logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

11 Bagian Otak Manusia dan Masing-Masing Fungsinya

open-summary

Bagian otak dan fungsinya cukup vital bagi kelangsungan hidup manusia. Otak manusia adalah salah satu organ yang memiliki anatomi serta fungsi paling canggih.


close-summary

4.18

(50)

12 Feb 2020

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Bagian otak dan fungsinya bagi manusia

Otak manusia terdiri dari banyak bagian dan setiap fungsinya penting untuk dikenali

Table of Content

  • Anatomi bagian otak manusia dan fungsinya
  •  
  • Bagian otak manusia lainnya
  • Penyakit yang memengaruhi fungsi otak
  • Fakta menarik seputar otak manusia

Bagian otak manusia adalah salah satu organ vital yang memiliki anatomi serta fungsi paling canggih.

Advertisement

Organ ini memiliki peran utama sebagai pusat kontrol dari ribuan kegiatan yang dilakukan tubuh, baik secara sadar dan tidak sadar.  

Untuk itu, kesehatan setiap bagian otak dan fungsinya sebagai salah satu anatomi tubuh manusia ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

Anatomi bagian otak manusia dan fungsinya

 

Gambar bagian-bagian otak manusia atau anatomi otak manusia
Gambar anatomi bagian-bagian otak manusia

Anatomi otak manusia terdiri dari tiga bagian seperti otak kecil (cerebellum), otak besar (cerebrum), dan batang otak. Susunan saraf ini bekerja sama dalam suatu mekanisme yang rumit, tetapi efektif menjalankan sistem tubuh.

Mengutip dari John’s Hopkins Medicine, bagian-bagian otak adalah organ yang kompleks.

Akan tetapi, berfungsi untuk mengontrol pikiran, memori, emosi, sentuhan, rasa lapar, hingga setiap proses yang mengatur tubuh.

Otak juga bekerjasama dengan anatomi tubuh lainnya seperti sumsum tulang belakang sehingga membentuk sistem saraf pusat.

Berikut adalah anatomi bagian utama otak manusia beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

1. Otak besar

bagian otak besar
Bagian otak besar

Otak besar (cerebrum) adalah bagian utama otak yang dibagi menjadi dua, yaitu otak kanan dan kiri (hemisfer). Cerebrum adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan seluruh otak.

Maka dari itu, cerebrum berfungsi sebagai bagian otak yang mengatur suhu dan gerakan.

Celah atau alur yang memisahkan belahan disebut fisura longitudinal. Sedangkan permukaan otak besar mengandung miliaran neuron dan glia yang membentuk korteks serebral (materi abu-abu).

Lalu, hemisfer pun terbagi menjadi bagian-bagian otak yang disebut dengan lobus. Masing-masing lobus otak besar memiliki peran dan fungsinya tersendiri, seperti:

• Lobus frontalis

Lobus frontalis adalah lobus terbesar yang letaknya berada di otak bagian depan, kira-kira sejajar dengan tulang dahi.

Fungsi otak depan adalah untuk mengkoordinasikan perilaku, seperti kemampuan motorik, menyelesaikan masalah, perencanaan, fokus, dan menimbang baik dan buruk.

Ini juga merupakan salah satu bagian otak besar yang berfungsi untuk mengatur emosi serta mengatur impuls atau informasi rangsang.

• Lobus parietal

Lobus parietal letaknya berada di belakang lobus frontal. Fungsi dari bagian otak besar ini adalah mengatur sensasi tubuh, tulisan tangan, posisi tubuh, dan menerjemahkan informasi yang dikirimkan oleh bagian otak lainnya.

• Lobus temporal

Lobus temporal terletak di sisi sebelah kiri dan kanan otak, dekat telinga. Fungsi lobus temporal adalah untuk mengendalikan daya ingat visual dan daya ingat verbal (mengerti bahasa tertentu).

Tak hanya itu saja, ini juga menjadi bagian otak yang merupakan pusat pendengaran dan menginterpretasikan reaksi.

• Lobus oksipital

Lobus oksipital terletak di bagian belakang otak. Bagian ini berperan besar dalam kemampuan seseorang untuk bisa membaca dan mengenali literasi serta aspek penglihatan lainnya.

2. Otak kecil

Otak kecil atau cerebellum terletak di bawah otak besar, tepatnya bagian bawah lobus oksipital. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur gerakan motorik halus, seperti koordinasi tangan dan kaki.

Selain itu, otak pada bagian belakang ini juga berfungsi dalam keseimbangan tubuh, postur, dan pemerataan fungsi otak kiri dan kanan (equilibrium).

3. Batang otak

bagian batang otak
Bagian batang otak

Batang otak  adalah bagian otak yang terletak di depan otak kecil. Bagian otak ini menghubungkan otak besar ke susunan saraf di sumsum tulang belakang. Batang otak kemudian dibagi lagi menjadi:

• Otak tengah

Otak tengah (mesencephalon) adalah struktur yang sangat kompleks karena terdiri dari berbagai kelompok neuron,jalur saraf, dan lain-lainnya.

Struktur ini membuat fungsi bagian otak tengah adalah untuk pendengaran, gerakan mata, sensasi wajah, hingga respon dari perubahan lingkungan.

berfungsi untuk mengatur pergerakan mata memproses informasi visual dan suara yang diterima oleh otak.

• Pons

Pons merupakan bagian terbesar dari batang otak. Terletak di bawah otak tengah, pons merupakan kumpulan dari saraf yang menghubungkan berbagai bagian otak.

Pada bagian ini juga terdapat ujung awal saraf kranial. Saraf kranial adalah saraf yang berperan dalam pergerakan wajah dan mengantarkan informasi sensori ke otak.

• Medulla oblongata

Medulla oblongata adalah bagian otak yang letaknya paling bawah. Yaitu, bagian otak yang bertemu dengan sumsum tulang belakang.

Bagian ini berfungsi sebagai pusat pengaturan aktivitas tubuh termasuk mengalirkan darah, kadar oksiden, serta fungsi jantung dan paru-paru.

Peran lainnya dari bagian otak untuk berbagai fungsi penting tubuh, mulai dari gerakan refleks seperti bernapas, bersin, menelan, muntah, dan juga batuk.

Baca Juga

  • Manfaat Berbicara dengan Diri Sendiri dan Cara Memulainya
  • 8 Cara Mengusir Sindrom I Hate Monday
  • Buat Otak Rileks dan Fokus, Apa Saja Manfaat Akar Wangi?

Bagian otak manusia lainnya

bagian otak lainnya
Bagian anatomi lainnya pada otak

Ada pula bagian otak manusia lainnya yang lebih dalam lagi selain tiga struktur utama, di antaranya adalah:

1. Thalamus

Thalamus adalah bagian otak yang terletak di atas batang otak. Fungsinya untuk memproses dan memindahkan informasi mengenai pergerakan sensori di otak.

Bisa dibilang, thalamus adalah terminal transit sebelum informasi tersebut berpindah ke korteks serebri.

2 Hipothalamus

Hipothalamus adalah sekelompok sel saraf yang terletak di dasar otak, dekat dengan kelenjar pituitari. Hipotalamus merupakan bagian otak yang juga berfungsi mengatur emosi.

Bagian otak ini pun bertanggung jawab untuk mengatur rasa lapar, haus, emosi, suhu tubuh, tekanan darah, dan siklus tidur.

3. Sistem limbik

Sebenarnya, hingga saat ini belum ada pengelompokan resmi mengenai bagian sistem limbik di otak. Namun secara garis besar, sistem limbik terdiri dari empat bagian utama, yaitu:

  • Amygdala,
  • Hippocampus,
  • Bagian korteks limbik, dan
  • Bagian septal.

Struktur-struktur di atas, berperan sebagai jembatan yang menghubungkan sistem limbik, hipothalamus, serta korteks cerebral.

Bagian otak yang satu ini secara umum berperan sebagai pusat kontrol respon emosional.  Secara khusus, hippocampus juga berperan penting dalam proses belajar dan daya ingat seseorang.

4. Kelenjar pituitari

Sebagai kelenjar utama (hipofisis), ini adalah kelenjar seukuran kacang yang letaknya berada jauh di dalam otak pada area belakang batang hidung.

Kelenjar pituitari berfungsi untuk mengatur kelenjar lain dalam tubuh, seperti mengatur aliran hormon tiroid, adrenal, ovarium, dan testis.

5. Kelenjar pineal

Kelenjar pineal terletak jauh di belakang ventrikel ketiga. Fungsi kelenjar pada bagian otak ini yaitu untuk memproduksi melatonin, yang membantu mengatur jam internal tubuh dan ritme sirkadian (pengatur siklus tidur dan bangun).

6. Corpus callosum

Corpus callosum adalah serat saraf yang menghubungkan sisi kiri otak ke sisi kanan otak. Bagian ini menjadi jalur penghubung terbesar di otak, yang terdiri dari lebih dari 200 juta serabut saraf.

7. Cairan serebrospinal

Cairan serebrospinal mempunyai warna berwarna bening yang berfungsi untuk melindungi otak serta saraf tulang belakang.

Cairan ini berasal dari bagian ventrikel otak sehingga sirkulasinya juga berada pada sumsum tulang bekanag dan di antara meningen.

Banyaknya jumlah cairan ini tergantung jaringan otak. Fungsinya adalah untuk melindungi susmsum tulang belakang, membersihkan kotoran sisa metabolisme, dan memberikan nutrisi.

8. Hippocampus

Hippocampus adalah organ pada bagian otak yang berbentuk kuda laut melengkung pada bagian bawah setiap lobus temporal.

Fungsi dari hipokampus di antaranya adalah menjaga memori, membantu pembelajaran, penunjuk arah, dan membantu pembentukan persepsi.

Penyakit yang memengaruhi fungsi otak

Otak adalah pusat kendali tubuh yang merupakan bagian dari sistem saraf, indera, otot, dan bagian di seluruh tubuh.

Saat mengalami kerusakan, ini dapat mengakibatkan gangguan tertentu. Berikut adalah penyakit atau gangguan yang dapat memengaruhi fungsi otak, seperti:

1. Cedera otak

Penyebab terjadinya cedera otak adalah trauma. Trauma dapat merusak bagian atau jaringan otak, neuron, dan saraf sehingga memengaruhi komunikasi otak dan jaringan tubuh lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh cedera otak, seperti:

  • Hematoma,
  • Gumpalan darah,
  • Memar jaringan otak, atau
  • Pembengkakan dalam tengkorak.

2. Tumor otak

Tumor otak dapat bersifat jinak hingga ganas (kanker). Hingga kini, penyebabnya belum diketahui secara pasti. Apalagi, dapat terjadi pada segala jenis usia.

Gejala tumor otak tergantung pada ukuran dan lokasinya. Berikut adalah gejala yang paling umum:

  • Sakit kepala,
  • Kejang,
  • Kesemutan di lengan atau kaki,
  • Perubahan kepribadian,
  • Mual dan muntah, serta
  • Gangguan indera.

3. Hidrosefalus

Hidrosefalus adalah suatu kondisi yang gejalanya adalah peningkatan abnormal cairan serebrospinal pada bagian otak ventrikel.

Ketika sirkulasi cairan tersumbat, cairan mulai menumpuk dan mengakibatkan ventrikel membesar. Ini juga membuat tekanan di dalam kepala meningkat sehingga terjadi hidrosefalus.

4. Stroke

Stroke atau serangan otak terjadi ketika aliran darah ke otak tersumbat. Anda perlu berhati-hati karena ini adalah kondisi yang cukup berbahaya.

Hal ini bisa mengakibatkan sel otak menjadi mati karena tidak ada sirkulasi darah atau oksigen. Kemampuan atau kegiatan yang terpengaruhi, seperti:

  • Tidak bisa bergerak,
  • Sulit berbicara,
  • Kesulitan makan,
  • Daya ingat menurun, hingga
  • Tidak bisa berpikir.

5. Cedera tulang belakang akut

Sumsum tulang belakang adalah kumpulan saraf yang membawa pesan antara otak dan seluruh tubuh sehingga Anda bisa bergerak.

Penyebab cedera tulang belakang akut adalah cedera traumatis yang memar atau robek sehingga bisa mengakibatkan cacat permanen dan kematian.

Fakta menarik seputar otak manusia

Ada banyak fakta unik seputar otak manusia
Ada banyak fakta seputar otak manusia

Sebagai organ tubuh yang begitu luar biasa, otak juga memiliki serangkaian fakta menarik yang sayang jika Anda lewatkan, di antaranya adalah:

  • Otak manusia memiliki bobot sekitar 1,5 kg.
  • Volume rata-rata otak laki-laki adalah 1.274 cm³.
  • Volume rata-rata otak perempuan adalah 1.131 cm³.
  • Otak menyumbangkan sekitar 2% dari total berat badan.
  • Sekitar 85% dari otak merupakan bagian dari cerebrum atau otak besar.
  • Otak manusia memiliki sekitar 86 miliar sel saraf (neuron).

Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai fungsi serta bagian otak manusia, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan otakpenyakit otakradang otakfungsi otak kananhidup sehatanatomi manusia

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved