Kenal Orang dengan Gangguan Psikotik, Apa yang Harus Dilakukan?

Gejala umum gangguan psikotik adalah mood sulit ditebak dan menarik diri dari pergaulan sosial
Bila orang terdekat Anda mengalami gangguan psikotik, ajak untuk berkonsultasi ke ahli kesehatan mental

Bagi sebagian orang, memisahkan antara realita dan halusinasi bukan perkara sepele. Ya, ini adalah masalah besar bagi orang-orang dengan gangguan psikotik. Masalahnya, terkadang orang-orang dengan gangguan psikotik tidak menyadari apa yang terjadi.

Faktanya, semakin dini gangguan psikotik terdeteksi akan semakin besar harapan untuk menyembuhkannya. Tentu saja, proses penyembuhan orang dengan masalah kesehatan mental seperti psikosis perlu kerja sama dari orang-orang di sekitarnya.

Mengidentifikasi gangguan psikotik

Faktor yang membuat gejala gangguan psikotik sulit terdeteksi adalah wujudnya yang tidak spesifik. Terkadang dalam berinteraksi dengan orang lain, sulit mengetahui apakah seseorang memang mengalami gangguan psikotik atau tidak.

Untuk itu, penting mengetahui gejalanya yang umumnya berupa:

  • Mood tidak bisa ditebak
  • Menarik diri dari pergaulan sosial
  • Tidak ada minat dengan hal-hal di sekitar
  • Sulit menikmati momen
  • Tidak berprestasi di sekolah atau kantor
  • Sulit tidur

Banyak gejala yang tampak umum, bukan? Rasanya hal-hal di atas bisa dialami siapapun, terlepas dari apakah ia mengalami gangguan psikotik atau tidak.

Meski demikian, para pakar dari Departemen Psikiatri UNC School of Medicine menambahkan gejala gangguan psikotik. Orang yang mengalaminya cenderung merasa paranoid dan merasa melihat atau mendengar sesuatu yang orang lain tidak rasakan.

Kapan harus mengambil tindakan?

Orang yang mengalami gangguan psikotik bisa terpicu dari banyak hal. Masa lalu yang buruk, kekerasan yang dialami, konsumsi obat-obatan terlarang, hingga trauma dan depresi bisa menjadi faktor risiko.

Sangat jarang seseorang yang menderita gangguan psikotik bisa dengan mudah mencari bantuan seorang diri. Perlu dukungan dari orang terdekat yang ada di sekitarnya.

Dengan demikian, Anda perlu tahu kapan seseorang dengan gangguan psikotik memerlukan pertolongan darurat. Contohnya ketika mereka:

  • Terpikir untuk bunuh diri
  • Mendengarkan bisikan gaib yang meminta melukai diri sendiri
  • Merasakan cemas yang tidak bisa dikendalikan
  • Bereaksi tidak biasa terhadap pengobatan mental
  • Tidak bisa mengontrol rasa marah
  • Merasa sangat bingung, disorientasi, dan perilaku yang aneh

Ketika seseorang sudah mencapai tahap seperti yang disebutkan di atas, itulah saatnya mencari bantuan sesegera mungkin dari dokter maupun ahli kesehatan mental.

Bagaimana menghadapi orang dengan gangguan psikotik?

Sangat wajar jika Anda tak tahu apa yang harus dilakukan ketika menghadapi orang dengan gangguan psikotik. Mood yang tak bisa ditebak membuat Anda sulit mengetahui apa langkah yang harus diambil.

Ketika sudah mengambil langkah medis pun, terkadang penderita gangguan psikotik cenderung resisten dan menolak keras. Jika begini situasinya, apa yang bisa dilakukan?

  • Cooling-off period

    Jaga jarak emosi antara Anda dengan orang yang menderita gangguan psikotik. Meskipun Anda bermaksud memberikan rasa nyaman sekalipun, mereka bisa merasa terganggu.
    Fase ini biasa disebut dengan cooling-off period yang bertujuan untuk membuat suasana lebih tenang. Lakukan jika penderita gangguan psikotik sedang dalam kondisi sangat tidak stabil.
  • Jangan berdebat soal pengobatan

    Perdebatan adalah hal terakhir yang dibutuhkan orang dengan gangguan psikotik. Jangan pernah memaksakan dengan keras orang dengan gangguan psikotik untuk mendapatkan pengobatan medis.
    Bujuk dengan lembut sekaligus tegas. Ajak mereka berdiskusi dan jangan mendikte apa yang harus dilakukan.
  • Sepakati apa yang harus dilakukan

    Lagi-lagi, perlu lebih dari satu orang untuk membantu orang dengan gangguan psikotik selain kerja sama dengan support system di sekitarnya. Sepakati apa yang harus dilakukan termasuk pola komunikasi yang memudahkan di kala darurat.

Bisakah gangguan psikotik sembuh?

Selalu ada harapan untuk menyembuhkan gangguan psikotik. Terapi yang paling umum adalah dengan pengobatan antipsikotik. Dengan menjalani pengobatan ini, penderita bisa menekan gejala gangguan psikotik yang dialaminya.

Jika sudah parah, tinggal di rumah sakit jiwa dengan penanganan intensif menjadi salah satu pertimbangan. Selain itu, ingat bahwa tidak ada hasil yang instan untuk penyakit semacam ini.

Perlu waktu dan kesabaran dari orang-orang sekitar karena mereka bisa kambuh kapan pun. Belum lagi orang-orang tersayang Anda bisa melakukan hal yang tidak merefleksikan perasaannya sendiri karena masalah gangguan psikotik seperti ini.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/248159.php
Diakses 9 Mei 2019

Early Psychosis Intervention. https://www.earlypsychosis.ca/pages/diagnosed/managing-symptoms-at-home
Diakses 9 Mei 2019

UNC Health Talk. https://healthtalk.unchealthcare.org/what-to-do-if-a-family-member-or-friend-has-psychotic-symptoms/
Diakses 9 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed