Meminum vitamin penambah berat badan ini diharapkan dapat memperbaiki metabolisme tubuh dalam menyerap gizi tersebut sehingga bobot tubuh dapat meningkat dengan cara yang sehat.Selama mengonsumsi vitamin C, Anda sebaiknya juga menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok. Kandungan dalam rokok dapat meningkatkan risiko rendahnya kadar vitamin C dalam tubuh sehingga mengganggu penyerapan nutrisi makanan.Menariknya, hampir semua jenis buah dan sayur mengandung vitamin C, meski kandungan di dalamnya berbeda-beda. Beberapa sumber vitamin C alami yang dapat Anda coba adalah jeruk, buah kiwi, mangga, tomat, hingga brokoli, cabe, dan bayam.

Cara meningkatan berat badan lainnya

Tanpa konsumsi vitamin penambah berat badan pun, Anda sebetulnya bisa menempuh cara sehat untuk menaikkan bobot tubuh. Cara yang dimaksud meliputi:
  • Konsumsi lebih banyak kalori

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui kebutuhan kalori Anda sendiri per harinya, misalnya dengan aplikasi kalkulator kalori yang dapat diunduh gratis. Setelah itu, tambah 300-500 kalori hingga 700-1.000 kalori per hari jika Anda ingin mengalami kenaikan berat badan yang lebih cepat.
  • Konsumsi lebih banyak protein

Protein mengubah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi massa otot sehingga tubuh Anda bukan hanya akan penuh berisi lemak. Sumber protein yang baik, di antaranya daging, ikan, telur, produk susu, serta kacang-kacangan.Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang kaya protein. Namun, penggunaan suplemen ini sebaiknya dibarengi dengan olahraga, seperti latihan kardio maupun angkat berat.
  • Makan minimal 3 kali sehari

Untuk memastikan tubuh tidak kekurangan kalori, pastikan Anda makan minimal tiga kali sehari dengan menu yang tinggi karbohidrat serta lemak. Di antara dua waktu makan, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi camilan yang tinggi kalori.Itulah informasi seputar vitamin penambah berat badan dan cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bobot Anda. Apabila Anda masih kesulitan, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan masalah ini dengan dokter atau ahli gizi.
vitamintambah berat badan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322644
Diakses pada 21 Mei 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/447351-best-vitamins-to-gain-weight/
Diakses pada 21 Mei 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002404.htm
Diakses pada 21 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight
Diakses pada 21 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait