Mata Kaki Hitam Merusak Mood? Ini Cara Mudah Mengatasinya


Kulit di sekitar mata kaki memang lebih tipis sehingga rentan menjadi kering, gelap, dan menjadi tebal. Cara menghilangkan hitam di mata kaki adalah menjaganya agar tidak sampai terlalu kering.

0,0
03 May 2021|Azelia Trifiana
Mata kaki hitam disebabkan karena kulit yang keringMata kaki hitam disebabkan karena kulit yang kering
Noda hitam bukan di wajah namun bisa mengganggu penampilan adalah mata kaki hitam. Banyak orang mengalaminya karena kulit di sekitar mata kaki memang lebih tipis sehingga rentan menjadi kering, gelap, dan menjadi tebal. Cara menghilangkan hitam di mata kaki adalah menjaganya agar tidak sampai terlalu kering.Namun tak perlu khawatir karena mata kaki yang tampak hitam ini bukan hal permanen. Beberapa metode penanganan sendiri di rumah bisa menyamarkannya.

Penyebab mata kaki hitam

Sebelum mengulik lebih jauh tentang cara menghilangkan mata kaki hitam, kenali dulu beberapa penyebabnya:
  • Gesekan terus menerus dengan pakaian atau sepatu
  • Kurang bersih
  • Kulit kering
  • Akumulasi sel kulit mati
  • Paparan sinar ultraviolet berlebihan
  • Terjadinya hiperpigmentasi
  • Peradangan
  • Masalah kulit seperti eksim dan psoriasis
  • Cedera atau luka di pergelangan kaki
  • Gangguan pembuluh yang mengalirkan darah ke kaki yang tidak lancar (venous stasis)

Cara menghilangkan hitam di mata kaki

Apabila mata kaki hitam terjadi karena kebiasaan atau faktor lingkungan, ada banyak cara menghilangkannya. Namun, berbeda dengan kondisi yang dipengaruhi riwayat medis lain terutama yang terjadi sejak lahir.Khusus untuk mata kaki hitam akibat faktor lingkungan, berikut ini beberapa cara untuk menyamarkannya:

1. Gel lidah buaya

lidah buaya
Dikenal dengan segudang khasiatnya, lidah buaya telah lama digunakan untuk mencerahkan wajah. Anda bisa mengaplikasikan langsung ke mata kaki yang gelap. Bukan hanya mencerahkan, gel lidah buaya juga bisa memberikan kelembapan.Caranya pun sederhana. Cukup dengan mengambil ekstrak lidah buaya kemudian pijatkan ke mata kaki setiap hari. Pastikan menunggu selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air.

2. Minyak kelapa & kasturi

Di dalam minyak kelapa, terdapat asam lemak esensial dan juga vitamin E. Keduanya sangat efektif dalam melembapkan hingga menyembuhkan kulit yang rusak.Caranya cukup dengan menggosokkan minyak kelapa secara perlahan ke area kulit sekitar mata kaki. Lalu, diamkan selama 15 menit. Barulah bilas dengan air hangat dan sabun.Khasiat yang sama juga ada pada minyak kasturi yang bisa meratakan pigmentasi kulit. Castor oil ini mampu mengurangi kelebihan produksi melanin di kulit serta memberikan nutrisi. Dengan demikian, kulit akan tampak lebih cerah dan sehat.Anda bisa mengaplikasikan minyak kasturi sebelum tidur lalu memaai kaos kaki. Di pagi hari, bilas dengan air biasa.

3. Ekstrak lemon

ekstrak lemon
Caption
Bukan hanya kaya vitamin C, lemon juga punya khasiat mencerahkan kulit. Artinya, ekstrak lemon berpotensi menyembuhkan area yang tampak gelap termasuk mata kaki. Tak hanya itu, lemon juga mengandung zat antiseptik dan astringent.Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup memeras lemon segar dan mengaplikasikan ekstraknya langsung ke mata kaki. Selain itu, bisa juga dengan menggosokkan irisan lemon selama beberapa menit. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Kentang

Siapa sangka kandungan catecholase di dalam kentang dapat mencerahkan kulit apabila digunakan secara berkala. Caranya adalah dengan memotong kentang kemudian peras untuk mendapatkan ekstraknya. Selain itu, bisa juga dengan memeras kentang yang telah diparut sebelumnya.Kemudian, aplikasikan langsung ke mata kaki dan diamkan selama 15 menit. Setelah terasa kering, bilas dengan air hangat.Memang metode ini belum terbukti secara ilmiah. Namun, Anda bisa menambahkan ekstrak lemon untuk mengoptimalkan khasiatnya.

5. Ekstrak timun

Sebagai salah satu makanan mengandung air, timun juga bisa membantu mencerahkan mata kaki hitam. Bonusnya, ada vitamin A dan vitamin C yang bisa mengusir sel kulit mati dan meremajakan sel kulit yang ada.Cara menggunakannya adalah dengan mengambil ekstrak dari timun yang telah diparut. Kemudian, aplikasikan pada bagian kulit yang menggelap. Anda juga bisa memotong kecil timun dan menggosokkannya langsung ke mata kaki.Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa mencoba metode ini setiap hari.

6. Cocoa butter

Terkenal dengan segudang manfaatnya untuk kulit, cocoa butter bisa menjadi pilihan Anda untuk melembapkan mata kaki yang kering. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikan cocoa butter ke mata kaki dan memijatnya perlahan. Diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya.

7. Oatmeal dan madu

Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, oatmeal dan madu juga bisa menjadi exfoliator alami kulit. Ketika sel kulit mati terangkat, otomatis warna kulit akan menjadi lebih cerah.Untuk melakukannya, campur dulu oatmeal dan 2 sendok teh madu. Kemudian, gosokkan dan pijat perlahan ke area mata kaki selama beberapa menit. Barulah bilas dengan air hangat dan aplikasikan pelembap. Metode ini aman dilakukan setiap hari.

8. Berendam air garam

Bisa jadi, mata kaki hitam muncul karena sehari-hari harus bekerja cukup keras terkena gesekan dan polusi. Untuk mengatasinya, cobalah rendam kaki dengan air hangat yang telah diberi garam. Cara ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati.Untuk memaksimalkan hasilnya, pijat perlahan mata kaki dengan gerakan memutar. Anda boleh saja melakukan cara ini 2 kali dalam seminggu. Tak hanya kulit mata kaki tampak lebih cerah, merendam kaki ini juga membuat lebih rileks.

Catatan dari SehatQ

Eksfoliasi dan menjaga kelembapan adalah kunci dari menjaga kondisi mata kaki. Ketika kedua hal di atas sudah dilakukan, tentu kebersihannya pun lebih terjaga.Namun apabila mata kaki hitam terjadi karena kondisi medis lain, cara-cara di atas belum tentu efektif. Perlu ada penanganan secara medis agar lebih efektif.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kondisi medis apa saja yang berpengaruh terhadap menghitamnya mata kaki, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikan
Beauty Glimpse. https://www.beautyglimpse.com/top-15-home-remedies-get-rid-dark-ankle/
Diakses pada 19 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-knees
Diakses pada 19 April 2021
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/dark-spots-skin-hyperpigmentation#1
Diakses pada 19 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait