logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Memahami Enzim pada Lambung, Fungsi dan Penyakit yang Menyertainya

open-summary

Kekurangan enzim pada lambung bisa memengaruhi proses pencernaan. Selain itu, bisa mengakibatkan naiknya asam lambung hingga gastritis. Untuk mencegah hal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.


close-summary

17 Feb 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Enzim pencernaan, seperti enzim pada lambung, berfungsi menjaga sistem pencernaan

Ilustrasi lambung dan sistem pencernaan manusia

Table of Content

  • Fungsi enzim pada lambung
  • Jenis-jenis enzim pada lambung
  • Penyakit yang berhubungan dengan enzim pada lambung
  • Cara menjaga kesehatan enzim pada lambung

Sistem pencernaan manusia prosesnya cukup panjang untuk bisa sampai ke saluran pembuangan. Salah satu faktor yang berperan adalah kelenjar pencernaan dan juga enzim.

Advertisement

Enzim adalah protein yang membantu mempercepat metabolisme atau reaksi kimia dalam tubuh. Fungsi enzim adalah untuk membangun beberapa zat dan menghancurkan yang lainnya.

Apalagi, tubuh secara alami memproduksi enzim, termasuk enzim pada lambung. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Fungsi enzim pada lambung

Peran enzim sangat penting untuk proses pencernaan, agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Enzim bekerja dengan bahan kimia lainnya dalam tubuh, seperti asam lambung dan empedu.

Ini berfungsi untuk membantu memecah makanan menjadi energi untuk seluruh tubuh. Ternyata, lambung menghasilkan getah lambung (asam kloridan dan enzim) untuk mencerna protein.

Organ lambung berfungsi untuk mengaduk dan mencampur makanan dengan cairan lambung untuk membentuk chyme. Yaitu, cairan kental seperti sup.

Jadi, fungsi utama enzim pada lambung berfungsi untuk membantu pencernaan. Sebagai contoh, memecah lemak, protein, dan juga karbohidrat.

Baca Juga

  • Social Loafing, Ketika Merasa Tak Harus Berkontribusi Saat Berada dalam Kelompok
  • Manfaat Jus Tomat, Bantu Diet hingga Jaga Kecantikan Kulit
  • Kesepian dan Tak Tahu Harus Apa? Ini 7 Kegiatan untuk Mengusirnya

Jenis-jenis enzim pada lambung

Ada beberapa enzim pencernaan yang fungsinya memastikan sistem lambung bekerja dengan normal. Berikut adalah beberapa enzim pencernaan yang dihasilkan lambung, seperti:

1. Pepsin

Getah lambung mengandung enzim pencernaan pepsinogen. Ini adalah enzim aktif yang berubah menjadi pepsin. Pepsin adalah enzim pada lambung yang utama, berrfungsi untuk memecah protein menjadi polipeptida dan asam amino.

Pepsin terbentuk dari pepsinogen (zat yang diproduksi oleh sel-sel lambung), bercampur dengan asam lambung. Lalu, asam amino dipecah dan terserap pada usus kecil.  

Jika kandungan asam pada lambung tidak cukup, pepsin sebagai enzim yang dihasillkan oleh lambung pun juga tidak dapat berfungsi secara optimal.

Perlu Anda ketahui pula bahwa pepsin adalah turunan dari enzim pencernaan lainnya, yaitu enzim protease.

2. Lipase lambung

Enzim lipase pada pencernaan ini fungsinya mirip dengan enzim lipase pada mulut, yaitu memecah lemak (triasilgliserol). Hanya saja, lipase mulut memecah lemak rantai panjang,

Sedangkan lipase lambung, berfungsi untuk memecah lemak rantai pendek dan sedang. Enzim di lambung ini sangat penting bagi sistem pencernaan bayi. Pasalnya, enzim lipase dapat memecah lemak pada air susu ibu.

Penyakit yang berhubungan dengan enzim pada lambung

Ketika tubuh tidak dapat memproduksi enzim pencernaan dengan semestinya, maka sistem pencernaan akan melambat. Ini juga akan terlihat dengan gejala serta tanda-tanda lainnya.

Beberapa kondisi kesehatan yang berhubungan dengan kekurangan enzim pada lambung antara lain:

1. Laryngopharyngeal reflux (LPR)

Dalam kondisi normal, pepsin yang terdapat pada cairan lambung hanya aktif di dalam rongga perut.

Namun, ketika Anda mengalami penyakit laryngopharyngeal reflux (LPR), enzim pencernaan bisa naik ke laring dan menyebabkan kerusakan di area tersebut.

Pada penderita LPR, naiknya asam lambung yang mengandung pepsin akan menimbulkan beberapa gejala. Sebagai contoh, suara serak, batuk kronis, dan seperti ada yang tersangkut di tenggorokan.

LPR mirip dengan gastroesophageal reflux disease (GERD). Ini karena terjadi akibat lemahnya otot esofagus, sehingga asam lambung naik ke saluran pernapasan bagian atas dan merusak bagian tersebut. Hanya saja, penyebab GERD, bukan karena gangguan fungsi enzim pada lambung.

2. Gastritis

Salah satu penyakit yang juga berhubungan dengan enzim pada lambung ini adalah gastritis. Pada penderita gastritis, kadar enzim lipase lambung diketahui mengalami penurunan.

Gastritis adalah istilah untuk berbagai masalah pada lambung, yaitu terjadinya peradangan di dinding lambung. Biasanya, gastritis disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori.

Cara menjaga kesehatan enzim pada lambung

Sebelum Anda mengalami gangguan yang berhubungan dengan enzim pencernaan, ada baiknya menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Beberapa langkah tersebut, di antaranya adalah:

1. Mengonsumsi enzim pencernaan alami

Makanan yang mengandung enzim pencernaan alami, antara lain pepaya, nanas, mangga, pisang, alpukat, kiwi, madu, dan jahe. Anda juga dapat memperbanyak konsumsi makanan olahan yang baik untuk pencernaan, seperti kefir, kimchi, dan miso.

2. Menjalani gaya hidup sehat

Gaya hidup tertentu juga dapat menurunkan jumlah enzim pada lambung, misalnya merokok dan sering minum minuman beralkohol. Sebaiknya, kurangi atau bahkan hentikan dari sekarang.

Coba imbangi dengan mengonsumsi makanan rendah lemak. Apabila perlu, Anda dapat minum vitamin dan suplemen sesuai dengan rekomendasi dokter.

3. Mengonsumsi obat penambah enzim pencernaan

Bagi Anda yang kekurangan enzim dalam lambung karena masalah kesehatan tertentu, seperti fibrosis kistik dan pankreatitis kronis, dokter mungkin akan meresepkan obat penambah enzim pencernaan.

Obat ini berguna untuk menambah kekurangan produksi alami enzim pencernaan pada orang yang mengalami defisiensi.

Mulai sekarang, sayangi lambung Anda dengan mempraktikkan gaya hidup sehat. Jika fungsi lambung Anda optimal, ini bisa menjaga enzim pada lambung serta mencegah terjadinya gangguan sistem pencernaan.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai enzim yang dihasilkan pada lambung, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

pencernaansaluran pencernaanmasalah pencernaangangguan pencernaanhidup sehatfungsi organ

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved