Memahami Psikologi Klinis dan Cara Terlibat di Dalamnya

Psikologi klinis berfokus pada pengobatan gangguan emosional
Ilustrasi konsultasi bersama psikolog klinis

Meningkatnya ragam isu mengenai kesehatan mental mungkin membuat Anda semakin tertarik untuk mendalami bidang psikologi klinis. Agar lebih paham, simak penjelasan lengkap mengenai bidang psikologi yang satu ini.

Apa itu psikologi klinis?

Psikologi klinis merupakan cabang ilmu psikologi yang berfokus pada diagnosis dan pengobatan gangguan emosional, perilaku, serta masalah gangguan kesehatan mental.

Adapun masalah lain yang mungkin dapat diobati oleh ilmu psikologi klinis, di antaranya ketidakmampuan dalam belajar, stres berat, depresi, penyalahgunaan zat, gangguan kecemasan, dan gangguan makan.

Bidang ini mengintegrasikan ilmu psikologi dengan pengobatan masalah rumit yang dapat dialami oleh manusia. Ilmu ini menjadi hal yang menarik bagi sebagian orang yang ingin mempelajari perilaku manusia dan bekerja di bidang ini.

Menjadi psikolog klinis

Untuk berkecimpung dan terlibat lebih jauh dalam dunia psikologi klinis, psikolog klinis adalah pilihan karier yang perlu Anda ambil.

Psikolog klinis memiliki fokus utama untuk mengatasi masalah mental kronis, seperti skizofrenia dan gangguan bipolar. Tidak hanya itu, seorang psikolog klinis juga menangani masalah kesehatan mental yang lebih rigan, seperti gangguan kecemasan, stres, hingga depresi.

Setiap psikolog klinis akan bekerja dalam berbagai kapasitas. Misalnya, ada psikolog klinis yang bekerja langsung dengan klien dan menjalankan pelayanan terapi pribadi.

Psikolog klinis jenis ini biasanya menawarkan layanan rawat jalan jangka pendek dan panjang kepada klien yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi tekanan psikologis.

Sementara itu, seorang psikolog klinis di lingkungan sekolah akan bertugas untuk membantu anak-anak yang tengah mengalami kesulitan untuk belajar.

Di universitas, seorang psikolog klinis dapat membantu mahasiswa dalam membuat keputusan masa depan karier mereka. Profesi ini juga akan membantu mahasiswa untuk dapat tetap sehat secara emosional dan mencapai target akademiknya.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah beberapa peran seorang psikolog klinis di masyarakat secara garis besar.

  • Melakukan penilaian dan diagnosis pada gangguan psikologis.
  • Melakukan pengobatan gangguan psikologis. Hal ini juga termasuk masalah kecanduan alkohol dan narkoba.
  • Menawarkan kesaksian dalam ranah hukum yang berkaitan dengan psikologi klinis.
  • Membantu klien menentukan rencana dan tujuan.
  • Mengajarkan ilmu psikologi di universitas.
  • Melakukan penelitian yang berkaitan dengan ilmu psikologi klinis.
  • Membuat dan mengelola program untuk mencegah dan mengobati masalah sosial.

Ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan oleh psikolog klinis dalam menjalani tugasnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang digunakan.

1. Pendekatan psikodinamika

Perspektif ini percaya bahwa pikiran bawah sadar berperan penting pada perilaku seseorang. Psikolog klinis yang menggunakan terapi ini dapat menggunakan teknik seperti asosiasi bebas untuk menyelidiki motivasi yang tidak disadari klien.

2. Perspektif perilaku kognitif

Psikolog klinis yang menggunakan perspektif ini akan melihat bagaimana perilaku, pemikiran, dan perasaan klien saat berinteraksi. Terapi kognitif-perilaku sering berfokus pada perubahan pikiran dan perilaku yang berkontribusi terhadap tekanan psikologis.

3. Perspektif humanistik

Perspektif humanistik ini merupakan pendekatan yang memandang klien sebagai manusia dan berfokus pada hal-hal yang melekat pada manusia seperti aktualisasi diri.

Bagaimana cara menjadi psikolog klinis?

Jika bidang psikologi klinis adalah hal yang menarik bagi Anda dan ingin menjadi psikolog klinis, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lalui.

Psikolog klinis harus memiliki gelar doktor dalam bidang psikologi dan menerima pelatihan dengan latar belakang klinis. Persyaratan pendidikan untuk dapat bekerja sebagai psikolog klinis cukup ketat dan memerlukan waktu yang panjang.

Sebagian besar psikolog klinis menghabiskan sekitar empat hingga enam tahun di pascasarjana setelah mendapatkan gelar sarjana. Setelah menyelesaikan program pascasarjana terakreditasi, calon psikolog Kkinis juga harus menyelesaikan pelatihan yang diawasi dan ujian.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai psikologi klinis dan menjadi seorang psikolog klinis. Menjadi seorang psikolog klinis dapat membantu Anda dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental.

Verywell mind
https://www.verywellmind.com/what-is-clinical-psychology-2795000#opportunities
Diakses 4 Mei

Career in psychology
https://careersinpsychology.org/becoming-a-clinical-psychologist/
Diakses 4 Mei

All psychology schools
https://www.allpsychologyschools.com/clinical-psychology/job-description/
Diakses 4 Mei

Artikel Terkait