Mengenal terlebih dahulu apa itu komitmen dalam hubungan perlu dilakukan
Komitmen dalam hubungan diperlukan demi kelangsungan hubungan tersebut

Komitmen adalah hal dasar yang harus dimiliki seseorang saat ingin menjalin suatu hubungan, entah itu pacaran atau rumah tangga. Tanpa adanya sebuah komitmen, hubungan Anda dengan pasangan mungkin tidak akan berjalan mulus karena adanya perbedaan pemikiran dan sudut pandang.

Komitmen diperlukan untuk mencapai tujuan dalam hubungan. Memang tidak mudah untuk memberikan komitmen, tapi Anda perlu memahaminya demi kelangsungan hubungan Anda.

Apa itu komitmen dalam hubungan?

Komitmen dalam hubungan dapat ditunjukkan melalui beberapa aspek berikut:

  • Memberi kebebasan dan kepercayaan kepada pasangan

Jika dilandasi oleh komitmen yang kuat, maka Anda akan memberi kebebasan dan kepercayaan kepada pasangan Anda. Contohnya, Anda tidak ragu untuk memberi kebebasan ke pasangan Anda saat ia ingin pergi bersama teman. Hal ini dapat terjadi karena saling percaya bahwa pasangan kita tidak akan selingkuh atau memberikan hatinya ke orang lain.

  • Menyatukan perbedaan

Perbedaan sering kali menjadi alasan retaknya hubungan seseorang. Namun untuk mengatasinya, kedua pihak perlu menyatukan perbedaan dan berdamai dengan perbedaan tersebut jika ingin selalu bersama. Menyatukan dua isi kepala juga dibutuhkan usaha, tidak hanya dengan kata-kata.

  • Menjadi diri sendiri

Adanya komitmen dalam suatu hubungan artinya keduanya bisa menerima kondisi pasangan apa adanya. Tidak ada salahnya untuk menjadi diri sendiri, jika pasangan Anda memiliki komitmen dengan Anda, maka ia akan menerima segala kelebihan dan kekurangan Anda. Namun, Anda juga perlu berusaha menjadi versi terbaik dari sebelumnya.

  • Usaha untuk menjalin hubungan yang serius

Tidak hanya dengan janji-janji, pasangan yang sudah berkomitmen cenderung akan melakukan usaha nyata untuk mewujudkan hubungannya ke tahap yang lebih serius. Jika setiap pasangan memiliki tujuan serta berkomitmen, maka keduanya akan berusaha untuk membuatnya menjadi nyata dan menjalaninya bersama-sama. Harapan akan menjadi angan semata, jika tidak dilandasi oleh komitmen.

  • Saling melengkapi

Dengan adanya komitmen, suatu hubungan tidak akan menyalahkan perbedaan atau kekurangan satu sama lain. Pasangan yang sudah berkomitmen justru akan saling melengkapi kekurangan dan kelebihan pasangannya. Tidak heran, hubungan dengan komitmen yang kuat akan lebih langgeng.

Pentingnya komitmen dalam berhubungan

Menjalani suatu hubungan adalah pilihan kedua pihak untuk menghabiskan hari-hari bersama dengan pasangan dan membuat satu sama lain merasa bahagia. Di sinilah komitmen dalam hubungan berperan penting agar dua orang bisa saling melengkapi. Contohnya, komitmen sebuah pernikahan adalah akan selalu ada di saat pasangan Anda sedang berada di titik terendah sekalipun.

Makna komitmen dalam hubungan akan membuat hubungan tidak mudah kandas begitu saja. Orang yang sulit untuk berkomitmen mungkin cenderung lebih mudah berbohong, selingkuh atau tidak memiliki tujuan yang pasti terkait dengan hubungannya.

Bentuk komitmen dalam berhubungan

Masalah dalam hubugan perlu diatasi
Mengatasi masalah dengan serius adalah bentuk komitmen

Bentuk-bentuk komitmen dalam berhubungan dapat diwujudkan dengan berbagai tindakan berikut:

  • Ingin menjalin hubungan dalam jangka panjang

Pasangan yang memiliki komitmen cenderung memikirkan cara agar hubungannya bisa terus berlanjut. Contohnya ketika pacaran, pasangan Anda akan berusaha untuk berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Kemudian setelah menikah, akan tetap menjaga kepercayaan, membahagiakan satu sama lain, dan terus bersama hingga tua.

  • Setia

Dalam suatu hubungan mungkin dua pihak memiliki gagasan yang berbeda tentang status hubungan tersebut. Orang tidak memiliki komitmen, cenderung lebih mudah berpaling ke orang lain atau selingkuh.  Sedangkan orang yang memiliki komitmen dengan hubungannya, akan setia dengan pasangannya dalam kondisi apa pun.

  • Mengatasi masalah dalam hubungan dan selalu memikirkan penyelesaiannya

Saat menjalin hubungan, pertengkaran tidak dapat dihindarkan dan di sini lah komitmen Anda dengan pasangan akan terlihat. Saat terjadi pertengkaran, orang yang berkomitmen akan cenderung mengatasi masalah tersebut dengan serius dan selalu memikirkan penyelesaiannya agar keributan tidak terulang kembali.

Cara untuk menjaga komitmen dengan pasangan

Membangun komitmen dalam hubungan memang tidak mudah, Anda perlu melakukan hal berikut ini untuk menjaga komitmen Anda dengan pasangan.

  • Hindari memikirkan masa lalu

Masa lalu kerap menjadi alasan keretakan suatu hubungan. Oleh karena itu, saat memulai hubungan dengan pasangan Anda hindari memikirkan masa lalu. Anda tidak perlu memikirkan masa lalu hubungan percintaan Anda dan tidak terus membahas masa lalu pasangan Anda.

Dengan tidak mengkhawatirkan masa lalu, suatu pasangan akan tetap jalan ke depan dan memiliki komitmen yang kuat satu sama lain.

  • Komunikasi

Komunikasi menjadi kunci dalam menjalani hubungan. Anda dan pasangan perlu menjaga komunikasi yang baik demi terciptanya suatu komitmen yang kuat. Selalu bicarakan situasi yang terjadi dalam kehidupan Anda agar tidak terjadi salah paham.

  • Hindari keraguan dengan pasangan

Selama ada keraguan di hati, maka seseorang sulit untuk bisa berkomitmen dengan pasangannya. Oleh karena itu, Anda perlu membangun kepercayaan kepada pasangan Anda dan hindari pemikiran negatif pada pasangan Anda agar suatu komitmen dapat terbangun.

  • Buat target dalam hubungan Anda

Jika Anda sudah menjalani hubungan, buatlah target yang jelas tentang hubungan Anda. Diskusikan tujuan hubungan Anda dengan pasangan, dengan demikian hubungan Anda akan menuju ke arah yang lebih serius dan komitmen itu akan terbentuk dengan sendirinya.

Komitmen bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi tindakan yang bisa membuktikan adanya komitmen tersebut dalam hubungan. Menjalin hubungan dengan pasangan merupakan pilihan Anda untuk menjalani hari-hari bersama. Tanpa adanya komitmen yang kuat, mungkin akan sulit untuk menyatukan perbedaan dan mencapai tujuan hubungan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun komitmen dengan pasangan.

Healthline
https://www.healthline.com/health/how-to-rebuild-trust#defining-trust
diakses pada 2 April 2020

Healthline
https://www.healthline.com/health/why-people-cheat
Diakses pada 2 April 2020

Medium
https://medium.com/the-mission/the-5-keys-to-commitment-in-relationships-bf20b67abdb4
diakses pada 2 April 2020

Psychology today
https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-attraction-doctor/201506/3-reasons-why-we-dont-commit-relationships
Diakses pada 2 April 2020

Artikel Terkait