Memahami Penyebab Jantung Bocor pada Orang Dewasa dan Bayi

(0)
07 Apr 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Penyebab jantung bocor pada orang dewasa umumnya terkait dengan kebocoran katup jantungJantung bocor biasanya dikaitkan dengan kebocoran katup jantung dan lubang di jantung yang tak tertutup
Pernahkah Anda mendengar istilah jantung bocor? Kondisi ini merupakan salah satu masalah jantung yang paling sering dicari di dunia maya. Penyebab jantung bocor umumnya dikaitkan dengan dua kondisi yang berbeda, yakni kebocoran katup jantung dan lubang di jantung yang tidak tertutup dengan sempurna setelah lahir.Kebocoran katup jantung merupakan penyebab jantung bocor yang kerap diasosiasikan pada orang dewasa. Sementara itu, lubang di jantung yang tidak tertutup sempurna merupakan masalah jantung yang umumnya dialami oleh bayi baru lahir dan anak-anak.

Penyebab jantung bocor pada bayi

Jantung bayi
PFO merupakan penyebab jantung bocor pada bayi
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab jantung bocor pada bayi adalah lubang di jantung yang tidak tertutup dengan sempurna. Kondisi ini juga dikenal dengan patent foramen ovale (PFO). Penderita PFO umumnya tidak menunjukkan ciri-ciri jantung bocor pada bayi alias tidak bergejala.PFO merupakan lubang yang terletak di antara serambi kiri dan kanan jantung. Lubang ini sebenarnya dimiliki oleh semua orang sebelum lahir, tapi biasanya langsung menutup beberapa saat setelah lahir. PFO terjadi ketika lubang tersebut gagal menutup secara alami setelah bayi lahir.

Penyebab, gejala, dan komplikasi PFO

Bagi kebanyakan penderitanya, PFO bukanlah masalah yang serius, walaupun sebenarnya darah bocor dari serambi kanan ke serambi kiri jantung. Namun, penyebab jantung bocor pada bayi ini bisa menimbulkan bahaya ketika darah yang bocor mengandung gumpalan atau pembekuan darah.Hingga saat ini, penyebab PFO belum diketahui. Begitu pula dengan faktor-faktor risikonya. Masalah jantung bocor ini bisa diidentifikasi bersama dengan kelainan jantung lainnya, seperti jaringan Chiari atau aneurisma septal atrium (atrial septal aneurysm).Dalam mayoritas kasus PFO pada bayi, kondisi ini tidak menimbulkan gejala jantung bocor apa pun sehingga biasanya baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan jantung.PFO umumnya tidak menyebabkan komplikasi berbahaya. Namun, sejumlah studi menemukan bahwa kondisi ini memiliki kaitan dengan migrain dengan aura. Bahaya jantung bocor lainnya karena PFO adalah risiko yang lebih tinggi mengalami transient ischemic attack (TIA) atau stroke ringan, stroke, dan penyakit jantung.Ketika terjadi peningkatan tekanan pada serambi kanan jantung, kondisi ini memungkinkan bekuan darah atau partikel padat lainnya dalam darah pindah dari sisi kanan ke kiri jantung melalui PFO, lalu bergerak ke otak (yang menyebabkan TIA atau stroke) atau ke arteri koroner (yang menyebabkan serangan jantung).Dilansir dari Cleveland Clinic, TIA atau stroke kadang menjadi ciri-ciri jantung bocor atau PFO pertama. Penderita yang usianya di bawah 55 tahun dan mengalami stroke tanpa sebab, kemungkinan besar memiliki PFO. Golongan ini juga lebih mungkin mengalami trombosis vena dalam (DVT).

Penyebab jantung bocor pada orang dewasa

Katup jantung
Kebocoran katup jantung merupakan penyebab umum jantung bocor
Kebocoran katup jantung dapat terjadi tanpa disadari penderitanya. Kondisi yang umumnya menjadi penyebab jantung bocor pada orang dewasa ini juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari ringan hingga berat.Tingkat keparahan kebocoran katup jantung bergantung pada seberapa parah masalah ini mengganggu aliran darah normal melalui jantung.Ada empat katup dalam jantung, yakni aorta, mitral, pulmonal, dan trikuspid. Seluruh katup tersebut bisa bocor, yang artinya setelah jantung memeras dan memompa darah, sebagian darah tersebut akan merembes melalui katup. Kebocoran katup jantung ini juga disebut sebagai regurgitasi katup jantung.Dalam kondisi ini, biasanya tidak ada gejala jantung bocor yang terjadi, bahkan banyak orang sehat memiliki satu atau lebih katup jantung yang sedikit bocor.Kebocoran katup jantung dianggap parah jika sampai mengganggu aliran darah dari jantung ke organ-organ tubuh lainnya. Bahaya jantung bocor yang perlu diwaspadai dari kondisi ini adalah munculnya gejala gagal jantung, seperti sesak napas dan pembengkakan kaki atau retensi cairan yang terjadi di bagian tubuh lainnya.Selain itu, ada sejumlah gejala jantung bocor pada orang dewasa lainnya yang bisa terjadi:
  • Sakit kepala
  • Jantung berdebar
  • Palpitasi jantung
  • Kelelahan.
Namun, ada kalanya katup jantung bocor yang cukup parah tidak menimbulkan gejala apa pun.

1. Kebocoran katup aorta

Penyebab jantung bocor pada orang dewasa dapat dibedakan berdasarkan jenis kebocoran katup yang terjadi. Untuk kebocoran katup jantung aorta, kemungkinan penyebabnya meliputi:
  • Katup aorta bikuspid, yang artinya katup memiliki dua penutup dibandingkan tiga dalam kondisi normal.
  • Infeksi katup jantung, yang juga dikenal dengan endokarditis
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung rematik
  • Sindrom Marfan.
Kebanyakan penderita kebocoran katup aorta hanya membutukan pemeriksaan rutin. Jika kondisi ini tergolong parah, penderitanya dapat menjalani perawatan berupa obat-obatan hingga operasi untuk mengganti atau memperbaiki kebocoran katup aorta.

2. Kebocoran katup mitral

Untuk kebocoran katup jantung mitral, berikut adalah sejumlah kemungkinan penyebab jantung bocor:
  • Prolaps katup mitral (katup jantung tidak tertutup dengan baik)
  • Endokarditis
  • Pembengkakan jantung atau kardiomiopati karena tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, atau penyebab lainnya
  • Penyakit jantung rematik.
Sebagian penderita kebocoran katup mitral tidak membutuhkan perawatan. Sama seperti kebocoran katup aorta, kondisi ini umumnya hanya memerlukan pemeriksaan rutin.Perawatan berupa obat-obatan juga tidak direkomendasikan, kecuali jika ada gagal jantung yang parah. Operasi untuk memperbaiki atau mengganti katup mitral yang bocor dapat meningkatkan kualitas hidup sebagian penderitanya.

3. Kebocoran katup pulmonal

Kebocoran katup pulmonal umumnya tidak menyebabkan masalah. Kondisi ini bahkan bisa ditemukan pada orang dewasa yang sehat. Dalam beberapa kasus langka, kebocoran katup jantung pulmonal dapat menyebabkan sejumlah masalah. Berikut adalah beberapa kemungkinan pemicunya:
  • Peningkatan tekanan darah di pembuluh darah pulmonal (hipertensi pulmonal)
  • Riwayat operasi di waktu kecil untuk memperbaiki kelainan jantung parah.
Kondisi katup jantung bocor ini biasanya tidak membutuhkan perawatan. Yang seharusnya perlu diperhatikan adalah kondisi yang bisa menyebabkan masalah ini.

4. Kebocoran katup trikuspid

Terakhir, kebocoran jantung trikuspid dapat ditemukan secara tidak sengaja. Kondisi ini biasanya tidak menyebabkan masalah dan tidak membutuhkan perawatan.Kebocoran katup jantung tricuspid yang sedang atau parah dapat disebabkan oleh hipertensi pulmonal. Ada banyak penyebab tekanan darah tinggi ini, tapi yang paling utama adalah gagal jantung kongestif.Kondisi katup jantung bocor ini bisa diatasi saat operasi untuk memperbaiki kebocoran katup jantung lainnya. Operasi perbaikan katup jantung trikuspid umumnya memiliki hasil yang lebih baik ketimbang menggantinya.Itulah sejumlah penyebab jantung bocor pada orang dewasa dan bayi. Meski pada umumnya masalah jantung bocor tidak berbahaya, Anda sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan jantung secara rutin untuk mencegah kemungkinan buruk yang dapat terjadi.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah jantung, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit jantungkatup jantungpenyakit katup jantung
Web MD. https://www.webmd.com/heart/leaky-heart-valve-symptoms-causes-treatments
Diakses pada 24 Maret 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17326-patent-foramen-ovale-pfo
Diakses pada 24 Maret 2021
Heart. https://www.heart.org/en/health-topics/congenital-heart-defects/about-congenital-heart-defects/patent-foramen-ovale-pfo
Diakses pada 24 Maret 2021
Penn Medicine. https://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/patient-information/conditions-treated-a-to-z/patent-foramen-ovale#:~:text=Patent%20foramen%20ovale%20(PFO)%20is,after%20a%20baby%20is%20born.
Diakses pada 24 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/patent-foramen-ovale/symptoms-causes/syc-20353487
Diakses pada 24 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait