Memahami Titik Refleksi Sakit Pinggang Belakang untuk Atasi Otot yang Tegang


Memijat titik refleksi sakit pinggang belakang akan membantu mengurangi ketidaknyamanan. Namun, apabila sakit pinggang tak kunjung sembuh, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

0,0
28 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Memijat titik refleksi sakit pinggang belakang akan membantu mengurangi ketidaknyamananSakit pinggang belakang dapat disebabkan karena duduk terlalu lama
Sakit pinggang belakang merupakan salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami oleh orang dewasa. Biasanya penyebabnya karena kebanyakan duduk, posisi duduk tidak benar, kurang olahraga, serta terjatuh. Kompres menggunakan es atau air hangat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan, namun Anda juga bisa mencoba dengan pijat refleksi. Namun, sebelum memulainya ketahui terlebih dahulu titik refleksi sakit pinggang belakang agar perawatan yang Anda lakukan lebih efektif.

Bisakah sakit pinggang belakang diatasi dengan pijat refleksi?

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Miami yang ditulis dalam Jurnal Internasional Neuroscience menemukan bahwa pijat dapat mengurangi nyeri pinggang belakang, depresi, kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur. Peserta penelitian juga menunjukkan peningkatan kadar hormon serotonin dan dopamin lebih tinggi. Peneliti dari University of Michigan juga berkata demikian. Teknik akupresur yang dilakukan sendiri dapat mengurangi tingkat kesakitan pada pinggang belakang. Akupresur mirip dengan akupunktur, tetapi tidak menggunakan jarum namun menggunakan jari, ibu jari, atau alat untuk memijat titik-titik tertentu. Journal Pain Medicine melakukan penelitian kepada 67 orang dengan nyeri pinggang belakang kronis dan membagi peserta penelitian menjadi tiga kelompok. Kelompok tersebut diberi perlakuan berbeda, yaitu kelompok yang menggunakan akupresur relaksasi, akupresur stimulasi, dan kelompok yang mengikuti metode pengobatan yang ditentukan dari dokter. Dua kelompok yang menjalani akupresur melakukan pemijatan pada titik tertentu di tubuh dengan durasi 30 menit per hari selama 6 minggu. Hasilnya, kelompok yang menggunakan perawatan akupresur mengalami peningkatan kondisi dan merasa lebih baik setelah 6 minggu. Banyak pihak yang mengatakan bahwa akupresur atau pijat refleksi adalah cara yang paling aman untuk meredakan sakit punggung, pinggang bagian belakang, serta leher. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami manfaat akupresur. Akan tetapi, minimnya efek samping menjadikan akupresur pilihan menarik bagi mereka yang mencari perawatan berisiko rendah.Tetap beritahu dokter Anda saat mempertimbangkan akupresur sebagai perawatan sakit pinggang bagian belakang. Hal ini untuk membantu mencegah interaksi langka dengan perawatan yang lain.

Titik refleksi sakit pinggang belakang 

Di bawah ini merupakan beberapa titik refleksi sakit pinggang belakang:
  • Limpa (spleen) 6: terletak di kaki bagian dalam, tepatnya di atas pergelangan kaki. Titik ini ditargetkan untuk mengurangi sakit panggul, kelelahan, atau masalah tidur.
  • Lambung (stomach) 36: terletak selebar empat jari di bawah tempurung lutut. Titik ini dapat membantu mengurangi stres dan kelelahan.
  • Usus besar (large intestine) 6: terletak di bagian atas otot tempat ibu jari dan jari telunjuk bergabung. Titik ini dapat membantu mengurangi sakit kepala, sakit leher, dan stres.
  • Pericardium 6: terletak selebar tiga jari di bagian dalam pergelangan tangan. Melakukan pijatan pada titik ini dapat meredakan sakit kepala.
  • Kantung empedu (gallbladder) 21: terletak di tengah antara bagian atas leher dan bahu. Selain dapat mengurangi rasa sakit pinggang belakang, titik ini dapat meredakan pundak kaku, nyeri leher, serta sakit kepala.
  • Triple Energizer 3: stimulasi pada titik ini dapat membantu meredakan nyeri punggung atas, sakit kepala, leher kaku, dan nyeri bahu. Titik akupunktur ini terletak di lekukan antara jari manis dan kelingking.
  • Usus besar (large intestine) 10: terletak di sisi depan siku, titik ini dapat ditekan untuk meredakan nyeri bahu dan leher.
Selain menggunakan alat pijat, Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan bola tenis. Caranya bisa dilakukan sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh telentang sambal meletakkan dua bola tenis di bawah punggung tengah, satu di setiap sisi tulang belakang.
  • Tekuk lutut Anda dan letakkan telapak kaki menempel di lantai.
  • Perlahan gerakan diri Anda ke atas dan bawah sehingga bola tenis menggelinding di sepanjang punggung bawah Anda.
  • Gerakan diri Anda ke atas dan ke bawah dengan kaki untuk meredakan sakit dan meningkatkan tekanan dari bola tenis.

Tips melakukan refleksi pinggang belakang 

Akupresur atau refleksi dapat dilakukan oleh praktisi akupresur yang berkualifikasi atau mungkin Anda bisa mendapat manfaat serupa dengan melakukannya sendiri. Berikut ini beberapa tips saat melakukan pijat refleksi:
  1. Santai. Ambil nafas dalam-dalam, rilekskan rahang dan bahu, temukan posisi nyaman dan tutup mata Anda.
  2. Tekan dengan kuat pada suatu titik dalam gerakan melingkar naik atau turun selama sekitar 3 menit. 
  3. Ulangi gerakan sesering yang Anda suka karena tidak ada risiko medis tertentu saat terlalu menekan bagian titik akupunktur.
Jika pijat tidak meredakan sakit pinggang belakang dan kondisi ini berlangsung cukup lama, segera hubungi dokter untuk mendiagnosis dan membantu Anda mengatasi nyeri punggung.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang sakit pinggang belakang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sakit pinggangsakit punggungnyeri punggung
Spine Health. https://www.spine-health.com/wellness/massage-therapy/massage-therapy-lower-back-pain
Diakses pada 16 Agustus 2021.
Spine Universe. https://www.spineuniverse.com/treatments/alternative/can-therapeutic-massage-help-relieve-back-pain
Diakses pada 16 Agustus 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/how-self-administered-acupressure-can-reduce-back-pain
Diakses pada 16 Agustus 2021.
Spine Health. https://www.spine-health.com/blog/getting-right-massage-low-back-pain
Diakses pada 16 Agustus 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/back-pain/lower-back-massage#when-to-see-a-pro
Diakses pada 16 Agustus 2021.
Spine Universe. https://www.spineuniverse.com/treatments/alternative/acupuncture/acupressure-back-neck-upper-back-pain
Diakses pada 16 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait