Mati Gaya di Rumah? Coba Permainan Anak-Anak yang Seru Ini, Yuk!


Jenis permainan anak-anak yang dijual di luar sana memang tak ada habisnya. Tapi sebenarnya, permainan anak yang mendidik dan tidak menghabiskan uang.

(0)
10 Feb 2021|Azelia Trifiana
Bermain peran sebagai dokter bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan bersama anakBermain peran sebagai dokter bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan bersama anak
Jenis permainan anak-anak yang dijual di luar sana memang tak ada habisnya. Tapi sebenarnya, permainan anak yang mendidik tidak selalu harus membuat orangtua harus merogoh kantong terlalu dalam. Mencoba sendiri permainan bersama anak-anak bisa menambah bonding dengan mereka.Ada hal yang tak bisa dibeli dengan uang sebanyak apapun, yaitu imajinasi anak-anak. Inilah yang bisa digali oleh orangtua untuk mewujudkan permainan seru dan tidak biasa.

Jenis permainan yang mendidik untuk anak

Beberapa jenis permainan yang bersifat mendidik untuk si kecil di antaranya:

1. Permainan peran

Bermain peran atau pretend play punya banyak manfaat. Bukan cuma permainan untuk anak perempuan sebenarnya, karena siapapun bisa melakukan permainan ini. Pilih jenis peran yang akan dipilih dan biarkan anak menentukan akan menjadi apa mereka.Tak hanya itu, si kecil juga sebaiknya diberi otoritas untuk menentukan alur cerita. Anda sebagai orangtua akan terkejut dengan beragam manfaatnya seperti:
  • Menggali kreativitas
Imajinasi dan kreativitas anak tak mengenal batas. Ketika diberi wadah untuk menuangkannya, mereka bisa menjadi apa saja tanpa batasan jarak dan waktu. Lihat bagaimana naturalnya anak-anak merangkai cerita, bahkan tanpa harus berpikir terlebih dahulu.
  • Merefleksikan hubungan sosial
Tanpa disadari, pretend play adalah permainan yang meniru bagaimana interaksi sosial di sekitar mereka. Saat ada unsur berbagi dalam permainan peran yang mereka lakukan, artinya mereka belajar bagaimana interaksi sosial dengan orang lain.Tak kalah penting, orangtua perlu memerhatikan betul bagaimana anak berinteraksi dalam pretend play. Apabila mereka tampak meniru bagaimana cara Anda berbicara sehari-hari, itu menjadi pengingat pentingnya berkata hal-hal baik di depan anak-anak.
  • Belajar menyelesaikan konflik
Saat bermain dengan orang lain, sangat mungkin ada gesekan atau konflik karena keinginan yang berbeda. Di sinilah anak berlatih untuk menyelesaikan masalah. Contohnya dengan saling sepakat untuk berbagi peran secara adil.

2. Keliling dunia

Tak perlu membeli tiket atau packing, anak bisa berkeliling dunia tanpa meninggalkan kamar mereka. Manfaatkan kardus bekas di rumah dengan mengubahnya menjadi pesawat atau balon udara sembari berkhayal sedang keliling dunia.Benda-benda yang ada di rumah bisa menjadi pendukung permainan ini. Ikutlah tenggelam dalam keseruan imajinasi mereka, bisa jadi mendekatkan ikatan anak dan orangtua.

3. Berdandan

Bermain dress up atau berdandan adalah permainan untuk anak perempuan yang tak lekang oleh waktu. Minta anak memilih karakter apa yang ingin diperankan, kemudian buat properti dari benda yang ada di sekitar. Jangan berhenti sampai di situ saja, tambahkan keceriaan dengan bermain peran atau cerita tertentu.

4. Memasak

Ide permainan yang tak kalah menyenangkan bisa dengan memasak atau baking. Tak perlu yang terlalu sulit, buat saja camilan atau masakan sederhana. Prosesnya lebih penting ketimbang hasil akhir.Jangan lupa bermain seakan-akan sedang berada di restoran. Ada penjual, koki, dan juga pembeli. Anak akan sangat menikmati permainan semacam ini selama berjam-jam.

5.  Olimpiade dalam rumah

Apabila anak Anda termasuk kinestetik atau aktif bergerak, coba buat suasana rumah seakan sedang menggelar olimpiade. Contohnya membuat track lari dengan objek di sekitarnya yang tidak boleh tersenggol.Buat suasana semakin semarak dengan mengenakan pakaian olahraga hingga mempersiapkan piala bagi yang juara. Ide-ide lomba seperti 17-an seperti memindahkan kelereng dengan sendok di mulut juga bisa menambah keseruan.

6. Menjadi dokter

Jangan lupakan keseruan berperan sebagai dokter dan memeriksa boneka-boneka kesayangan. Si kecil bisa menjadi dokter spesialis dadakan dan merancang cerita tentang apa keluhan “pasien” yang datang ke kliniknya.Tak hanya permainan dengan skenario sebagai dokter saja, tapi ide ini juga membangun rasa empati pada anak-anak. Mereka menjadi sosok yang peduli kepada makhluk hidup lainnya.

Tak akan sulit rasanya menemukan permainan anak-anak selama berada di rumah. Imajinasi dan kreativitas mereka sudah menjadi modal yang lebih dari cukup untuk menciptakan keseruan.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar dampak baik permainan peran terhadap kreativitas si kecil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentingibu dan anakgaya parenting
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/ideas-to-encourage-pretend-play-and-why-its-so-good-for-kids-3894828
Diakses pada 25 Januari 2021
Therapy Focus. https://therapyfocus.org.au/on-the-blog/the-benefits-of-imaginative-play/
Diakses pada 25 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/imaginative-play
Diakses pada 25 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait