Memahami Caregiver dan Perbedaannya dengan Perawat

(0)
17 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Caregiver adalah pekerjaan yang berbeda dengan perawatCaregiver adalah orang yang memberikan jasa perawatan dan pengasuhan bagi orang lain
Secara umum, caregiver adalah orang yang memberikan jasa perawatan atau pengasuhan bagi orang lain. Caregiver dapat merawat seseorang yang membutuhkan bantuan dan perhatian khusus dalam menjalankan kesehariannya. Walaupun demikian, kebanyakan orang mengidentikkan sebutan caregiver sebagai perawat manula atau lansia.Setelah menginjak usia lanjut, tentunya kemampuan fisik dan mental seseorang akan mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari tidak sama lagi. Terlebih jika Anda atau orang yang Anda cintai mengidap penyakit tertentu sehingga membuat kemampuan fisik dan mental semakin terbatas.Maka tidak jarang seorang manula membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra, yang mungkin sulit diberikan anggota keluarga yang masih produktif. Dengan mempekerjakan seorang caregiver, maka mereka bisa mendapatkan perawatan dan perhatian yang dibutuhkan.

Fungsi caregiver

Fungsi keberadaan caregiver adalah untuk meringankan beban pasien atau keluarga pasien supaya dapat menjalani aktivitas sehari-hari secara normal. Caregiver membantu mengatasi kesulitan-kesulitan seseorang yang memiliki keterbatasan kemampuan, baik karena kondisi kesehatan tertentu ataupun usia.Yang diurus oleh caregiver tidak hanya berkaitan dengan kondisi kesehatan pasiennya saja, tapi juga kebutuhan sehari-harinya, baik secara fisik ataupun mental. Dengan adanya caregiver, manula bisa tetap berada di tengah-tengah keluarga dan tidak harus menghabiskan usia tuanya di panti jompo.

Cara mempekerjakan caregiver

Tugas caregiver dapat berbeda tergantung kebutuhan kliennya. Perawat lansia yang dikenal juga dengan sebutan perawat manula, perawat jompo, atau perawat orang tua, merupakan jenis caregiver yang paling umum dikenal. Beberapa cara untuk mempekerjakan caregiver adalah sebagai berikut.

1. Caregiver melalui agen

Caregiver jenis ini merupakan perawat lansia yang disalurkan oleh agen. Sebelumnya, caregiver harus bergabung terlebih dahulu dengan agen penyalur, melakukan pendaftaran, pelatihan, dan juga terikat kontrak dengan pihak agensi.Keuntungan melalui agen caregiver adalah Anda dapat disediakan pengganti caregiver dengan cepat apabila caregiver tetap sedang berhalangan.

2. Caregiver mandiri

Caregiver mandiri merupakan perawat lansia yang dapat dipekerjakan tanpa melalui agen. Jadi, Anda dapat membuat kesepakatan langsung dengan caregiver.Upah untuk caregiver mandiri mungkin lebih murah. Namun, Anda bertanggung jawab penuh untuk memberikan kepercayaan kepada orang asing memasuki rumah.Sebaiknya, pilih caregiver mandiri yang masih relasi atau direkomendasikan oleh orang kepercayaan Anda.

3. Caregiver keluarga

Anggota keluarga yang menjadi caregiver adalah caregiver keluarga. Mereka melakukan perawatan dan pengasuhan karena rasa cinta kasih.Caregiver jenis ini memilih untuk mendedikasikan waktunya merawat orang yang dicintai. Caregiver keluarga biasanya tidak menerima kompensasi materi atas pelayanan yang mereka berikan.

4. Caregiver infal

Caregiver infal adalah caregiver sementara yang biasanya dipekerjakan hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Caregiver infal biasanya dibutuhkan pada saat menjelang hari raya, di mana caregiver tetap sedang berlibur atau pulang kampung.

Perbedaan caregiver dengan perawat medis

Sebutan umum bagi caregiver adalah perawat atau pengasuh, bahkan tidak jarang dipanggil suster. Maka tidak mengherankan kalau banyak orang awam yang mengira bahwa caregiver juga merupakan seorang perawat medis di rumah sakit.Anggapan itu tidak selalu benar. Perbedaan suster medis rumah sakit dan caregiver adalah sebagai berikut.
  • Perawat medis merupakan seorang perawat yang telah memiliki lisensi untuk memberikan perawatan medis terampil untuk pasien. Baik perawatan yang diberikan di rumah sakit atau dengan berkunjung ke rumah.
  • Perawat medis hanya bertugas melaksanakan instruksi-instruksi khusus yang telah ditetapkan oleh dokter.
  • Perawat medis hanya berada di rumah pasien beberapa jam per minggu.
  • Untuk menjadi seorang perawat medis, seseorang harus lulus pendidikan keperawatan dan mendapatkan sertifikat atau ijazah.
  • Caregiver berfungsi untuk memberikan bantuan seeorang menjalankan aktivitas keseharian mereka, serta memberikan perhatian.
  • Caregiver juga tidak melakukan perawatan medis yang hanya dapat dilakukan oleh ahli medis tersertifikasi.
  • Caregiver dapat melakukan perawatan harian sesuai kebutuhan kliennya dan beberapa perawatan khusus yang diberikan pada saat pelatihan.
  • Caregiver biasanya memiliki ikatan emosional yang lebih kuat dengan klien karena telah terbiasa menjadi teman sehari-hari dan membantu mengurusi kebutuhan pribadi pasien.
Kualifikasi untuk menjadi seorang caregiver tidak seketat perawat medis. Seorang caregiver bisa merupakan seorang lulusan pendidikan keperawatan, pendidikan kesehatan masyarakat, atau telah menjalankan pelatihan dengan durasi tertentu.Akan tetapi, yang terpenting adalah seorang caregiver harus memiliki kepedulian dan kepribadian yang sesuai untuk merawat seorang manula.
gangguan lansialansia
Aging. https://aging.com/what-is-a-caregiver/
Diakses 3 September 2020
Caring Senior Service. https://www.caringseniorservice.com/blog/what-is-a-caregiver
Diakses 3 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait