Memahami Biotin dan Manfaat Besarnya bagi Kesehatan

Biotin adalah vitamin penting bagi tubuh dari sumber-sumber makanan
Sumber-sumber biotin dari makanan

Apakah Anda pernah mendengar seputar biotin? Meski tidak sepopuler vitamin C dan D, peran vitamin ini tergolong krusial bagi tubuh.

Biotin adalah vitamin yang dapat larut dalam air sehingga membantu tubuh memetabolisme lemak, karbohidrat, dan protein. Vitamin ini juga dikenal sebagai vitamin H atau B7. Biotin adalah salah satu vitamin B kompleks yang berfungsi membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu, biotin juga digunakan dalam suplemen kecantikan untuk memperkuat rambut dan kuku. Tren kecantikan menggunakan biotin ini sempat dipopulerkan oleh salah satu selebriti terkenal, yaitu Kylie Jenner. Sayangnya, belum ada bukti yang kuat mengenai kegunaan biotin untuk manfaat ini.

Manfaat biotin bagi kesehatan

Di samping manfaat di atas, berikut adalah beberapa manfaat biotin yang sudah terbukti bagi kesehatan.

1. Membantu mengontrol kadar gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biotin yang dikombinasikan dengan chromium picolinate dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Sebuah penelitian tahun 2008 dari Diabetes/Metabolism Research and Reviews menemukan bahwa mengonsumsi kombinasi chromium picolinate dengan biotin, di samping resep obat antidiabetes, dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas dengan diabetes tipe 2.

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2006 dari Diabetes Technology & Therapeutics menemukan bahwa empat minggu mengonsumsi chromium picolinate dengan biotin yang dikombinasi dengan obat diabetes, bisa membantu meningkatkan kontrol terhadap kadar gula darah pada pasien diabetes. Penelitian tersebut melibatkan 43 orang dengan diabetes yang tidak terkontrol.

Karena kedua studi tersebut menguji penggunaan biotin yang dikombinasikan dengan chromium picolinate, maka belum diketahui apakah jika mengonsumsi biotin saja dapat menghasilkan hasil yang sama.

2. Meningkatkan kesehatan kulit Anda

Kekurangan biotin dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk ruam, jerawat, psoriasis, dermatitis, dan gatal secara keseluruhan. Dalam hal ini, biotin memainkan peran penting dalam fungsi sistem saraf dan mempengaruhi fungsi hormon.

Jika kulit tidak dirawat dari dalam maka racun-racun akan terbentuk di seluruh sistem saraf dan muncul pada permukaan kulit Anda. Ini adalah salah satu tanda terbesar yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan biotin atau vitamin B.

3. Menurunkan kolesterol

Dalam penelitian pada hewan, biotin adalah vitamin yang telah terbukti berperan dalam menurunkan kolesterol. Penelitian terdahulu telah menunjukkan biotin dapat membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat), yang bila terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan energi dan mood

Salah satu fungsi utama biotin adalah kemampuannya untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin ini juga berfungsi sebagai koenzim dan membantu mensintesis asam lemak dan asam amino tertentu. Tanpa vitamin B kompleks seperti biotin, tubuh Anda tidak dapat memetabolisme berbagai nutrisi tersebut dan menjadikannya energi.

Kekurangan biotin dapat menyebabkan Anda akan merasa kekurangan energi, menyebabkan kelelahan, perubahan suasana hati, dan bahkan masalah pencernaan.

Jika Anda tidak menerima pasokan biotin yang cukup dari makanan sehari-hari, gunakan suplemen biotin yang dapat membantu Anda menghasilkan energi.

5. Melindungi fungsi otak

Salah satu manfaat biotin adalah menjaga sistem saraf Anda bekerja secara sistematis dengan membantu aktivitas neurotransmitter dan membantu dengan sinyal saraf.

Bersama dengan vitamin B kompleks lainnya, biotin dapat melindungi kinerja otak Anda, meningkatkan daya ingat, dan membantu membentuk pertahanan terhadap masalah kognitif dan gangguan neurodegeneratif.

Selain mencegah demensia dan penyakit Alzheimer, biotin dan vitamin B lainnya juga bisa membantu Anda meningkatkan konsentrasi.

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Mengonsumsi biotin secara rutin dipercaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya menjadi lebih tebal, berkilau, dan sehat.

Manfaat ini tentunya merupakan kabar baik bagi Anda yang ingin memperbaiki kondisi rambut dan yang memiliki masalah rambut rontok atau kusam.

Makanan yang mengandung biotin

Biotin tidak dapat disimpan di dalam tubuh sehingga disarankan untuk mengonsumsi biotin dalam makanan. Untuk memperoleh biotin yang cukup, pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya biotin secara rutin, seperti hati, kembang kol, salmon, pisang, wortel, kuning telur, sarden, kacang-kacangan, dan jamur.

Apabila Anda memiliki gejala kekurangan biotin atau sedang mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen biotin, sebaiknya Anda konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu pada dokter untuk mendapatkan arahan yang tepat.

Chatelaine. https://www.chatelaine.com/health/wellness/biotin-can-boost-your-health/
Diakses pada 08 Mei 2020

Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287720
Diakses pada 08 Mei 2020.

Verywellfit. https://www.verywellfit.com/the-benefits-of-biotin-88316
Diakses pada 08 Mei 2020.

Zenwisehealth. https://www.zenwisehealth.com/blogs/news/76605253-12-impressive-benefits-of-biotin
Diakses pada 08 Mei 2020.

Artikel Terkait