Memahami Break dalam Hubungan Asmara Beserta Pro dan Kontranya

(0)
18 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Break dalam hubungan termasuk salah satu upaya untuk mempertahankannyaBreak berbeda dengan putus
Pernahkah Anda dan pasangan mengalami kebuntuan saat menjalani hubungan asmara? Jika Anda dan pasangan belum rela untuk melepaskan satu sama lain, maka break dalam hubungan bisa menjadi pilihan.Meski demikian, tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya tentang apa itu break, atau belum tahu mengenai perbedaan break dan putus. Secara harfiah, pengertian break artinya pemisahan, interupsi, atau penghentian sementara.Pada dasarnya, break dalam hubungan berarti Anda dan pasangan memutuskan untuk “mengistirahatkan” atau “mengambil cuti” dari satu sama lain dan dari hubungan kalian. Namun, break dalam pacaran tidak bisa dibilang benar-benar putus karena ada perbedaan antara keduanya.

Perbedaan break dan putus

Perbedaan break dan putus terletak pada kepastian status hubungan Anda dan pasangan. Saat break, artinya Anda dan pasangan belum resmi putus.Memutuskan hubungan berarti Anda dan pasangan sepakat untuk berjalan masing-masing dan tidak terikat komitmen apa pun lagi. Kondisi ini tentu saja berbeda dengan makna break dalam pacaran.Tujuan break dalam hubungan merupakan salah satu upaya untuk mempertahankannya. Mengistirahatkan hubungan asmara sejenak dapat menjadi cara untuk memperkuatnya. Bahkan, cara ini juga dapat membuat Anda dan pasangan semakin dekat di masa depan.Break pacaran bisa menjadi cara untuk memikirkan jalan keluar berbagai masalah dalam hubungan dan introspeksi diri. Sementara itu, memutuskan hubungan akan mengakhiri semuanya saat itu juga.Perbedaan break dan putus hubungan asmara terletak pada berapa lama hubungan dihentikan. Putus hubungan berarti Anda dan pasangan sudah benar-benar tidak berhubungan untuk seterusnya. Sedangkan, break dalam hubungan bisa berakhir dalam dua hal: kembali menjalin hubungan yang lebih kuat atau putus hubungan secara permanen.Break dalam pacaran dan putus juga memiliki komitmen yang berbeda. Saat putus hubungan, Anda dan pasangan telah terlepas dari berbagai komitmen dan Anda bisa menjalin hubungan dengan siapa saja. Lain halnya saat break, karena belum resmi putus, Anda sebaiknya tidak melakukan pendekatan dengan orang lain.

Sisi positif dan negatif break dalam hubungan

Menjalani break dalam hubungan memiliki sisi positif dan negatif yang dapat Anda pertimbangkan sebelum melakukannya.

1. Sisi positif

  • Break pacaran memungkinkan Anda melihat hubungan dari perspektif yang berbeda. Khususnya mengenai harapan, kebutuhan, dan keinginan Anda.
  • Membantu untuk lebih menghargai dan memahami peran pasangan, serta bagaimana kehadiran pasangan mampu memengaruhi Anda dan kesejahteraan Anda.
  • Anda dapat kembali menjalin hubungan dengan pandangan dan sikap baru untuk bekerja sama memperkuat hubungan Anda dan pasangan di masa depan.

2. Sisi negatif

  • Break dalam pacaran hanya merupakan tindakan menunda perpisahan dari hubungan yang telah di ujung tanduk. Hal ini hanya pelarian dari ketidakmampuan menghadapi kenyataan.
  • Memperpanjang rasa sakit, kesedihan, dan rasa bersalah saat hubungan sebetulnya sudah tidak bisa diselamatkan.
  • Break dalam hubungan juga bisa menjadi sumber utama stres dan kecemasan karena Anda mungkin terus bertanya-tanya dan mengkhawatirkan keputusan pasangan dan masa depan hubungan Anda.  

Jadi, apakah kita harus break atau tidak?

Pilihan untuk melakukan break dalam hubungan atau tidak, sepenuhnya merupakan keputusan Anda dan pasangan. Untuk menghindari sisi negatif break dalam pacaran, perhatikan hal-hal berikut sebelum melakukannya:
  • Anda dan pasangan harus berkomunikasi secara terbuka untuk melakukan break dalam hubungan.
  • Tentukan berapa lama break ini akan berlangsung, misalnya seminggu atau sebulan.
  • Buat kesepakatan dengan pasangan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan selama menjalani break pacaran.
Jika Anda merasa bahwa masalah Anda dan pasangan tidak akan selesai dengan melakukan break, sebaiknya selesaikan masalah tersebut dengan segera. Khususnya, jika masalah yang dihadapi sudah berlarut-larut dan tidak kunjung selesai.Anda dan pasangan dapat berdialog secara mendalam dengan kepala dingin. Setelahnya, kalian dapat mengambil keputusan untuk terus bersama atau memilih memutuskan hubungan demi kebaikan bersama.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
asmaramenjalin hubungan
Brides. https://www.brides.com/what-does-taking-a-break-mean-3976711#
Diakses 4 Maret 2021
Elite Singles. https://www.elitesingles.com/mag/relationship-advice/relationship-break
Diakses 4 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait