Mata Merah karena HP? Atasi dengan Cara Ini

(0)
11 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Mata merah karena HP bisa terjadi akibat iritasiMenatap layar HP untuk waktu yang lama bisa sebabkan mata merah
Di zaman serba digital ini, berbagai hal dapat diakses melalui handphone (HP). Hanya dengan sentuhan jari, Anda bisa mengakses media sosial, menonton film atau video, membaca berita, hingga bermain game. Banyak orang yang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar HP-nya. Hal ini tentunya bisa menimbulkan sejumlah masalah pada mata Anda, misalnya mata menjadi merah. Lantas, bagaimana cara mengatasi mata merah karena HP?

Cara mengatasi mata merah karena HP

Mata yang merah karena HP biasanya diakibatkan oleh iritasi mata dan mata kering. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir karena ada beberapa cara mengatasi mata merah yang bisa Anda lakukan.

1. Beri obat tetes mata

obat tetes mata
Obat tetes mata bantu atasi mata merah
Obat tetes mata bisa membantu mengatasi mata merah karena iritasi atau kering. Anda dapat membelinya di apotek tanpa resep dokter. Anda dapat membeli tetes mata berisi air mata buatan, jangan sekali-kali membeli tetes mata berisi steroid atau antibiotik tanpa resep dokter. Pastikan Anda menggunakannya sesuai petunjuk penggunaan yang terdapat dalam label kemasan. Hindari memakainya berlebihan karena dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah lain pada mata.

2. Pejamkan mata

Mata merah karena HP bisa menjadi tanda bahwa mata Anda perlu beristirahat. Jadi, cobalah pejamkan mata Anda selama beberapa waktu misalnya Anda bisa tidur siang. Dengan istirahat yang cukup, ketegangan di sekitar mata perlahan-lahan bisa hilang. Jauhkan dulu HP dari jangkauan supaya Anda bisa beristirahat dengan baik.

3. Pijat mata dengan lembut

Memberi pijatan pada mata
Pijatan lembut pada mata bantu memperlancar aliran darahnya
Anda juga bisa memberi pijatan-pijatan lembut di sekitar area mata. Pijatan ini dapat membantu memperlancar aliran darah pada daerah mata sehingga meredakan rasa pegal dan tidak nyaman di mata. Hindari memberi tekanan yang kuat karena akan membuat mata terasa sakit.

4. Letakkan kompres pada mata

Mengompres mata dengan kompres dingin bisa membuatnya lebih rileks. Anda hanya perlu merendam handuk ke dalam air dingin, kemudian peras dan kompres mata. Diamkan selama beberapa menit hingga mata Anda terasa segar kembali.

5. Terapkan aturan 20:20:20

Jika Anda tetap harus mengecek HP secara berkala, terapkan aturan 20:20:20. Dalam aturan ini, istirahatkan mata Anda setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat sesuatu pada jarak 20 meter. Tindakan ini bisa mengurangi paparan sinar biru pada mata sehingga tidak memperburuk kondisi mata merah karena HP yang Anda alami.

6. Konsumsi makanan kaya vitamin A

bayam segar
Bayam tinggi akan vitamin A
Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin A secara rutin, seperti wortel, hati sapi, ubi jalar, bayam, minyak hati ikan kod, brokoli, dan paprika merah. Berbagai makanan ini bisa membantu meningkatkan kesehatan mata Anda.

7. Hindari menggunakan riasan mata

Hindari menggunakan riasan mata untuk sementara jika mata Anda merah. Sebab riasan mata dikhawatirkan akan membuat mata semakin teriritasi. Akan lebih baik, jika Anda meletakkan potongan timun atau tomat di mata agar membuatnya terasa lebih segar.

Mengapa mata merah karena HP?

Mata merah karena HP umumnya disebabkan oleh dua kondisi, yakni iritasi mata dan mata kering. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua penyebab ini.
  • Iritasi mata

Menatap layar HP dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan iritasi. Kondisi ini biasanya bersifat sementara dan bisa mereda jika Anda berhenti menatap layar HP. Iritasi mata akibat layar HP atau gadget ini juga dikenal sebagai digital eye strain atau computer vision syndromeIritasi mata biasanya menyebabkan mata menjadi merah dan menimbulkan sejumlah gejala lainnya pada mata, seperti gatal, berair, terasa terbakar, hingga sensitif terhadap cahaya. 
  • Mata kering

Rata-rata orang berkedip sebanyak 15-20 kedipan per menit. Saat berkedip, mata melepaskan lapisan air mata untuk melumasinya supaya tetap lembap. Namun, menatap layar HP dalam waktu yang lama membuat mata Anda jarang berkedip sehingga menjadi kering. Kondisi ini bisa menyebabkan mata menjadi merah, bengkak, dan teriritasi. Studi dari BMC Ophthalmology mengungkapkan bahwa sebagian besar anak-anak yang mengalami mata kering mengaku menggunakan HP rata-rata selama 3,2 jam setiap hari. Pastikan Anda tidak menggunakan HP secara berlebihan untuk menghindari mata merah karena HP dan berbagai masalah mata lainnya. Gunakan HP Anda dengan bijak, ya!Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai mata merah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mata keringmata merahmata iritasi
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/dry-eye-screen-use#1
Diakses pada 28 Januari 2021
Independent. https://bmcophthalmol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12886-016-0364-4
Diakses pada 28 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/313606#conjunctivitis
Diakses pada 28 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-irritation#causes
Diakses pada 28 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait