Memahami Apa Itu Insecure Beserta Penyebabnya

(0)
18 Aug 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Insecure adalah gambaran perasaan tidak amanInsecure bisa membuat Anda merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri
Rasa insecure, keraguan, tidak percaya diri, dan ketakutan pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Bahkan orang yang paling percaya diri sekalipun, pernah memiliki perasaan yang sama. Lalu, apa itu insecure?Insecure adalah perasaan tidak aman. Dengan kata lain, seseorang akan merasa ada suatu hal yang kosong dan berusaha untuk mengisinya dengan berbagai cara.Insecure adalah hal yang normal terjadi. Tetapi merasa insecure terhadap diri sendiri sepanjang waktu secara berlebihan dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan Anda. Mulai dari kesehatan fisik, emosional, hingga pekerjaan Anda.

Apa penyebab perasaan insecure?

Apa itu insecure? Apa itu insecure merupakan pertanyaan yang sebagian besar orang tanyakan. Pada dasarnya, penyebab insecure adalah hal yang berbeda-beda dan sifatnya pribadi pada setiap orang.Perlu diingat bahwa tidak ada penyebab pasti dari insecure, tetapi banyak faktor yang dapat mengarahkan pada kondisi ini.Insecure adalah suatu kondisi yang berasal dari peristiwa traumatis atau krisis, seperti perceraian, kebangkrutan, atau kehilangan.Hal tersebut juga dapat terjadi karena ketidakpastian atau gangguan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menimbulkan kecemasan dan rasa insecure.Orang yang memiliki rasa insecure mungkin juga memiliki kepercayaan diri yang rendah, punya masalah terhadap tubuhnya, hidup yang tidak terarah, atau merasa diabaikan oleh orang lain.Beberapa faktor yang dapat mengarahkan Anda pada perasaan insecure adalah sebagai berikut:

1. Takut akan kegagalan dan penolakan

Salah satu penyebab utama rasa insecure adalah takut akan kegagalan dan penolakan. Padahal dalam hidup, terkadang Anda hanya harus mengambil risiko tersebut.Sebab, ada lebih banyak hal yang bisa dipelajari dari kegagalan ketimbang keberhasilan. Jika Anda gigih, pada akhirnya kegagalan tersebut dapat Anda hindari.

2. Sifat yang terlalu perfeksionis

Berikutnya, penyebab insecure adalah sifat yang terlalu perfeksionis. Terkadang tanpa disadari kita memiliki standar yang sangat tinggi untuk semua hal yang kita lakukan.Anda mungkin menginginkan nilai tertinggi, pekerjaan terbaik, apartemen atau rumah dengan dekorasi paling indah, anak-anak sopan, atau pasangan yang ideal.Sayangnya, hidup tidak selalu menjadi seperti yang kita inginkan. Bahkan, jika kita sudah bekerja ekstra keras sekalipun.Jika terus-menerus kecewa dan menyalahkan diri sendiri karena sesuatu yang kurang sempurna, Anda akan mulai dibayangi oleh perasaan insecure.Insecure adalah perasaan yang terjadi secara terus-menerus dan bersifat tidak baik karena dapat menyebabkan depresi, gangguan kecemasan, gangguan makan, bahkan kelelahan kronis.

3. Kurang percaya diri karena kecemasan sosial

Hal lain yang menjadi faktori risiko penyebab insecure adalah kurang percaya diri. Banyak dari Anda mungkin pernah mengalami kurang percaya diri dalam situasi sosial, seperti pesta, pertemuan keluarga, wawancara, hingga kencan.Perasaan kurang percaya diri biasanya didasari rasa takut akan dievaluasi atau dinilai kurang oleh orang lain. Akibatnya, Anda akan menghindari situasi sosial dan mengalami perasaan insecure.

4. Pola asuh yang kurang tepat

Insecure adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh orangtua yang terlalu kritis, lalai, atau kasar.Kadang-kadang pengabaian juga dapat terjadi. Terutama pada keluarga dengan banyak anak atau orangtua yang sibuk bekerja sepanjang hari.Ketidakcocokan antara orangtua dan anak pun kerap terjadi. Hal ini dapat disebabkan oleh sifat kedua pihak hingga ekspektasi orangtua yang berbeda dengan yang diinginkan anak. Karena hal tersebut, rasa insecure dapat timbul pada anak.

5. Korban bullying

Pada masa kanak-kanak, mungkin tanpa disadari kita pernah menjadi sasaran bullying teman sekelas karena berbagai alasan, seperti cara mereka melihat, tempat tinggal, cara berpakaian; dan perbedaan ras, agama, atau etnis.Korban bullying biasanya akan mudah merasa takut. Dalam jangka panjang, mereka akan mengalami kesulitan menjalin hubungan dengan siapa pun. Hal tersebut dapat memicu perasaan insecure.

Cara mengatasi insecure

Apabila Anda telah memahami bahwa diri Anda memiliki perasaan insecure, maka mulai sekarang cobalah untuk berbenah. Beberapa cara mengatasi insecure adalah sebagai berikut:
  • Manjakan tubuh Anda dengan relaksasi, seperti melakukan pijat atau perawatan wajah.
  • Lakukan kegiatan favorit Anda setidaknya 30 menit setiap hari.
  • Matikan sejenak ponsel Anda atau lakukan detoks media sosial.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.
  • Berlatih self-compassion dengan cara berbicara yang baik kepada diri sendiri.
  • Pastikan kalau Anda makan secara teratur dan memiliki waktu tidur yang cukup.
  • Habiskan waktu dengan orang-orang terdekat atau tersayang, karena membantu Anda menghargai kualitas dan perspektif unik diri Anda sendiri.
Insecure adalah kondisi yang menggambarkan perasaan tidak aman sehingga membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri.Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri.Dengan mengetahui beberapa hal seputar insecure di atas semoga dapat membantu Anda memahami perasaan ini. sehingga membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.
gangguan kecemasan
Contentmentquesting. https://contentmentquesting.com/causes-of-insecurities/
Diakses pada 12 Mei 2020.
Drgeraldstein. https://drgeraldstein.wordpress.com/2013/04/26/the-causes-of-insecurity/
Diakses pada 12 Mei 2020
Goodtheraphy. https://www.goodtherapy.org/blog/psychpedia/insecurity
Diakses pada 12 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-being-insecure#embrace-the-awkward
Diakses pada 12 Mei 2020
Psychologytoday. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-mindful-self-express/201512/the-3-most-common-causes-insecurity-and-how-beat-them
Diakses pada 12 Mei 202
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait