Rasa iri akibat keberhasilan orang lain yang dibagikan di medsos, bisa memicu depresi.
Media sosial bisa membuat penggunanya merasa iri dengan kondisi orang lain, hingga akhirnya depresi.

Media sosial telah menjadi bagian dari cara berinteraksi sehari-hari, bagi hampir setiap orang. Meski begitu, tidak sedikit juga yang belum menggunakannya dengan bijaksana sehingga dampak negatif media sosial masih sulit untuk dihindari.

Penggunaan media sosial berlebih dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan mental Anda. Bahkan, penggunaan media sosial disebut sebagai salah satu penyebab depresi. Benarkah demikian?

Dampak Media Sosial terhadap Kesehatan Mental

Dampak media sosial tentu tidak selamanya buruk. Apabila Anda memanfatkannya untuk melakukan interaksi yang positif, mendukung kegiatan sosial, serta mempererat hubungan dengan kerabat, media sosial dapat memberikan dampak yang positif.

Di sisi lain, penggunaan media sosial yang kurang bijak dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental Anda. Saat ini, media sosial kerap dikaitkan sebagai salah satu faktor risiko depresi dan gangguan kecemasan.

Kaitan antara depresi dan media sosial tidak hanya seputar tekanan sosial untuk membagikan atau mengikuti berita terkini. Munculnya kondisi kejiwaan yang satu ini juga disebabkan oleh kecenderungan pengguna sosial media membandingkan dirinya dengan keberhasilan yang dicapai orang lain.

Saat melihat teman atau kerabat yang memiliki pekerjaan yang bagus, pasangan yang baik, serta rumah yang indah, Anda dapat merasa turut berbahagia. Namun tidak jarang, rasa iri yang dapat memicu depresi, justru muncul. Bahkan perasaan ini memicu keinginan bunuh diri, ketika melihat pencapaian Anda tidak sebanding dengan teman-teman Anda.

Hubungan depresi dan media sosial, juga berkaitan dengan koneksi yang Anda miliki dengan teman-teman di jejaring tersebut. Koneksi yang terbentuk di media sosial, tidak berlangsung melalui tatap muka secara langsung. Hal tersebut membuat koneksi yang terbentuk menjadi kurang memuaskan secara emosional, sehingga memicu munculnya rasa terisolasi dari kehidupan sosial.

Gunakan Media Sosial Secara Bijak untuk Hindari Depresi

Media sosial tidak selamanya buruk untuk kesehatan mental Anda. Beberapa dampak sosial media yang positif juga bisa Anda dapatkan, seperti berikut ini.

1. Dapat Menginspirasi Gaya Hidup Sehat

Media sosial dapat Anda gunakan sebagai alat motivasi dalam mencapai gaya hidup sehat. Misalnya untuk berhenti merokok atau rutin berolahraga. Dengan membagikan resolusi di media sosial, Anda bisa mendapatkan dukungan positif dan menjadi inspirasi agar orang lain mengikutinya.

2. Sebagai Sarana untuk Menyebarkan Bantuan

Medsos dapat menjadi sarana untuk membantu orang lain. Begitu banyak akun yang menyediakan informasi mengenai saluran pencegahan bunuh diri, maupun forum-forum anonim yang membantu pengguna Internet untuk membagikan pengalaman pribadinya, dan menerima motivasi serta saran untuk memerbaiki kehidupannya.

3. Membantu Menemukan Solusi bagi Persoalan Hidup

Permasalahan yang umumnya dialami oleh orang dengan masalah pada kesehatan mental seperti depresi, adalah keengganan untuk menceritakan masalah kepada orang-orang terdekat. Saat ini, sudah semakin banyak orang yang mencari solusi untuk hal tersebut melalui media sosial.

Anda bisa menemukan banyak akun media sosial yang membagikan saran seputar masalah kesehatan, dan topik-topik lain. Mulai dari kontrasepsi, hingga cara menghilangkan jerawat.

Meski media sosial dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental, jika Anda menggunakannya dengan bijak, kemajuan teknologi ini dapat membantu memperbaiki kesehatan Anda. Ikutilah akun-akun yang membangun, dapat memberi motivasi, dan membagikan informasi yang berguna bagi Anda.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5143470/
Diakses 13 Februari 2019

Anxiety and Depression Association of America. https://adaa.org/social-media-obsession
Diakses 13 Februari 2019

Child Mind Institute. https://childmind.org/article/is-social-media-use-causing-depression/
Diakses 13 Februari 2019

Painted Brain. https://paintedbrain.org/editorial/7-ways-social-media-can-benefit-mental-health-2/
Diakses 13 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed