logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

Memahami Fungsi Tulang Telapak Kaki dan Gangguannya

open-summary

Fungsi tulang telapak kaki bisa terganggu ketika beberapa penyakit menyerang, seperti arthritis, bunion, dan hammer toes. Berikut adalah penjelasan anatomi telapak kaki dan penyakit-penyakit yang bisa menyerangnya.


close-summary

3.22

(9)

19 Jun 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Fungsi tulang telapak kaki dapat terganggu oleh beberapa kondisi

Ilustrasi telapak kaki normal

Table of Content

  • Mengenal anatomi telapak kaki
  • Fungsi tulang telapak kaki
  • Penyakit yang bisa mengganggu fungsi tulang telapak kaki

Telapak kaki mempunyai peran penting pada anatomi tubuh manusia dalam menopang tubuh.

Advertisement

Ketika fungsi tulang telapak kaki terganggu karena kondisi tertentu, bukan tidak mungkin mobilitas serta kesehatan tubuh juga mengalami risikonya.

Semua bagian anatomi tulang pada area bagian bawah bekerja sama untuk memastikan Anda dapat berdiri, berjalan, dan menyeimbangkan tubuh.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai anatomi, fungsi, hingga gangguan tulang telapak kaki.

Mengenal anatomi telapak kaki

Gambar anatomi tulang telapak kaki
Gambar anatomi tulang telapak kaki

Kaki adalah bagian tubuh paling bawah. Mengutip dari Medical News Today, setiap telapak kaki manusia memiliki 26 ruas tulang, 33 sendi, 19 otot, dan kurang lebih 109 ligamen.

Untuk membahas soal fungsi tulang telapak kaki, Anda terlebih dahulu harus memahami anatominya. Anatomi telapak kaki dikelompokkan berdasarkan tiga bagian, yaitu:

1. Tulang tarsal

Dalam sistem rangka manusia, tulang tarsal pada telapak kaki adalah 7 tulang yang membentuk bagian belakang.

Umumnya, nama tulang telapak kaki dikenal sebagai talus. Beberapa di antaranya, seperti:

  • Talus, tulang di bagian atas kaki yang terhubung dengan tulang tibia dan tulang fibula.
  • Kalkaneus (tumit), tulang tarsal terbesar yang berperan menopang berat badan.
  • Tarsal, ada 5 kumpulan tulang seperti piramida yang membentuk lengkungan kaki bagian tengah.

2. Metatarsal

Tulang metatarsal adalah sekelompok lima tulang tubular di bagian tengah kaki yang terhubung dengan tulang tarsal dan falang.

Letak dan bentuknya pun sejajar. Untuk tulang nomor satu adalah yang paling dekat dengan lengkungan kaki. Sedangkan tulang nomor lima berada di tepi luar kaki.

3. Tulang falang

Tulang falang adalah tulang di jari kaki. Pada jari kaki kedua hingga kelima masing-masing mempunyai tiga falang.

Dari bagian belakang kaki hingga ke depan, istilahnya adalah falang proksimal, tengah, dan juga distal. Sedangkan jempol kaki (hallux) mempunyai dua falang, yaitu proksimal dan distal.

Lalu, ada juga sendi falang metatarsal, yaitu sendi yang membentuk bola kaki. Umumnya, ini adalah area terjadinya nyeri kaki dan masalah lainnya.

Tidak hanya itu saja, ada pula otot, tendon, dan ligamen yang juga berperan dan mempunyai fungsi dalam tulang telapak kaki. Ini memungkinkan terjadinya gerakan kompleks dan juga keseimbangan.

Ditambah dengan adanya tendon achilles yang menghubungkan tumit ke otot betis yang berfungsi untuk berlari, melompat, dan berdiri di atas jari kaki.

Fungsi tulang telapak kaki

Sesuai dengan struktur atau anatominya, fungsi utama tulang telapak kaki adalah untuk menahan beban dan juga keseimbangan sesuai dengan permukaan.

Berikut adalah berbagai macam fungsi lainnya dari tulang pergelangan kaki, telapak kaki, dan jari kaki, di antaranya adalah:

  • Menahan berat badan.
  • Memberikan keseimbangan pada tubuh.
  • Menyerap goncangan atau getaran.
  • Mengganti fungsi tangan pada kondisi tertentu.

Penyakit yang bisa mengganggu fungsi tulang telapak kaki

Banyak hal dapat mengganggu fungsi tulang telapak kaki, salah satu yang paling sederhana adalah menggunakan sepatu yang kesempitan.

Beberapa kondisi atau penyakit juga bisa muncul dan mengganggu kinerja kaki. Berikut adalah sebagian penyakit yang mungkin menyerang tulang telapak kaki Anda:

1. Arthritis ibu jari

Arthritis adalah sakit pada sendi yang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, pada telapak kaki, biasanya menyerang di bagian bawah tulang ibu jari.

Umumnya, dikenal sebagai arthritis ibu jari alias hallux limitus maupun hallux rigidus. Arthritis ibu jari bisa terjadi karena tulang rawan di persendian tidak lagi lentur karena cedera maupun aktivitas berlebihan.

Penyakit yang mengganggu fungsi tulang telapak kaki ini ditandai dengan munculnya rasa kaku dan bengkak pada jempol kaki, pengapuran tulang, serta peradangan.

2. Gout (asam urat)

Penyakit yang mengganggu fungsi tulang telapak kaki ini merupakan tipe dari arthritis yang sudah meradang. Gout atau asam urat bisa terjadi di bagian telapak kaki mana saja.

Namun, umumnya yang paling sering muncul ialah di dasar tulang jempol kaki. Gout bisa muncul ketika kadar asam urat dalam darah sangat tinggi.

Asam urat berlebih ini akan mengkristal di persendian, sehingga mengakibatkan nyeri hingga bengkak pada bagian tubuh tersebut.

3. Bunion

Bunion adalah kondisi adanya benjolan di dekat dasar tulang ibu jari. Orang yang mengidap bunion biasanya merasakan ketidaknyamanan hingga nyeri.

Biasanya, rasa sakit pada area terdampak akan terasa semakin parah ketika ia berdiri atau berjalan.

4. Hammertoe

Jari-jari kaki lainnya juga berisiko mengalami penyakit hammertoe alias jari kaki yang menunjuk ke bawah sehingga terlihat seperti cakar.

Kondisi ini akan mengakibatkan munculnya penebalan kulit alias kapalan di ujung jari akibat bergesekan dengan sepatu atau kaus kaki.

Penderitanya juga kerap merasa nyeri karena seperti berjalan di atas batu terus-menerus. Ibu jari yang awalnya tidak terdampak juga bisa merasakan sakit karena tekanan saat memakai sepatu.

5. Tulang retak

Kondisi kaki retak yang bisa sampai mengganggu fungsi tulang telapak kaki biasanya terjadi karena adanya aktivitas berat dan berulang.

Sebagai contoh, berjalan dan berlari. Retak ini biasanya bersifat mikroskopik yang bisa kembali memadat jika Anda cukup beristirahat.

Meskipun demikian, kadang tingkat pemulihan tulang yang dilakukan tubuh kalah cepat dengan bertambah parahnya keretakan pada tulang telapak kaki.

Penyebabnya adalah karena tubuh kurang memproduksi hormon tiroid, kalsium, atau vitamin D. Pada level ini, Anda mungkin akan mengalami stress fracture.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai fungsi dan gangguan tulang telapak kaki, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

kakipenyakit kakimasalah tulangkesehatan tulanghidup sehatanatomi manusia

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved