Memahami Fungsi Otot Jantung dan Berbagai Kemungkinan Gangguannya

(0)
13 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi otot jantung adalah memompa darah ke seluruh organ dalam tubuhOtot jantung memiliki fungsi krusial dalam kehidupan manusia
Otot jantung adalah salah satu dari tiga jenis otot yang ada dalam tubuh manusia. Fungsi otot jantung sangat krusial bagi kehidupan manusia, yakni memompa darah ke seluruh tubuh untuk menjaga proses sirkulasi darah yang baik. Letak otot jantung ada di dinding jantung.Otot jantung termasuk ke dalam otot tidak sadar yang tetap bekerja sepanjang waktu tanpa perlu diperintah. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar otot ini, mari kita simak berbagai fungsi, struktur, dan ciri-ciri otot jantung beserta kemungkinan masalahnya.

Fungsi otot jantung

Fungsi otot jantung adalah menjaga jantung supaya bisa terus memompa darah ke seluruh tubuh. Salah satu ciri-ciri otot jantung yang khas adalah otot ini mampu bekerja tanpa sadar. Berbeda dengan otot rangka yang dapat dikendalikan secara sadar, otot jantung bekerja secara otomatis tanpa dikendalikan.Fungsi otot jantung dapat dijalankan berkat sel khusus yang disebut dengan sel pacu jantung atau pacemaker. Jaringan otot jantung akan menerima sinyal dari sistem saraf. Sinyal ini dapat memicu sel pacu jantung untuk mempercepat atau memperlambat detak jantung.Sel pacu jantung kemudian meneruskan sinyal pada sel otot jantung lainnya yang terhubung sehingga menghasilkan gelombang kontraksi otot. Kondisi ini menyebabkan jantung berdetak dan memungkinkan fungsi otot jantung untuk memompa darah keluar-masuk jantung Anda.

Struktur dan ciri-ciri otot jantung

Struktur dan ciri-ciri otot jantung berbeda dengan otot lainnya. Ciri-ciri otot jantung meliputi kombinasi otot lurik dan otot polos. Otot jantung memiliki tampilan layaknya otot lurik, tapi fungsi otot jantung bekerja tanpa dikendalikan seperti otot polos.
  • Selain itu, berikut adalah ciri-ciri otot jantung lainnya yang bisa Anda kenali.
  • Letak otot jantung hanya terdapat di jantung
  • Otot jantung bekerja tanpa dikendalikan secara sadar seperti otot polos
  • Warnanya seperti otot lurik
  • Berbentuk silinder bercabang
  • Kebanyakan berinti tunggal (hanya memiliki satu inti).
Sementara itu, struktur otot jantung terdiri dari bagian-bagian berikut.
  • Sel otot

Sel otot jantung bentuknya lentur, kuat, dan saling berhubungan. Otot ini juga memiliki inti sel di tengahnya.
  • Mitokondria

Pada sel otot, terdapat mitokondria yang juga disebut sebagai pembangkit tenaga sel. Mitokondria berfungsi untuk mengubah oksigen dan glukosa menjadi energi dalam bentuk adenosin trifosfat (ATP).
  • Filamen miosin dan aktin

Otot jantung tampak lurik atau bergaris di bawah mikroskop karena terdiri dari filamen tebal dan gelap berupa protein miosin, serta filamen tipis ringan yang mengandung aktin.Saat sel otot berkontraksi, filamen miosin dan aktin menarik satu sama lain sehingga sel menyusut.
  • Sarkomer

Sarkomer merupakan salah satu unit jaringan otot yang terbentuk dari filamen miosin tunggal yang di kedua sisinya terhubung pada dua filamen aktin.
  • Diskus interkalaris

Dikus interkalaris adalah persambungan antara dua sel otot yang berfungsi menghubungkan sel otot satu sama lain.
  • Gap junction

Gap junction adalah kanal yang terdapat di dalam diskus interkalaris. Bagian ini berfungsi untuk menyampaikan impuls listrik dari satu sel otot ke sel otot lainnya. Sehingga, fungsi otot jantung bisa berjalan dengan baik, tepatnya dengan berkontraksi secara terkoordinasi.
  • Desmosom

Desmosom adalah struktur lain yang terdapat di dalam diskus interkalaris selain gap junction. Salah satu bagian dalam struktur jantung ini berfungsi untuk membantu menyatukan serat otot jantung dan menahan serat otot jantung selama kontraksi.
  • Inti sel

Inti sel atau nukleus merupakan pusat kendali sebuah sel, yang di dalamnya terdapat semua materi genetik sel. Inti sel juga merupakan tempat perkembangan dan metabolisme sel.Salah satu ciri-ciri otot jantung adalah kebanyakan selnya hanya memiliki satu inti. Sebagian yang lebih jarang mungkin memiliki dua, tiga, dan empat inti (paling jarang).

Masalah yang bisa terjadi pada otot jantung

Kardiomiopati hipertrofi
Kardiomiopati hipertrofi dapat menyebabkan nyeri dada
Seperti otot lainnya dalam tubuh manusia, otot jantung juga tidak lepas dari masalah. Salah satu masalah utama yang biasa terjadi pada otot ini adalah kardiomiopati. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan fungsi otot jantung sehingga menjadi lebih sulit memompa darah.Berikut adalah jenis-jenis gangguan otot jantung yang bisa terjadi.
  • Kardiomiopati hipertrofi

Kardiomiopati hipertrofi adalah kondisi otot jantung yang membesar dan menebal tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini lebih sering terjadi pada bagian ventrikel (ruang bawah jantung).
  • Kardiomiopati dilatasi

Kardiomiopati dilatasi adalah kondisi yang ditandai dengan otot jantung pada ventrikel mengalami pembesaran dan menjadi lebih lemah.Kondisi ini membuat ventrikel lebih sulit memompa darah dan membuat seluruh jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Kardiomiopati restriktif

Kardiomiopati restriktif adalah kondisi yang lebih sering terjadi pada lansia, yakni ketika otot jantung pada ventrikel menjadi kaku sehingga jantung tidak bisa meregang dan mengisi darah dengan baik.
  • Displasia ventrikel kanan aritmogenik

Displasia ventrikel kanan aritmogenik ditandai dengan jaringan otot jantung di ventrikel kanan berubah menjadi jaringan parut yang kaya lemak atau serat. Kondisi ini dapat menyebabkan aritmia (gangguan irama jantung).Tidak semua kasus kardiomiopati menimbulkan gejala. Namun, kondisi ini kadang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kesulitan bernapas (terutama saat berolahraga), kelelahan, serta pembengkakan pada kaki, perut, atau pembuluh vena di leher.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar masalah jantung, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit jantungmasalah otot
Healthline. https://www.healthline.com/health/cardiac-muscle-tissue#
Diakses 26 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325530#function
Diakses 26 Maret 2021
Inner Body. https://www.innerbody.com/image/musc01.html#
Diakses 26 Maret 2021
Inner Body. https://www.healthline.com/health/cardiac-muscle-tissue#function
Diakses 26 Maret 2021
Rumah Sakit Annisa. http://www.rsannisa.co.id/artikel/kesehatan/memahami-peran-oto-jantung
Diakses 26 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait