Mata Terasa Pegal dan Berat? Ini 7 Penyebab dan 6 Cara Mengatasinya


Menatap layar komputer terlalu lama menjadi penyebab mata terasa pegal yang paling umum. Namun, ada lagi faktor-faktor lainnya yang menyebabkan mata pegal dan berat, salah satunya bahkan penyakit berbahaya.

(0)
10 Feb 2021|Rhandy Verizarie
mata terasa pegalMata yang terasa pegal bisa karena menatap layar komputer dan faktor-faktor lainnya
Anda mungkin sering mengalami mata terasa pegal. Namun, tahukah Anda apa yang menyebabkan mata pegal? Apakah ini pertanda ada masalah serius pada mata? Berikut penjelasan mengapa mata kerap pegal beserta cara mengatasinya.

Penyebab mata terasa pegal

Mata pegal adalah kondisi yang sepertinya pernah dialami semua orang. Dalam dunia medis, kondisi ini memiliki nama astenofia. Selain pegal, mata yang mengalami astenofia biasanya terasa nyeri, bengkak, kering, fotofobia, dan pandangan buram. Pada kasus yang lebih parah, Anda kemungkinan juga akan merasakan sakit kepala dan hilang konsentrasi.Apa yang menjadi penyebab mata terasa pegal?

1. Menatap layar komputer terlalu lama 

Menatap layar komputer maupun smartphone adalah penyebab mata pegal dan berat yang paling umum.Sebuah tinjauan ilmiah tahun 2018 menyebutnya sebagai digital eye strain (DES). DES terjadi akibat otot-otot mata jadi bekerja ekstra untuk membaca teks maupun gambar pada layar komputer dan smartphone.Paparan cahaya dari komputer atau smartphone yang disebut ‘blue light filter’ juga turut berkontribusi menghasilkan efek pegal pada mata Anda. Kondisi ini disebut computer vision syndrome.

2. Melihat dalam kegelapan

Memaksakan mata untuk melihat dalam ruangan yang remang atau bahkan gelap sama sekali juga menyebabkannya terasa pegal dan berat.Sama seperti penyebab sebelumnya, cahaya yang minim membuat mata harus bekerja keras agar Anda tetap bisa melihat dengan jelas. Akibatnya, otot mata jadi tegang dan timbullah rasa pegal.

3. Terpapar cahaya terang

Terpapar cahaya yang terlalu terang alias silau juga mengakibatkan mata lelah dan pegal. Sumber cahaya terang bisa bermacam-macam, seperti:
  • Layar komputer atau smartphone
  • Kendaraan
  • Ruangan indoor (gelanggang olahraga, teater, dsb.)
Sebaiknya hindari sumber-sumber cahaya terang tersebut untuk mencegah ketegangan pada mata Anda.

4. Sedang stres atau lelah

Sedang stres atau lelah akibat aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari ternyata tidak hanya menyebabkan sekujur tubuh terasa pegal, tapi mata juga. Mata juga bisa pegal ketika Anda mengalami stres atau lelah. Belum ada penjelasan pasti mengenai hubungan antara stres dengan mata pegal. Namun, orang yang kelelahan mungkin lebih sedikit kesulitan untuk memfokuskan penglihatan mereka. Akibatnya, mata jadi terasa pegal dan berat.

5. Kurang tidur

Anda punya kebiasaan tidur larut malam alias begadang? Jangan heran jika mata Anda kerap terasa pegal dan berat.Sama seperti anggota tubuh lainnya, mata juga perlu beristirahat. Memaksa mata terus-terusan ‘bekerja’ dari pagi hingga larut malam hanya akan membuat otot-otot organ penglihatan tersebut menjadi tegang.

6. Alergi

Penyebab mata pegal dan berat selanjutnya adalah alergi. Bagaimana alergi bisa sampai memunculkan rasa pegal pada mata?Saat terpapar zat atau benda pemicu alergi (alergen), tubuh akan melepaskan senyawa histamin yang menyebabkan pembuluh darah melebar.Pelebaran pembuluh darah membuat mata mengalami iritasi. Selain itu, mata juga akan membengkak. Pembengkakan mata inilah yang menimbulkan nyeri atau pegal.

7. Glaukoma

Mata terasa pegal dan disertai sakit kepala bisa jadi merupakan pertanda dari gangguan medis serius yang disebut glaukoma.Melansir National Health Service (NHS), glaukoma adalah kondisi ketika saraf optik yang merupakan penghubung antara mata dan otak mengalami kerusakan. Jika tidak segera ditangani, glaukoma dapat menyebabkan kebutaan.Glaukoma, selain menyebabkan mata terasa pegal dan sakit kepala, juga mengakibatkan penglihatan buram. Gejala umum lainnya dari kondisi ini meliputi:
  • Mata merah
  • Area di sekitar mata terasa lembut
  • Melihat ‘cincin’ pada cahaya (halo)
  • Mual dan muntah
Glaukoma bisa menyerang siapa saja. Namun, lansia berusia 70-80 tahun menjadi kelompok yang paling berisiko.

Cara mengatasi mata terasa pegal dan berat

Mata terasa pegal dan berat tentu sangat tidak nyaman. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Istirahatkan mata sejenak

Jangan tunda untuk mengistirahatkan mata Anda apabila rasa pegal mulai muncul. Jika Anda sedang bekerja di depan komputer, maka berhentilah sejenak.Ada trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata pegal dan berat akibat menatap layar komputer dan smartphone, yaitu:
  • Berhenti menatap layar komputer atau gawai setiap 20 menit sekali
  • Alihkan pandangan ke objek yang berjarak kurang lebih 6 meter selama 20 detik
Trik yang disebut 20-20 ini cukup efektif untuk membuat otot-otot mata yang tegang menjadi rileks kembali. Selain itu, Anda juga bisa menutup mata sejenak untuk mengatasi rasa pegalnya.

2. Atur jarak layar komputer 

Mengatur jarak antara mata dengan layar komputer, smartphone, maupun televisi juga menjadi kunci untuk mencegah dan mengatasi mata pegal yang kerap Anda alami.Idealnya, jarak antara mata dengan layar kurang lebih 50 sentimeter. Selain itu, atur tingkat keterangan layar agar jangan terlalu terang.

3. Atur pencahayaan di sekeliling

Mengatur pencahayaan di sekeliling menjadi langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan guna meredakan gejala pegal pada mata.Pastikan sumber cahaya seperti lampu tidak terlalu terang, namun juga tidak terlalu remang (kecuali saat hendak tidur).

4. Sering berkedip

Mata terasa pegal juga bisa jadi akibat dari kekurangan cairan alias dehidrasi.Cara mengatasi pegal pada mata akibat mata kering adalah dengan berkedip. Berkedip membantu mengeluarkan air mata yang berfungsi untuk menjaga organ penglihatan ini tetap basah.Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih 8-10 gelas setiap hari.Apabila cara-cara di atas tidak juga berhasil, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan air mata buatan (artificial tears). Akan tetapi, berkonsultasilah dengan dokter mata terlebih dahulu.

5. Kompres mata dengan air hangat atau dingin

Tips mengatasi mata pegal dan berat lainnya adalah dengan mengompresnya dengan air hangat atau air dingin.Cara alami ini dipercaya mampu merelaksasi otot-otot mata yang tegang hingga menyebabkan rasa pegal maupun mata buram.Pertama-tama, kompres mata dengan air hangat untuk membuat otot-otot mata menjadi rileks. Setelah itu, kompres dengan air dingin untuk memperlancar peredaran darah pada mata.

6. Periksa ke dokter

Periksakan diri Anda ke dokter apabila mata terasa pegal tidak juga sembuh setelah beberapa hari dan Anda juga sudah melakukan cara-cara di atas.Ini juga berlaku apabila pegal pada mata disertai gejala-gejala yang mengarah pada glaukoma. Penanganan medis harus segera dilakukan guna mencegah kondisi bertambah buruk.Anda punya pertanyaan seputar masalah pada mata? Chat dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play.
kesehatan matapenyakit matagangguan matamata lelah
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/ways-relieve-tired-eyes/ Diakses pada 24 Januari 2021All About Vision. https://www.allaboutvision.com/cvs/irritated.htm Diakses pada 24 Januari 2021BMJ. https://bmjophth.bmj.com/content/3/1/e000146 Diakses pada 24 Januari 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/asthenopia#causes Diakses pada 24 Januari 2021NHS. https://www.nhs.uk/conditions/glaucoma/ Diakses pada 24 Januari 2021Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/do-you-suffer-from-asthenopia-or-tired-eyes-3421982#citation-2 Diakses pada 24 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait