Memahami Efektivitas Infus Vitamin untuk Badan Lemas


Infus vitamin untuk badan lemas dipercaya dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi secara efektif dan menghidrasi tubuh dengan lebih cepat. Namun, metode ini dinilai kurang efektif bagi orang yang sehat dan kebutuhan vitamin-nya terpenuhi.

0,0
18 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Infus vitamin untuk badan lemas dipercaya dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisiInfus vitamin dinilai kurang efektif bagi orang yang sehat
Pernahkah Anda mendengar infus vitamin untuk badan lemas? Infus vitamin adalah pemberian vitamin dan mineral langsung ke dalam aliran darah melalui jarum yang langsung masuk ke pembuluh darah (infus). Proses pemberian infus vitamin ini memerlukan waktu sekitar 20 menit hingga satu jam.Infus vitamin dipercaya dapat membantu tubuh untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dengan menghindari proses pencernaan. Formula kandungan vitamin dan mineral pada infus ini tergantung pada kebutuhan pasien, misalnya infus vitamin C, vitamin B, zat besi, dan lain-lain.

Benarkah infus vitamin memberikan manfaat?

Infus vitamin umumnya digunakan untuk menghidrasi pasien dan menyediakan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan jika ada masalah dengan penyerapan usus atau kesulitan makan dan minum karena operasi.Berikut adalah sejumlah manfaat infus vitamin yang bisa didapatkan oleh penggunanya.

1. Menyerap lebih banyak nutrisi

Karena vitamin dan mineral tidak melalui sistem pencernaan terlebih dahulu, konsentrasi yang diserap tubuh menjadi lebih tinggi. Vitamin C yang masuk melalui suplemen biasanya diserap sekitar 50 persen saja, sedangkan konsentrasi penyerapan infus vitamin C bisa mencapai sekitar 90 persen.

2. Menyerap nutrisi dengan lebih cepat

Infus vitamin juga memungkinkan tubuh dapat menyerap nutrisi lebih cepat karena vitamin dimasukkan langsung ke aliran darah. Infus vitamin C atau vitamin lainnya dapat menjadi cara yang cepat dan efisien untuk memasukkan cairan dan obat ke dalam sirkulasi tubuh.

3. Memberikan efek lebih cepat

Karena jumlah nutrisi yang diserap lebih cepat dan banyak, efeknya juga dilaporkan lebih cepat. Infus vitamin untuk badan lemas juga menjadi salah satu cara untuk dapat menghidrasi tubuh dengan cepat.

Pro dan kontra manfaat infus vitamin C dan nutrisi lainnya

Infus vitamin C merupakan jenis infus vitamin yang paling populer karena dianggap bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencerahkan kulit. Vitamin C memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga kondisi tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.Meskipun demikian, belum ada bukti yang mendukung adanya manfaat infus vitamin C bagi orang yang kebutuhan vitamin C-nya telah terpenuhi dari asupan makanan.Selain itu, para ahli masih meragukan adanya manfaat infus vitamin atau nutrisi lainnya bagi orang yang sehat karena belum ada bukti ilmiah yang memadai.Pada dasarnya, seseorang yang sehat dan pencernaannya berfungsi baik dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari asupan makanan sehari-hari atau mengonsumsi suplemen, yang jelas lebih mudah dan terjangkau.Selain itu, kelebihan vitamin atau mineral tertentu juga tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh sehingga malah berakhir dengan dibuang lewat urine atau menyebabkan gangguan kesehatan yang membahayakan tubuh Anda.

Tips mendapatkan infus vitamin yang aman

Keputusan untuk melakukan infus vitamin untuk badan lemas sepenuhnya merupakan hak Anda. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat infus vitamin C atau nutrisi lainnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
  • Pilih dokter, terapis, dan klinik tepercaya yang telah memiliki izin dan reputasi baik.
  • Konsultasikan kondisi medis Anda secara terbuka, termasuk gangguan kesehatan dan pengobatan yang pernah dan sedang dijalani.
  • Pastikan Anda menjalani infus vitamin di tempat yang aman dan bersih.
Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kekurangan vitamin atau mineral tertentu yang dapat dibantu dengan infus vitamin.Namun, jika Anda tergolong sehat dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik, kemungkinan Anda tidak disarankan melakukan infus vitamin C atau nutrisi lainnya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
vitamin cinfus
Cedar Sinai. https://www.cedars-sinai.org/blog/iv-vitamin-therapy.html
Diakses 6 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/under-review-IV-vitamin-therapy
https://www.healthline.com/health/vitamin-c-injection#dose
Diakses 6 September 2021
Science Alert. https://www.sciencealert.com/no-vitamin-drips-like-many-other-miracle-cures-do-not-work
Diakses 6 September 2021
Dermo Collective. https://dermcollective.com/vitamin-c-for-skin-lightening/
Diakses 6 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait